Lainnya

Mudik Ke Kampung Halaman? Inilah 5 kegiatan Penting untuk Anda Lakukan Sebagai Pebisnis

silaturahmi-lebaran

Bagi Anda para pebisnis, lebaran tentu bukanlah momen yang kemudian diremehkan begitu saja. Pasalnya, dengan besarnya perayaan oleh masyarakat pada momen ini, maka akan sangat disayangkan bila kemudian tidak dimanfaatkan dengan baik. Salah satu kegiatan pada masa lebaran yang sering juga dilakukan para pebisnis adalah mudik ke kampung halaman. Mudik ke kempung halaman untuk bertemu keluarga dan sanak saudara memang sudah menjadi agenda tersendiri di negeri ini. Bagi pebisnis, kegiatan mudik yang dilakukan tentu harus mendapatkan sesuatu yang berguna. Nah berikut ini adalah beberapa kegiatan penting dan bermanfaat yang seharusnya dilakukan dan tidak boleh dilupakan para pebisnis ketika mudik ke kampung halaman.

  1. Silaturahmi ke Keluarga

Kegiatan bermanfaat pertama yang seharusnya dilakukan para pebisnis saat mudik ke kampung halaman adalah silaturahmi ke keluarga. Silaturahmi memang menjadi agenda utama dan terpenting yang sudah menjadi tujuan seseorang melakukan mudik. Maka dari itu pastikan Anda melakukan hal ini terlebih dahulu dari kegiatan-kegiatan yang lain ketika mudik ke kampung halaman. Datang rumah orang tua dan sanak saudara serta kerabat Anda untuk berkumpul dan bersilaturahmi satu sama lain. Saat lebaran tiba, pastikan Anda untuk meminta maaf kepada orang tua dan juga sanak saudara serta kerabat untuk kembali fitri. Dengan kegiatan silaturahmi ini Anda akan mendapatkan banyak manfaat. Selain sebagai ajang saling bermaafan, silaturahmi ini  akan memperkuat hubungan kekerabatan diantara Anda. Sehingga dari sini maka Anda pun akan mendapatkan dukungan yang optimal selalu dari keluarga dan kerabat.

  1. Bersapa dengan Tetangga

Setelah bersilaturahmi dengan keluarga dan kerabat, jangan lupa juga untuk menyapa tetangga kanan dan kiri. Saat masih kecil dulu mungkin saja tetangga menjadi sosok yang selalu mewarnai hidup Anda . Nah saat mudik ke kampung halaman maka cerita masa kecil Anda bisa menjadi hidup kembali ketika Anda mendatangi dan menyapa tetangga. Tak perlu malu atau gengsi untuk mendatangi tetangga masa kecil Anda di kampung. Sebab ketika Anda mau mendatanginya maka mereka akan senang dan menyambut Anda dengan antusias. Anda bisa mendatangi dan bersapa dengan tetangga ini ketika momen lebaran tiba atau di sela-sela kegiatan bulan ramadhan akhir jelang lebaran.

  1. Hubungi Kawan-kawan Lama

Di kampung halaman tentu Anda punya teman-teman lama saat masih kecil. Nah selagi ada di kampung halaman maka jangan sia-siakan momen ini untuk mengunjungi atau menghubungi kawan-kawan lama Anda tersebut. Saat bertemu tak perlu menyinggung soal status atau pangkat dan jabatan. Pastikan Anda bicara hal-hal yang ringan. Jika perlu Anda bisa saling menggali cerita lama tentang masa kecil Anda dan teman-teman Anda saat berada di kampung halaman. Meski hanya cerita remeh temeh, tapi pembicaraan Anda akang sangat bermanfaat untuk kesehatan jiwa dan mental Anda. Sebab dengan menggali cerita lama dengan penuh antusias maka otak Anda akan bisa bekerja memuculkan kembali memori lama dan menghadirkan keceriaan yang beguna untuk kesehatan mental dan jiwa.

  1. Lakukan Perenungan dan Introspeksi

Saat mudik ke kampung halaman, tentu Anda tak lagi disibukkan dengan agenda bisnis. Nah karena bisa jadi Anda punya waktu banyak untuk melakukan kegiatan lain maka cobalah untuk menjadikan perenuangan dan introspeksi sebagai kegiatan saat mudik. Dengan banyaknya waktu yang ada maka kegiatan perenungan dan introspeksi diri bisa jadi akan menjadi maksimal saat dilakukan. Apalagi bila menilik tempat perenungan dan introspeksi yang berada di kampung halaman maka Anda akan bisa berlangsung lebih optimal lagi. Pasalnya di sini saat merenung dan melakukan introspeksi, ada susana kampung halaman yang membawa Anda pada kisah masa lalu.

  1. Bagi THR bila Punya Dana Lebih

Terakhir, kegiatan penting yang perlu dan seharusnya Anda lakukan sebagai pebisnis saat berada di kampung halaman adalah membagi THR. THR atau Tunjangan Hari Raya memang akan membuat siapa pun senang saat menerimanya. Nah bila Anda memiliki dana lebih maka akan sangat tepat Anda untuk membagi THR pada keluarga dan sanak saudara Anda. Dengan THR yang Anda berikan maka keluarga serta sanak saudara Anda akan merasa senang. Dan dari kegembiraan kelurga serta sanak saudara ini tentu Anda akan mendapatkan dukungan dan bukan tidak mungkin doa untuk kesuksesan bisnis yang Anda jalankan.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top