Keuangan

Pacaran Jangan Lama-Lama, Yuk Segera Halalkan Pasangan dengan 4 Strategi Keuangan Ini!

Pacaran sudah lama dan niat ingin menikah pun sudah ada, tapi sayang tidak kunjung terealisasi karena tersandung masalah keuangan. Jangan khawatir, setiap orang yang sudah dewasa pasti akan menikah jika diiringi dengan usaha. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencapainya, mulai dari mengumpulkan dana dengan cara menabung, investasi dan lain-lain. Nah bagi Anda kaum laki-laki dewasa yang ingin segera menghalalkan pasangannya, cobalah strategi mengelola keuangan agar dana terkumpul dalam jangka waktu satu tahun. Sebenarnya ada banyak cara lain yang bisa dilakukan untuk mengumpulkan dana pernikahan, salah satunya adalah 4 strategi jitu berikut ini.

  1. Berkencan Sederhana Namun Tetap Istimewa

Kencan merupakan hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh setiap pasangan, mulai dari makan di restoran romantis, nonton di bioskop, hingga pergi ke mall untuk bersenang-senang. Hal tersebut hampir dilakukan setiap akhir pekan, maka tidak heran keuangan menjadi tipis. Nah bagi Anda yang sudah berencana menikahi pasangan dalam waktu dekat, sebaiknya kurangi kebiasaan berkencan tersebut. Memang sah-sah saja, tapi akan lebih baik ubah kencan tersebut menjadi kencan sederhana namun tetap istimewa dan romantis. Jika setiap minggu berkencan, mana bisa Anda mengumpulkan dana lebih untuk biaya pernikahan nanti? Karena jika dihitung berapa pengeluaran untuk kencan setiap minggu, tentu akan terhitung biaya yang lumayan besar. Sebut saja biaya menonton di bioskop yang bisa menghabiskan Rp.100 ribu untuk 2 orang, makan dan minum di restoran Rp.100 ribu, belum lagi jalan-jalan di mall, bensin hingga parkir yang bisa memakan harga cukup tinggi. Bayangkan jika Anda sering berkencan setiap minggu, jika dikalikan setahun Anda pasti sudah bisa mengumpulkan uang sebesar Rp. 13 jutaan lho. Maka dari itu, ubahlah kebiasaan kencan mahal tersebut mulai detik ini. Anda bisa menghabiskan waktu bersama pasangan di rumah, isilah kencan sederhana tersebut dengan memasak bersama sambil menonton film romantis di tv rumah Anda. Gimana, gak kalah romantis bukan?

  1. Menyisihkan Gaji Bulanan untuk Biaya Pernikahan

Setelah satu pengeluaran Anda dibatasi, selanjutnya Anda juga perlu membatasi lebih banyak lagi pengeluaran yang tidak begitu penting. Kemudian, uangnya Anda sisihkan untuk dialokasikan ke tabungan biaya pernikahan serta dengan menyusun budgetnya. Misalnya alokasi biaya untuk sewa gedung, dekorasi, catering dan lain-lain. Hal ini sangat penting dilakukan agar Anda dapat mengetahui berapa rincian pemasukan dan pengeluaran. Agar lebih mudah, sisihkan 30% dari gaji bulanan Anda. Misalnya gaji Anda perbulan sebanyak Rp. 3 juta, jika disisihkan 30% maka Anda bisa menabung sebesar Rp. 900 ribu. Apabila Anda menabung selama satu tahun, maka Anda bisa mengumpulkan dana sebesar Rp. 10.800 ribu. Bila pasangan Anda juga turut membantu atau sama-sama menyisihkan gaji bulanan untuk biaya pernikahan dengan jumlah gaji yang sama, maka dalam setahun Anda dan pasangan bisa mengumpulkan biaya pernikahan sebanyak Rp. 21.600 ribu. Lumayan kan?

  1. Menambah Penghasilan

Berhubung rencana pesta pernikahan 12 bulan lagi, maka Anda dan pasangan masih memiliki kesempatan yang panjang untuk menambah pemasukan. Menambah penghasilan bisa dilakukan dengan mudah kok, Anda bisa menggeluti beberapa pekerjaan sampingan tanpa mengganggu pekerjaan utama. Seperti menjalankan bisnis online, Anda dapat menjual barang produksi sendiri atau menjualkan barang milik orang lain. Jika dana ingin cepat terkumpul, sebaiknya beri target minimal Rp. 500 ribu per bulan agar dalam setahun Anda dan pasangan bisa mengumpulkan uang sebesar Rp. 12 juta.

  1. Membuat Komitmen yang Kuat dalam Memangkas Biaya Operasional

Menabung menjadi hal yang sangat sulit dilakukan, jika tidak dilandasi komitmen yang kuat maka bisa saja rencana keuangan yang selama ini Anda lakukan akan berjalan sia-sia. Oleh karena itu, penting bagi kalian membuat komitmen terutama dalam memangkas biaya operasional agar keuangan tetap terealisasi. Anda mungkin sudah berhasil menambah penghasilan, maka jangan lupa untuk mengisi tabungannya. Tidak perlu besar, terpenting Anda komitmen dan rutin melakukannya. Misalnya Anda dan pasangan menabung Rp. 50 ribu per-minggu dalam celengan bersama, maka jangka waktu setahun kalian tentu bisa mengumpulkan dana sebesar Rp. 5,2 juta. Ingat, lakukan ini sesuai komitmen sehingga pada waktunya tiba kalian benar-benar mampu mengumpulkan dana yang lumayan untuk tambahan dana pernikahan.

Nah, demikian ulasan tentang 4 strategi jitu mengelola keuangan agar Anda bisa segera menikahi pasangan dalam waktu dekat. Jika Anda sudah yakin untuk menikahi pasangan, maka Anda dan pasangan harus benar-benar berkomitmen untuk mengencangkan ikat pinggang mulai dari sekarang. Selamat mencoba, semoga keinginan Anda untuk segera menikahi pasangan dapat terwujud!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top