Tips

Optimalkan Smartphone Android untuk Dukung Kegiatan Bisnis dengan 5 Cara Ini

android-untuk-bisnis

Pertumbuhan teknologi ponsel pintar atau smartphone saat ini memang begitu luar biasa. Munculnya beragam brand atau merek smartphone menjadi bukti betapa perkembangan ponsel pintar ini begitu massif. Tren pertumbuhan smartphone sendiri kemudian diikuti oleh besarnya pasar yang menyerapnya. Dari sini pengguna smartphone pun makin membesar seiring tren tersebut. Bila Anda adalah salah seorang pebisnis, jangan pasif melihat fenomena tersebut. Anda bisa memanfaatkan smartphone Android untuk mendukung kegiatan bisnis Anda. Bagaimana caranya? Dengan melakukan 5 tips berikut, maka smartphone android Anda akan mampu menjadi lebih optimal untuk aktivitas binsis.

  1. Pilih Aplikasi untuk Mendukung Bisnis

Pertama, cara untuk mengoptimalkan smartphone Android adalah dengan memilih aplikasi yang tepat untuk bisnis. Saat ini aplikasi android yang ada di Google Play memang sangat banyak ragamnya. Nah dari sinilah Anda harus selektif memilih aplikasi yang daat mendukung kegiatan bisnis. Beberapa aplikasi yang dapat mendukung kegiatan bisnis adalah seperti WhatsApp, My Budget Book, Presentation Link, Evernote, Trello, Mobile Banking dan lain sebagainya. Dengan men-download dan meng-install aplikasi pendukung bisnis tersebut maka Anda akan lebih maksimal untuk menjalankan bisnis.

  1. Maksimalkan Kemampuan Smartphone Android

Dengan semakin berkembangnya bisnis, maka bisa jadi Anda semakin membutuhkan banyak apalikasi di smartphone. Smartphone yang memiliki kapasitas memory tertentu pasti dengan semakin bertambahnya aplikasi akan membuat kapasitas menurun. Bila kemudian kapsitas memory smartphone sudah menurun maka hal ini tentu akan menghambat kinerja Anda untuk menjalankan bisnis. Maka dari itu untuk membuat smartphone Android bekerja lebih maksimal mendukung bisnis, Anda bisa menghapus beberapa aplikasi yang jarang digunakan. Jika memang Anda rasa semua aplikasi penting dan tidak mungkin dihapus maka mau tak mau Anda harus mengganti smartphone dengan yang baru dan yang memiliki kapasitas yang lebih besar.

  1. Rencanakan Kegiatan yang Akan Dilakukan Di Smartphone

Smartphone Android dengan segala kelebihannya, tentu akan sangat membantu Anda bila bisa menggunakan dengan maksimal. Nah Anda yang ingin meningkatkan penjualan maka cobalah merencanakan kegiatan bisnismu di smartphone. Kegiatan bisnis yang penting seperti meeting memang perlu dicatat dengan rapi. Dengan smartphone maka pencatatan agenda bisnis seperti meeting bisa dilakukan secara optimal. Bahkan dengan smartphone, Anda juga bisa mencatat agenda bisnis dengan reminder atau alarm. Selain pencatatan agenda bisnis, file rencana presentasi kepada klien juga bisa Anda simpan dengan baik di smartphone Android.

  1. Selalu Upgrade OS Resmi Sesuai Rekomendasi dan Aplikasinya

Sebagai sebauah sistem operasi yang laris, Android memang selalu menjadi incaran para hacker untuk bisa meretas keamanannya. Dari sinilah kemudian pihak Google sebagai pemilik Operating System (OS) Android terus menciptakan sistem pembaruan setiap waktunya untuk menghindari celah keamanan yang bisa diretas oleh hacker. Nah untuk Anda yang selalu menggunakan smartphone Android untuk kepentingan bisnis maka Anda perlu rajin mengupdate OS secara berkala sesuai rekomendasi. Dengan selalu mengupgrade OS setiap waktu maka smartphone Android Anda akan aman dari serangan hacker. Ketika smartphone Android Anda aman, maka kegiatan bisnis pun akan bisa berjalan lancar dan optimal. Agar lebih maksimal, jangan lupa juga untuk selalu mengupdate pembaruan yang datang dari aplikasi bisnis Anda.

  1. Rajin Menghapus Membersihkan Isi Smartphone

Terakhir, cara untuk optimalkan smartphone Android guna mendukung kegiatan bisnis yakni dengan rajin melakukan pembersihan isi smartphone. Seiring dengan lamanya penggunaan, smartphone memang bisa menjadi lelet atau lambat. Lelet atau lambatnya smartphone Android ini sendiri dikarenakan adanya file sampah (cache). Nah keberadaan file sampah ini tentu akan menghambat kegiatan bisnis Anda bila dibiarkan begitu saja. maka dari itu perlu dilakukan pembersihan agar kinerja smartphone kembali prima serta dapat mendukung kegiatan bisnis yang optimal. Untuk melakukan pembersihan file sampah ini Anda bisa melakukannya secara manual dengan membuka folder penyimpanan dan kemudian menghapus folder dan file cache. Cara lain untuk menghapus file sampah adalah dengan menggunakan aplikasi pembersih file sampah yang terlebih dahulu Anda download dan install dari Google Play. Beberapa aplikasi Android pembersih file sampah antara lain Clean Master, Turbo Cleaner, CClenaer, Cache Cleaner, Super Cleaner dan lain sebagainya.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top