Peluang Usaha

Pekerjaan Sampingan Yang Cocok Bagi Mahasiswa

Pekerjaan Sampingan Yang Cocok Bagi Mahasiswa – Menjadi seorang mahasiswa adalah kesempatan menyenagkan yang tidak bisa dirasakan oleh semua orang. Anda bisa mendapatkan gelar dan ilmu yang lebih banyak lagi. Menjadi mahasiswa juga akan memungkinkan anda untuk mengenal, bertemu, berkumpul, dengan banyak orang dari berbagai latar belakang. Apalagi bagi yang kuliah diluar kota, hidup mandiri dan jauh dari orang tua adalah poin plus yang bisa anda pelajari

Untuk mendapatkan semua itu, orang tua anda pasti sudah tau betul, jika biaya kuliah semakin tahun semakin mahal. Apalagi bagi yang kuliah diluar kota, biaya hidup, sewa kos, uang jajan, praktikum dan lain sebagainya akan semakin menambah pengeluaran. Orang tua anda pasti akan memberikan uang saku setiap bulannya, namun tak sedikit dari mahasiswa yang selalu mengalami masa kere pada akhir bulan. Mengapa demikian? karena mereka tidak bisa mengatur keuangan.

Orang tua tentunya sudah menghitung berapa biaya yang anda perlukan setiap bulan, namun karena keinginan mahasiswa untuk main kesana-kemari, berbelanja ini dan itu membuat uang bulanan yang seharusnya cukup, menjadi tidak cukup. Untuk menghindari hal ini, sebenarnya seorang mahasiswa bisa mengatur keuangan dan sedikit waktunya untuk berbisnis atau bekerja. Pilihlah pekerjaan sampingan yang sesuai dengan keinginan anda dan tidak menggangu jam kuliah, praktikum, serta pengumpulan tugas. Selain untuk menambah uang saku, pekerjaan yang anda tekuni bisa memberikan manfaat dan bisa di teruskan dalam jangka panjang. Berikut beberapa pekerjaan sampingan yang cocok bagi mahasiswa.

JETZT beraten lassen !

  • Les Privat

Menjad seorang guru les privat dirasa tidak begitu sulit bagi seorang mahasiswa. Apalagi bagi mereka yang mengambil jurusan pendidikan. Anda hanya perlu menyisihkan satu jam pada setiap hari untuk satu kali pertemuan. Waktu dan jenis mata pelajaran juga bisa dipilih sendiri sesuai keinginan dan kemampuan. Pilihlah hari-hari dimana anda tidak memiliki jam kuliah yang padat, sehingga akan menguras tenaga, dan membuat anda tidak focus untuk mengajar. Pendapatan dari satu kali mengajar juga lumayan, namun setiap tingkatan memiliki gaji yang berbeda. Misalkan untuk satu kali mengajar anak SD, anda akan dibayar Rp 20.000 per jam, Rp 25.000 untuk SMP, dan Rp 35.000 untuk SMA. bayangkan jika anda bisa mengajar empat kali dalam seminggu. Selama satu bulan anda sudah mendapat tambahan sebesar Rp 350.000, bahkan lebih.

  • Assisten Laboratorium

Menjadi assisten laboratorium juga banyak diminati oleh mahasiswa. Anda bisa melamar menjadi assisten di laboratorium yang sesuai dengan jurusan. Misal anda jurusan biologi, dapat melamar assisten di lab Kimia, peternakan, pertanian, atau lainnya yang sesuai. jika anda mahir dalam ilmu komputer bisa juga mendaftar di laboratorium informatika. Meskipun hanya menjadi assisten, jangan sepelekan profesi ini, karena jika sudah lulus bukan tidak mungkin jika anda diminta untuk menjadi pemateri. Gaji yang diberikan pun juga lumayan untuk menambah uang jajan sehari-hari.

  • Asisten Dosen

Menjadi assisten dosen, itu berarti pekerjaan anda adalah menggantikan beliau ketika tidak bisa masuk kuliah, atau membantu segala urusannya. Terkadang pekerjaan ini hanya bisa dilakukan oleh mereka yang memang dekat dengan dosen. Anda mungkin tidak akan mendapat penghasilan secara pasti, namun dibalik itu semua anda memiliki kesempatan untuk mengenal banyak dosen dari kampus lain dan dimudahkan dalam mengerjakan tugas akhir. Jika telah lulus, anda juga akan mudah mendapatkan pekerjaan atas rekomendasi beliau.

  • Part Time

Part time terkadang digemari bagi mahasiswa yang berada pada semester akhir, karena mereka sudah tidak memiliki jam kuliah yang padat. Hanya beberapa tugas akhir, dan beberapa mata kuliah untuk memperbaiki nilai. Meskipun gaji yang didapat tidak terlalu banyak, namun pekerjaan ini memberikan tunjangan yang lumayan pada hari-hari tertentu. Mereka yang menjadi part time juga dapat mengurangi uang makan, karena mendapat jatah maka setiap harinya dari kantor.

  • Online Shop

Online shop sebenarnya bisa dilakukan oleh siapa saja, tidak terkecuali mahasiswa. bisnis ini sangat mudah karena bisa di pantau dari mana saja dan kapan saja. Jika anda belum memiliki modal besar, bisa juga untuk menjadi reseller. Untuk menjawab pertanyaan dan pemesanan dari pembeli, anda bisa menentukan jam-jam tertentu supaya tidak mengganggu jam kuliah.

  • Jualan Kue

Jualan kue bisa jadi pilihan yang tepat. Anda tidak perlu membuat sendiri kue tersebut, karena ini sangat merepotkan. Cukup mengambil dari toko kue tertentu dan menjualkannya dikampus. Jika dari toko dijual Rp 1500, anda bisa menjualnya Rp 2000. Pendapatan anda setiap hari sangat cukup untuk menggantikan uang makan. Untuk bisa berjualan kue, tentunya anda harus memiliki mental dan keberanian yang besar.

  • Jualan Pulsa

Pulsa adalah kebutuhan pokok bagi siapa saja, dan dimana saja. Menjual pulsa untuk teman-teman kuliah pasti memberikan untung yang besar. Selain teman sekelas, anda juga bisa menjualnya kepada teman-teman di organisasi. Jika mereka tahu anda berjualan pulsa, mereka hanya perlu mengirim pesan untuk membeli pulsa kepada anda, tidak perlu pergi ke toko celluler. Pembayarannya bisa diberikan jika besok ketika bertemu atau bisa di transfer.

  • Penerjemah

Bagi yang mengambil jurusan bahasa asing seperti inggris, jepang, dan sebagainya pekerjaan ini pasti dirasa mudah. Anda bisa mengerjakannya di waktu-waktu senggang hanya dengan mengandalkan kemampuan. Penghasilan yang didapat dari menjadi penerjemah cukup lumayan, tergantung dari berapa lembar dokumen yang telah anda terjemahkan. Satu lembar hasil penerjemahan biasanya dihargai antara Rp 5000 hingga lebih tergantung lama pengerjaan.

Beberapa pekerjaan diatas tentunya harus anda kerjakan secara konsisten dan tidak menggangu kewajiban anda sebagai mahasiswa. jika anda bisa membagi waktu antara kuliah, kerja, dan bermain berarti anda adalah orang yang hebat.

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: