Bisnis Online

Pasarkan Produk Anda Ke Luar Negeri Secara Online dengan 4 Cara Ini

Memiliki produk yang layak jual ke luar negeri memang dibutuhkan kualitas yang baik. Hal ini dilakukan agar para konsumen semakin tertarik dengan produk yang Anda jual. Selain itu, agar bisa menembus pasar ekspor maka dibutuhkan tahapan-tahapan yang serius dan proses yang cukup lama. Salah satu cara yang bisa membantu untuk memasarkan produk ke luar negeri dengan cepat adalah menjualnya secara online atau internet. Dengan melalui internet, maka Anda akan mudah terhubung dengan siapapun di belahan dunia. Namun, bagaimana caranya untuk bisa mengekspor produk ke luar negeri secara online? Simaklah tipsnya berikut ini.

1. Mempunyai Website Situs dan Menggunakan Bahasa yang Sesuai dengan Target Pasar

Pertama, Anda harus mempunyai website bisnis. Melalui website bisnis, maka calon pembeli di luar negeri akan mudah memperoleh infomasi tentang produk yang Anda jual di website. Mereka akan mengetahui tentang Anda, produk-produk apa saja yang dipasarkan, harga dan kualitas produk yang Anda jual. Website situs akan menjadi media komunikasi yang interaktif dengan para calon konsumen. Oleh karena itu, website harus menyediakan sarana layanan komunikasi seperti e-mail dan chat lainnya. Website situs yang digunakan juga harus disesuaikan dengan negara target pasar, misalnya Eropa. Biasanya, Eropa tidak menyukai design website yang terlalu rumit. Maka dari itu, buatlah design website yang simple dan classic. Sebaliknya, jika target pasar Anda adalah Amerika maka Anda boleh membuat design website yang lebih modern dan kreatif sehingga mereka akan tertarik untuk membuka website bisnis Anda.

Selain design website, bahasa yang digunakan juga harus disesuaikan dengan negara target pasar. Dalam penggunaan bahasa, memang akan lebih baik jika menggunakan 2 bahasa. Pertama, menggunakan bahasa Inggris dan kedua bahasa negara target pasar. Alasan menggunakan bahasa Inggris, karena bahasa ini merupakan bahasa Internasional. Sementara itu bahasa negara target pasar bertujuan untuk mempermudah mereka yang tidak memahami bahasa Inggris.

2. Manfaatkan Search Engine Friendly

Saat ini internet memang mempunyai peran yang sangat penting, terutama sebagai sarana yang mempermudah dalam mencari sesuatu yang diinginkan. Misalnya mencari produk atau barang, seseorang yang membutuhkan suatu barang sering kali mencarinya dengan menggunakan internet agar lebih cepat dan praktis. Untuk mencari barang atau produk yang diinginkannya, mereka biasanya, akan lebih senang mencarinya melalui search engine seperti Yahoo, Google, MSN live dan lain sebagainya.

Berdasarkan penelitian, telah membuktikan bahwa sekitar 60% pemakai internet cenderung mencari info produk melalui mesin pencarian ini. Dari hasil penelitian tersebut, tentu menjadi keharusan bagi Anda untuk membuat website bisnis yang search engine friendly. Jika website bisnis yang Anda punya telah memenuhi nilai standard yang diharapkan, maka website bisnis Anda akan lebih mudah dan cepat diindeks oleh beragam search engine utama. Dengan menggunakan search engine friendly ini pun website bisnis Anda akan lebih mudah di cari oleh para pengguna internet, terutama pengguna internet luar negeri.

3. Menguasai Kata Kunci (Keyword) yang Tepat

Jika Anda menjual sebuah produk, Anda harus melakukan audit. Dengan melakukan audit, maka Anda akan tahu ada pemakai internet mengetik kata kunci (keyword) yang terkait dengan produk Anda tersebut. Jika ada banyak para pemakai internet mengetik keyword yang sesuai dengan produk Anda, maka ini bisa membuat website Anda berada di halaman hasil pencarian yang strategis. Oleh karena itu, agar website Anda bisa berada di halaman hasil pencarian yang bagus, maka riset dan kuasai kata kunci (keyword) apa yang tepat dan akan banyak diketik oleh calon konsumen Anda terkait dengan produk yang Anda tawarkan kepada mereka. Misalnya produk yang Anda jual adalah handphone, dari sini Anda bisa memilih kata kunci handphone, cell phone atau mobile phone.

4. Promosikan Secara Online dengan Baik

Meskipun ada calon konsumen berminat untuk masuk ke website bisnis Anda dengan sendirinya, baik melalui search engine friendly ataupun melalui kata kunci (keyword). Namun, tetap saja situs penjualan Anda harus di promosikan agar bisa mendapatkan konsumen yang lebih banyak lagi. Ada 3 tips promosi yang bisa Anda coba. Pertama, bergabung dengan e-marketplace dunia seperti Alibaba.com, eBay.com, Globalsources.com, OLX dan e-market place sesuai dengan produk yang Anda jual. Kedua, bergabung dengan social networking dunia. Hal ini kami sarankan, karena di sini banyak para eksekutif dan pelaku bisnis dunia yang bergabung dengan social networking dunia seperti Linkedin.com. Ketiga, mempromosikan dengan Google Adwords yang sangat membantu Anda ketika tidak menguasai keyword-keyword yang spesifik.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: