Peluang Usaha

Peluang Bisnis Baru, Freelancer Pods, Apa Itu?

Zaman yang semakin modern dan canggih membuat beberapa hal baru muncul termasuk jenis pekerjaan. Salah satu jenis pekerjaan baru yang muncul di masa modern saat ini adalah freelancer. Dengan hadirnya teknologi internet memang membuat pekerjaan kantor bisa dikerjakan dari jarak jauh. Nah karena semakin banyak pekerjaan kantor yang bisa dikerjakan di rumah maka kemudian banyak freelancer yang bermunculan dan lantas memunculkan juga peluang bisnis baru.

Bisnis Penyediaan Tempat Kerja Freelancer

Salah satu peluang bisnis baru yang muncul dari banyaknya freelancer yang ada dan bisa kita temui saat ini adalah co-working space. Di co-working space ini para freelancer bisa bekerja layaknya di sebuah kantor tapi dengan suasana yang lebih santai. Karena merupakan tempat bekerja, maka di co-working space ini para freelancer juga bisa bertemu dengan freelancer lain. Keberadaan co-working space sendiri saat ini sudah banyak bermunculan di kota-kota besar di Indonesia. Bahkan di kota besar seperti Jakarta tingkat persaingan bisnis co-working space ini lumayang ketat. Belum selesai era co-working space sebagai bisnis tempat penyedia tempat kerja freelancer, saat ini muncul lagi bisnis serupa yakni freelancer pods. Apa itu bisnis freelancer pods? Inilah ulasannya.

Konsep Freelancer Pods

Jika kamu tidak asing dengan keberadaan warnet (warung internet) maka konsep freelancer pods ini tidak jauh beda dengan tempat yang ngehits di tahun 2000-an tersebut. Jadi freelancer pods ini adalah sebuah tempat bekerja freelancer yang lebih bersifat privat (pribadi) dengan adanya bilik-bilik seperti di warnet. Wujud bilik-bilik pada freelancer pods sendiri beraneka macam dan dengan beragam bentuk dan warna. Tidak ketinggalan pula adanya tempat duduk yang nyaman sehingga membuat bekerja di freelancer pods ini lebih optimal. Saat freelancer ingin keluar ke toilet atau ingin makan atau juga ingin menjalankan sholat, maka mereka bisa menutup bilik bekerja mereka agar laptop dan barang-barang lain yang dibawa tetap aman saat ditinggal.

Perbedaan Freelancer Pods dengan Co-working Space

Dari penjelasan tadi tentu ada beberapa perbedaan yang bisa terlihat antara co-working space dan freelancer pods. Perbedaan utamanya adalah bahwa freelancer pods ini lebih bersifat pribadi (privat) sedangkan co-working space adalah bersifat umum karena merupakan area bersama. Perbedaan lain adalah jika co-working space pasti berada dalam ruangan maka freelacer pods ada yang bisa kita jumpai berada di luar ruangan berkonsep outdoor. Karena areanya yang lebih bersifat privat dan punya variasi dalam konsep luar ruangan maka freelancer pods sedikit lebih unggul dibanding co-working space.

Tempat Freelancer Pods

Untuk Anda yang ingin mencoba berbinsis freelancer pods maka ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan termasuk juga layanannya. Hal pertama yang perlu disiapkan pastinya adalah tempat. Tidak seperti co-working space yang mengharuskan Anda memiliki ruang khusus di dalam gedung seperti layaknya perkantoran maka pada freelancer pods ini Anda bisa menghadirkannya di rumah atau halaman rumah. Freelancer pods memang lebih fleksibel dalam hal tempatnya karena yang utama dalam freelancer pods bukanlah suasana tempat kerjanya tapi kenyamanan. Maka dari itu Anda yang punya rumah atau area outdoor yang tak terpakai bisa menggunakannya untuk membuka freelancer pods.

Layanan Freelancer Pods

Setelah tempat, hal berikutnya yang perlu Anda siapkan tentu saja adalah bilik atau kamar tempat freelancer pods. Buatlah kamar atau bilik yang unik dengan bentuk yang menarik. Berikutnya jangan lupa untuk menghadirkan beberapa fasilitas dan layanan yang bisa membuat penyewa nyaman. Semakin banyak fasilitas dan layanan yang bisa membuat nyaman penyewa maka akan semakin baik untuk bisnis freelancer pods Anda berkembang.

Penentuan Tarif dan Pembayaran

Selanjutnya hal yang perlu Anda pikirkan saat berbisnis freelancer pods adalah tarif. Karena bisnis ini terbilang baru maka memang masih belum ada standar tarif yang bisa dijumpai. Dalam menentukan tarif sewa freelancer pods ini Anda bisa berpatokan pada fasilitas dan layanan yang disediakan. Sementara itu untuk skema pembayarannya Anda bisa memilih opsi antara sewa per-jam, per-hari, per-minggu atau bahkan per-bulan. Anda juga bisa membuat sistem member bagi orang-orang yang ingin berlangganan dengan keuntungan diskon tertentu.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: