Lainnya

Pembayaran Nontunai Ini Terlalu Unik Untuk Dipercaya

Pembayaran non tunai memang lagi hits – hitsnya. Pembayaran non tunai mampu mengurangi jumlah uang beredar. Selain lebih efisien tindakan ini juga membantu pemerintah dalam menghemat biaya anggaran. Pembayaran non tunai juga mengurangi tindak kejahatan seperti penipuan dan pencurian. Jika anda hanya mengenal pembayaran non tunai melalui kartu atau gelang namun di beberapa negara pembayaran non tunai bisa melalui media lain. Media ini bisa jadi terlalu unik untuk anda percayai.  Berikut beberapa pembayaran non tunai yang unik di berbagai belahan negara:

Retinal Scan Payment

Negeri matahari terbit alias Jepang memperkenalkan pembayaran non tunai yang cukup unik. Pembayaran non tunai ini ialah melalui tatapan mata yang mengidentifikasi retina anda atau retinal scan payment.  Cara kerjanya juga mudah yakni dengan mendownload aplikasinya dan menginstal pada smartphone anda. Dilengkapi dengan fitur biometric eye print sehingga untuk membayar tagihan anda cukup meyorot mata anda pada layar kamera smartphone.

Smile To Pay

Satu lagi pembayaran non tunai yang unik yakni membayar lewat senyuman. Salah satu restoran cepat saji yakni KFC yang berada di Hangzhou, China menerapkan pembayaran jenis ini. Cara pembayaran melalui senyuman ini dikembangkan oleh Yum China Holding Inc dan bekerja sama dengan Ant Financial.  Dilengkapi pula dengan kamera 3D dan pendeteksi algoritma agar terhindar dari penipuan. Cara kerjanya juga mudah yakni anda cukup berdiri didepan alat ini kemudian tersenyum. Setelah memindai wajah anda masukkan nomor telepon kemudian tagihan anda otomatis terbayarkan.

Car Key Payment

DS dan Barclaycard yakni perusahaan asal perancil meluncurkan DS3 atau biasa disebut juga dengan Connected Chic. Fungsi alat ini ialah anda bisa membayar tagihan anda melalui kunci mobil. Dilengkapi dengan scan remotely sehingga membayar tagihan bisa semudah membuka pintu mobil anda. dilengkapi dengan satu chip bPay Barclaycard sehingga riwayat pembayaran  anda bisa dilacak lewat bPay pada android maupun iPhone.

Face Payment

Selain mata dan senyuman ternyata pembayaran non tunai bisa juga melalui wajah. Perusahaan teknologi Jepang bernama NEC mengembangkan pembayaran melalui scanning wajah. Uji cobanya bahkan telah mengikutsertakan 1400 pegawai dari dua perusahaan keuangan di jepang pada akhir Januari 2017 lalu. NEC menyatakan bahwa NeoFace sebagai sistem identifikasi paling cepat dan akurat di dunia. NEC berharap teknologinya akan siap untuk digunakan pada olimpiade Tokyo pada tahun 2020 mendatang.

Smartwatch Payment

Selain gelang ternyata pembayaran non tunai juga bisa dilakukan melalui jam tangan. Teknologi ini dikembangkan oleh Near Field Communication sehingga memudahan anda dalam melakukan pmbayaran. Cukup mendekatkan jam tangan pada mesin pembayaran maka tagihan anda sudah terbayar otomatis. Near Field Communication tidak hanya mengembangkan pembayaran melalui jam tangan saja namun juga cincin dan smartphone.

Ring Payment

Satu lagi pembayaran non tunai unik yang dikembangkan Near Field Comunication atau NFC yakni ring payment. Cincin ini terkoneksikan dengan kartu kredit anda sehingga memiliki fungsi yang sama dengan kartu kredit biasa. Teknologi ini diperkenalkan di Amerika Serikat dan hanya pemegang kartu kredit Visa saja yang terkoneksi dengan ring payment.

Alipay Taobao

Pembayaran melalui Alipay dengan aplikasi Taobao ini sangat digemari di negeri tirai bamboo, China. Di kota Hangzhou terdapat kafe yang pemiliknya merupakan pendiri alibaba yakni Jack Ma. Didalam kafe ini anda cukup memesan melalui suara  kemudian untuk pembayarannya melalui barcode yang nantinya tercetak ketika anda keluar dari kafe tersebut. tagihan anda akan dibayarkan melalui alipay dengan memindai kode QR saat anda memasuki pintu masuk kafe tersebut.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: