Bisnis Online

Optimalisasi SEO secara Off Page

SEO (Search Engine Optimize) off page berfokus pada kegiatan membangun backlink, untuk website kita. Backlink adalah sinyal positif bagi mesin pencari. Semakin banyak backlink yang masuk ke website kita artinya website kita direcomendasikan oleh website lain. Backlink adalah semacam kantor cabang website kita di dunia maya, namun kita tidak boleh mengandalkan backlink belaka, backlink yang kita miliki haruslah berkualitas. Bagaima cara mendapatkan backlink yang berkualitas? Inilah jawaban ringkasnya.

Backlink adalah tautan link (link) yang parkir di website orang lain, dan tautan tersebut mengarah ke website kita. Dengan demikian ketika orang membuat link di website mereka, lalu link tersebut mengarah ke website kita, artinya kita mendapatkan backlink. Ada banyak cara kreatif untuk mendapatkan backlink.

Berikut ini adalah cara-cara kreatif untuk mendapatkan back link, yaitu.

  1. Blogwalking, blogwalking adalah kegiatan mengunjungi website orang lain, kemudian kita meninggalkan jejak dengan berkomentar di blog tersebut. Ketika kita berkomentar di sebuah website, kita bisa meninggalkan alamat url kita pada bagian nama pemberi komentar. Cara sederhana ini bisa dilakukan oleh siapa pun, lagi pula blog walking dan meninggalkan pesan positif di website orang lain adalah cara yang santun, dan attitude yang baik dalam rangka menambah teman baru.
  2. Mengirimkan konten ke situs sosial media bookmark. Sosial bookmark adalah sebuag website yang dapat digunakan untuk mem-bookmark konten di internet, jika kita membaca dan suka dengan konten yang kita temui, kita bisa mem-bookmark website tersebut di sosial bookmark., contoh sosial bookmark: lintas.me
  3. Menjadi guess blogger (penulis tamu), guess blog adalah seorang blogger yang menulis artikel di blog orang lain. Misalkan Anda punya blog di matakuceritaku.blogspot.co.id, kemudian Anda menulis artikel di blog qulila.com, maka Anda telah berikhiar sebagai guess blogger. Ini adalah startegi marketing dan SEO yang sangat bagus. Jejak anda tersebar di mana-mana sebagai penulis yang aktif.
  4. Mendapatkan back link dari sosial media, kehadiran media sosial seperti facebook, twiter, linkedin, path, instagram, dll dapat dimanfaatkan sebagai SEO off page. Ini cara keren untuk menanam backlink menuju website kita. Sosial media juga merupakan sarana marketing yang ampuh untuk mempopulerkan website kita.
  5. Buatlah konten yang sangat bermanfaat, agar orang-orang mau merujuk dan merekomendasikan website kita. Konten Anda haruslah bermanfaat, sehingga konten tersebut dengan senang hati di-share oleh pembacanya. Konten itulah yang mengiklankan website Anda dan membuat Anda popular di mesin pencari. Tips untuk membuat konten yang berkualitas adalah dengan melakukan riset terlebih dahulu, dan menggunakan kata kunci bidikan Anda.
  6. Buatlah Konten Viral
    Membuat konten viral termasuk salah satu startegi yang dapat diterapkan guna mendapatkan backlink dari website lain. Ketika konten website Anda menjadi viral (menyebar seperti virus) sudah pasti website Anda akan mendapatkan banyak backlink dari website lain. Saat konten Anda disebarkan oleh orang lain, konten Anda tersebut akan tersebar di berbagai media sosial, dan ketika konten Anda sudah tersebar, otomatis link website Anda akan muncul di berbagai media sosial. Dari sinilah Anda mendapatkan banyak backlink . Tambahan lainnya adalah, orang-orang yang menulis posting dengan bahasan artikel yang Anda tuliskan dan link tersebut mengarah ke website Anda.

Sumber Referensi:

Panduan Lengkap SEO Pemula untuk WordPress, Jefferly Helianthusonfri, Elex Media Komputindo, Jakarta, 2015.

Sumber Gambar:

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/d/db/On-and-Off-Page-SEO.jpg

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: