Lainnya

Pebisnis Sejati Juga Perlu Kelola Tingkat Stress, Begini Caranya

kelola-stress-entrepreneur

Kehidupan seorang pebisnis memang menarik untuk ditelusuri. Seperti hidup, menjalani profesi sebagai pengusaha akan ada beragam rasa yang bisa didapati. Dari rasa gembira, sedih, tertawa dan menangis merupakan beberapa hal yang mewarnai kehidupan para pengusaha. Saat bekerja sendiri, pebisnis yang juga seorang manusia juga tak luput dari stress. Ketika pebisnis menghadapi banyak problem dan tekanan dalam usahanya, maka stress memang bisa saja menghampiri mereka. Namun Anda yang ingin menjadi pebisnis sejati tentu Anda harus bisa menghadapi stress ini dengan baik. Anda harus mampu mengelola stress dengan manajemen yang baik. Nah berikut ini cara yang bisa dilakukan para pengusaha untuk menghadapi dan mengelola stress-nya.

  1. Milikilah Alternatif Tempat Untuk Menyalurkan Energi

Cara pertama yang bisa Anda lakukan sebagai pebisnis untuk bisa mengelola stress-nya adalah dengan memiliki alternatif tempat untuk menyalurkan energi. Energi yang tidak disalurkan dengan baik memang akan bisa mengakibatkan munculnya stress. Nah ketika tanda stress ini sudah akan muncul maka Anda bisa langsung menuju tempat untuk menyalurkan energi tersebut. Untungnya Anda sebagai pengusaha pastinya bisa leluasa pergi ke tempat yang Anda sukai untuk melepas energi stress. Ambilah waktu sekitar 30 menit untuk relaksasi ditempat alternatif yang Anda sukai tersebut untuk mengurangi tekanan dan beban pikiran kerja yang bisa menyebabkan stress.

  1. Gunakan Minimal 5 Menit di Pagi Hari

Pagi hari memang merupakan waktu yang penting bagi pebisnis untuk dimanfaatkan. Ini karena pada pagi hari pebisnis bisa melakukan hal-hal yang mampu membuat stress jadi lebih terkendali. Caranya, Anda bisa mengambil waktu minimal 5 menit untuk melakukan meditasi di pagi hari. Meditasi di pagi hari memang dipercaya akan mampu membuat aliran darah jadi lebih lancar dan pikiran jadi lebih rileks. Selain meditasi, Anda juga bisa menggunakan minimal waktu 5 menit untuk berolahraga atau juga sekedar menikmati suasana pagi hari dengan senyuman. Dengan beberapa hal yang Anda lakukan tadi maka Anda akan lebih tenang dan membuat stress jadi lebih terkendali.

  1. Tetapkan Waktu Istirahat

Stress tak jarang juga muncul dari kurangnya pebisnis beristirahat. Istirahat memang penting bagi siapapun, termasuk para pebisnis. Maka dari itu istirahatlah yang cukup, tidak kurang dan tidak juga berlebihan. Selain istirahat pada malam hari, pebisnis juga bisa menjalankan istirahat pada siang hari di sela-sela bekerja. Dengan istirahat yang cukup pada malam hari dan pada siang hari di sela-sela bekerja maka aliran darah akan bisa lancar dan stabil. Selain itu dengan istirahat yang cukup maka stress Anda akan bisa dikelola dengan baik.

  1. Jalankan Hobi Anda

Hobi atau kegemaran adalah sesuatu yang menyenangkan untuk dilakukan. Nah dari sini Anda sebagai pebisnis seharusnya memiliki hobi. Sebab dengan memiliki hobi atau kegemaran maka pebisnis punya kesempatan untuk melakukan aktivitas lain yang menyenangkan selain bekerja. Bekerja setiap hari memang bisa membuat pebisnis bosan, jenuh dan juga stress. Nah dengan menjalankan hobi atau kegemaran di akhir pekan maka Anda akan mampu meredakan tekanan kerja selama satu minggu. Ketika tekanan kerja selama satu minggu Anda menurun setelah menjalankan hobi, maka tingkat stress Anda akan bisa terkelola dengan baik.

  1. Berliburlah

Terakhir, cara yang bisa Anda lakukan sebagai pebisnis untuk bisa mengelola stress dengan baik adalah dengan berlibur. Berliburlah tempat-tempat yang Anda sukai baik itu di dalam kota atau di luar kota. Dengan melakukan liburan maka tingkat stress Anda pastinya akan menurun. Ini karena ketika menjalani liburan maka Anda akan merasa senang dan happy. Nah dari perasaan senang dan happy inilah Anda bisa membuat stress jadi bisa tereliminasi. Agar Anda bisa merasakan liburan yang optimal serta mampu membuat penat dan jenuh hilang, maka pilihlah lokasi berlibur yang tidak terlalu ramai pengunjung.

Demikianlah beberapa cara yang bisa dilakukan oleh para pebisnis untuk bisa mengelola tingkat stess-nya. Dengan stres yang terkelola dengan baik ini maka akan banyak manfaat yang bisa didapatkan. Selain dapat membuat produktivitas lebih tinggi, pekerjaan yang berkualitas, pebisnis juga bisa mendapatkan ide-ide untuk pengembangan usaha yang lebih mumpuni.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top