Peluang Usaha

Peluang Usaha Lele Secara Lengkap dan Trik Pendistribusiannya Biar Cepat Laku

Jika anda tidak ingin rebutan peluang kerja di bursa pekerja, maka cara ampuh yang perlu anda lakukan adalah membuka usaha atau bisnis sendiri. Banyak pilihan bisnis yang bisa anda lakukan. Salah satunya adalah bisnis ternak lele.

Peluang Bisnis Lele

Peluang bisnis ikan lele terbilang mudah dan memiliki prospek yang cerah. Bisnis ini menjanjikan keuntungan yang besar sehingga banyak yang menekuni bisnis ini. Berita baiknya, peluang bisnis ini terbuka untuk semua orang yang tertarik menekuninya. Prospek dari bisnis ini dapat bertahan dalam jangka panjang jika ditekuni dengan benar. Lebih parahnya lagi, konsumen lele tidak pernah sepi sampai kapanpun.

Bisnis budidaya lele bisa dijalankan dengan modal kecil. Banyak bisnis lele yang berskala rumahan. Konsumen dari ikal lele juga berasal dari segala usia, mulai dari orang dewasa hingga anak-anak. Ketika anda memulai bisnis lele yang anda butuhkan adalah bibit ikan, pakan, vitamin, obat-obatan serta kolam ikannya. Untuk peralatan anda bisa menyiapkan pisau, sekop, wadah dan timba. Jika anda baru memulai bisnis ini, anda bisa meminta bantuan 1-2 orang karyawan.

Tips Pendistribusian Lele

Bisnis lele adalah bisnis yang menguntungkan dan potensial untuk dijalankan. Usaha ini juga mudah dijalankan mengingat lele termasuk ikan yang memakan segalanya dan tidak membutuhkan perwatan yang intens. Jikalau ada kesulitan dalam bisnis lele, biasanya adalah cara pemasarannya. Apalagi jika usaha lele yang anda lakukan ada dalam skala besar. Banyaknya produk lele yang dihasilkan kadang mengharuskan anda memperhatikan aspek pemasaran dengan seksama. Lalu, bagaimana cara memasarkan lele dengan maksimal? Simak beberapa tips pemasaran lele berikut ini.

  • Tawarkan ke penjual Pecel Lele

Pecel Lele saat ini hampir mirip dengan makanan pokok yang bisa ditemukan hampir disemua tempat. Menawarkan Lele yang anda panen kepada penjual Pecel Lele bisa dikatakan sebagai cara paling cepat mendistribusikan lele. Jika penawaran anda yang pertama berjalan dengan baik, anda bisa menawarkan jalinan kerjasama sebagai penyuplai tetap bagi usaha ini dan usaha sejenis lainnya. Pastikan anda membagi kolam sedemikian rupa sehingga dapat menjaga kesinambungan panen untuk memenuhi permintaan.

  • Menawarkan sebagai supplier pasar

Selain dijual oleh pedagang Pecel Lele dan warung makanan, lele juga digemari sebagai konsumsi rumah tangga. Ibu-ibu yang ingin mengolah makanan dari bahan dasar lele tentu akan membelinya di pasar. Oleh sebab itu, menjadikan pasar sebagai sarana bisnis anda tentu bukan pilihan yang buruk. Anda bisa menawarkan diri sebagai supplier bagi pedagang pasar. Kadang untuk menjalankan bisnis ini, anda perlu mengalahkan supplier lama atau paling tidak mendapatkan bagian dari permintaan yang ada di pasar.

  • Produsen makan berbahan dasar lele

Usaha makanan dengan bahan dasar lele tentu bukan hanya Pecel Lele saja. Saat ini banyak makanan olahan yang sudah memanfaatkan lele sebagai bahan dasarnya, misalnya seperti Abon Lele, Kerupuk Lele, Dendeng sampai Nugget Lele. Anda hanya perlu menemukan produsen usaha tersebut dan menawarkan hasil panenan lele anda. Jika anda mampu memikat produsen tersebut untuk menjadikan anda sebagai penyuplai lele tetapnya, maka keuntungan yang anda miliki akan besar sekali.

  • Bekerja sama dengan pengepul

Cara ini biasanya dimulai dengan anda mencari pengepul yang mau memasok lele anda. Pengepul ini akan mendatangi anda setiap kali anda panen. Cara ini sangat mudah karena sebelumnya anda sudah menjalin hubungan dengan pengepul itu. Pengepul ini kadang akan menghampiri sendiri dan melihat anda menjalankan bisnis kolam lele anda. Jika ada beberapa pengepul yang menawarkan harga, maka pilihlah harga yang paling tinggi.

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top