Peluang Usaha

Peluang Usaha Hits Yang Bisa Dibikin Di Kampung

Berbicara mengenai bisnis memang tidak akan pernah ada habisnya. Setiap orang bebas untuk mencoba, dan memulai bisnis bagaimanapun caranya. Baik dengan modal sedikit maupun banyak, baik dilakukan secara mandiri atau bekerjasama, semuanya sah-sah saja dilakukan. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah, pahami keuangan dan lihat kondisi masyarakat. Pahami tren apa yang menjadi kebutuhan masyarakat. Jika anda mampu menganalisa dan memilih bisnis yang tepat, maka bisa jadi keberuntungan akan berpihak pada anda.

Membangun sebuah bisnis sebenarnya bisa dilakukan dimana saja, baik di kota maupun di desa. Hanya saja tak bisa di pungkiri, untuk bisnis makanan banyak orang yang lebih memilih berdagang di kota yang dekat dengan keramaian, dengan alasan pendapatan yang didapat akan jauh lebih banyak dibanding di desa. Tapi tahukah anda jika akhir-akhir ini tak sedikit pula para pebisnis di kampung yang sukses membangun sebuah bisnis atau usaha ? Bahkan saking suksesnya, bisnis tersebut menjadi hits dimana-mana.

Berikut beberapa peluang usaha atau bisnis hits yang bisa dilakukan di kampung dan bisa anda tiru.

Membuat spot foto hits

Saat ini dimanapun ada spot foto hits yang bagus disitu pasti akan banyak diburu para instragrammer, tak perduli bagaimana sulitnya medan yang ditempuh untuk kesana. Kesempatan ini kemudian banyak dimanfaatkan oleh banyak orang untuk mambangun spot-spot foto menarik. Jika anda pergi ke kota maka biasanya spot foto yang hits hanya anda temukan diseputara mall dan jalan keramaian, maka di kampung atau di desa anda akan mendapatkan banyak sekali pilihan spot foto yang menarik. Jika anda kebetuna tinggal di kampung atau desa yang memiliki panorama indah, maka kesempatan ini bisa anda manfaatkan, untuk mendapatkan peluang bisnis yang terbuka lebar.

Mengubah kampung menjadi tempat wisata

Jika sebelumnya, usaha yang bisa  anda pilih seputar spot foto menarik dengan memanfaatkan panorama alam, maka kali ini anda bisa memanfaatkan desa tempat anda tinggal. Sala satu contoh desa wisata yang menjadi percontohan bagi desa-desa lain adalah Desa Jodipan di Malang. Desa ini menjadi hits karena tampil dengan berbagai cat berwarna-warnai dengan banyak sekali spot-spot menarik. tak heran, kampung dipinggir kota malang yang dulunya kumuh, sekarang menajdi bersih dan banyak dikunjungi wisatawan, baik dari dalam kota Malang maupun dalam kota. Setelah kota ini sukses menjadi pehatian banyak wisatawan, masyarakat sekitar pun turut kecipratan rejeki dari hasil menjual makanan, minuman, maupun souvenir. Maka tak heran, setelah kampung jodipan booming, banyak kampung-kampung lain yang tak mau kalah dengannya. Jika anda ingin membangun desa anda dan memajukan bisnis masyarakat setempat, tak ada salahnya mencoba ide yang satu ini dan bekerjasama dengan seluruh masyarakat setempat.

Melestarikan Kebudayaan Daerah

Pernah anda mendengar kampung Wairebo di NTT, atau kampung Jangga di tanah Batak ? dua kampung tersebut merupakan dua kampung dari banyak sekali kampung yang terkenal karena keaslian kebudayaannya. Banyak wisatawan yang rela datang jauh-jauh hanya ingin melihat keidahan alam, keaslian kebudayaan, maupun aktifitas masyarakat aslinya. Banyaknya wisatawan akhirnya juga dimanfaatkan masyarakat setempat untuk membuka sebuah usaha seperti homestay, warung makan, serta menjual souvenir. Jika di kampung anda ada sesuatu kebudayaan khas yang bisa dikembangkan, maka tak ada salahnya mengenalkan ke banyak orang, sekaligus membantu mengembangkan perekonomian masyarakat.

 

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top