Lainnya

Pastikan Aplikasi Ini Terinstal Di Smartphonemu Saat Mudik Lebaran

Mudik merupakan tradisi turun temurun yang dilakukan masyarakat Indonesia setiap tahunnya menjelang lebaran.  Tahun lalu saja jumlah pemudik naik 8.5 % dari tahun 2016 yakni sekitar 30 juta pemudik yang sebelumnya hanya berkisar 18 juta pemudik pada tahun 2016. Ini artinya walau perjalanan jauh, macet panjang dan tingginya kecelakaan tidak memupuskan harapan untuk kembali ke tanah air. Demi meningkatkan kenyamananmu saat mudik pastikan aplikasi berikut ini sudah anda install agar aman dan cepat sampai ke tujuan mudik anda.

Google Maps

Aplikasi stau ini nampaknya banyak yang sudah akrab dan bisa digunakan oleh pengguna Android dan iOS. Kelebihannya ialah mampu memberikan rute alternative yang lebih cepat ke tujuan. Tidak hanya itu google map juga memberikan informasi waktu yang dibutuhkan untuk perjalanan anda. Google maps juga bisa anda gunakan secara offline dengan mendownload rute yang anda cari. Google maps juga menyediakan informasi titik macet yang bisa anda hindari saat mudik. Anda juga bisa menggunakannya dengan versi 3D.

JMCare

Anda sudah tahu belum bahwa Jasa Marga memiliki aplikasi keren bernama JMCare yang sebenarnya telah dirilis sejak 2016 silam. Kelebihan aplikasi ini ialah terhubung dengan CCTV Jasa Marga. Hal ini membuat anda mudah memantau arus lalu lintas jalan tol secara real time. Selain itu anda juga bisa melakukan permintaan mobil Derek,meminta bantuan dengan menekan tombol bantuan dan mencari lokasi rest area.

Info BMKG

Tak hanya pantauan arus lintas saja yang perlu anda waspadai ketika mudik namun juga cuaca. Untuk itu penting bagi anda menginstal aplikasi info BMKG yang memberikan informasi cuaca secara akurat dan real time.  Selain itu terdapat fitur peringatan dini cuaca yang dapat diakses di seluruh propinsi Indonesia bahkan kini skalanya tingkat kecamatan. Apalagi tidak hanya informasi seputar cuaca saja namun juga gempa bumi bisa diakses melalui aplikasi ini.

Mudik BPJS Kesehatan

Tidak ada yang tahu apa yang terjadi di perjalanan mudik anda namun yang pasti lebih baik penuh persiapan  untuk menghadapi resiko yang mungkin terjadi. Salah stau persiapan yang bisa anda lakukan ialah menginstal aplikasi mudik BPJS Kesehatan. Aplikais ini telah dirilis sejak 15 Juni 2017 dan memiliki fungsi untuk menunjukkan informasi fasilitas kesehatan terdekat anda. Anda bisa menemukan klinik hingga rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan melalui aplikais ini. aplikasi ini juga terdukung google map dan tak perlu melewati proses registrasi.

Obeng

Motor atau mobil ngadat di perjalanan ketika mudik? Tenang andalkan aplikasi obeng untuk mencari bengkel terdekat. Sekiranya ada lebih dari 3.000 bengkel yang terdaftar dalam aplikasi obeng di seluruh wilayah Indonesia.

Spotify

Terakhir, agar tidak bosan selama perjalanan maka jangan lupa unduh aplikasi spotify pada smartphonemu. Spotify merupakan aplikasi streaming music dari beragam genre dan negara. Anda bahkan bisa mendengarkan music secara offline melalui spotify. Tersedia juga fitur mood yakni list lagu yang disesuaikan dengan mood anda. Spotyfy juga ringan sehingga tidak memberatkan RAM smartphone anda dan unggul dalam sinkronasi perangkat.

Game Offline dan Film

Perjalanan mudik antar propinsi tentu memakan waktu yang cukup lama apalagi jika anda kehabisan tiket pesawat. Pastikan di dalam smartphone anda juga tersedia game offline maupun film yang bisa mengisi waktu saat di perjalanan. Ketika sahur pastikan untuk memakan makanan yang bergizi dan konsumsi air minum agar terhindar dari dehidrasi.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top