Tips

Pengen Ubah Dekorasi Cafe Lecekmu Jadi Lebih Kekinian Dengan Low Budget? Cek Disini!

Jika dahulu kita sering mengidentikan tempat yang bernama “café” sebagai tempat hiburan malam, namun sekarang café telah memiliki arti yang lebih baik. Warung kopi modern, tempat hangout saat ini juga bisa disebut dengan café. Café saat ini menjadi usaha yang cukup menjamur di beberapa kota besar. Alasan utamanya tentu karena banyak orang yang mencari tempat kongkow yang asyik dan nyaman.

Agar para konsumen ini betah dan mau berkunjung kembali ke café yang kita miliki, selain menyediakan makanan, kita juga perlu memperhatikan tata interiornya. Jika owner mampu menyajikan tempat santai yang sesuai dengan kenyamanan pelanggan maka mereka akan betah berlama-lama dan akan sering berkunjung kembali. Jika ini terjadi, bukankah artinya anda telah berhasil mewujudkan tujuan utama dari pembuatan café tersebut?

Sayangnya, keinginan tidak selalu sesuai dengan kenyataan. Keinginan owner café untuk menyajikan interior yang nyaman dan berkesan kadang kala terhalang oleh minimnya budget yang dimiliki. Memang, untuk mendesain ruangan dengan kesan yang diinginkan tidak memakan biaya yang sedikit. Jika sudah begini, maka owner harus memutar otak agar desain interior café harapannya tetap dapat terwujud tanpa menggerus kocek terlalu dalam. Bagi anda owner café yang juga mengalami kasus serupa, berikut beberapa konsep interior yang mungkin bisa anda terapkan untuk mendesain interior café anda namun tetap dengan low budged.

Konsep Café Rumah

Jika anda seorang calon interpreneur yang baru saja akan memulai bisnis cafenya, tidak ada salahnya mencoba café rumah. Café rumah adalah café yang didirikan dengan konsep gabungan dengan rumah yang anda tinggali. Cara ini dapat memangkas biaya sewa sehingga bisa dialokasikan untuk biaya lain-lain. Ketika anda tidak menggunakan biaya sewa, biaya awal yang anda keluarkan tentunya lebih minim dan anda tidak terburu-buru untuk menutupi dana yang sudah dikeluarkan.

Terburu-buru menutup dana yang sudah dikelaurkan biasanya membuat seseorang menjual dagangannya dengan harga yang tinggi. Namun, jika biaya yang anda keluarkan rendah maka anda dapat menurunkan harga menu sehingga pengunjung tidak akan terbebani ketika membeli produk anda. Sadarkah anda, jika café menjadi satu dengan rumah, maka anda juga akan menghemat biaya transportasi pulang-pergi yang biasa anda kenakan ketika berangkat kerja?

Sesuaikan desain café dengan rumah anda. Misalnya, jika rumah anda memiliki kesan klasik, anda bisa menambahkan furnitur yang dominan dengan kayu. Furnitur ini akan sesuai dengan konsep rumah anda sehingga tidak ada kesan bertabrakan. Tambahkan sentuhan motif sederhana pada dinning table agar tidak terlihat tua dan membosankan. Letakkan beberapa tanaman hias di sudut ruangan. Jangan terlalu banyak, karena akan merusak kesan klasiknya. Tambahkan fasilitas Wifi dengan kecepatan tinggi agar pengunjung lebih betah duduk di café anda.

Namun, anda perlu memperhatikan beberapa hal sebelum mendirikan café rumah. Café rumah bisa didirikan jika rumah berada di lokasi yang strategis, ramai serta mudah diakses oleh pengunjung. Jika rumah anda belum memenuhi syarat ini, mungkin anda perlu mempertimbangkan ulang untuk menjadikan rumah anda sebagai rumah café.

Konsep Café minimalis

Dari konsepnya saja sudah jelas bahwa konsep café yang akan anda buat mengusung konsep minimalis. Cara ini akan meminimkan biaya desain café anda. Anda tidak perlu khawatir café anda akan terlihat kurang menarik dengan konsep ini. Salah satu konsep minimalis yang bisa anda gunakan adalah konsep Scandinavian. Scandinavian mengusung konsep interior yang sederhanan dan cenderung didominasi dengan warna putih dan warna cerah lainnya. Anda juga bisa menambahkan sentuhan warna-warna yang berani seperti kuning atau hijau tosca agar ruangan tidak terasa “hambar”.

Jika anda menerapkan konsep ini, anda tidak perlu pusing mengalokasikan biaya untuk memberikan aksen berlebihan seperti memasang wallpaper, full pattern atau memajang hiasan dinding yang justru akan merusak kesan Scandinaviannya. Konsep ini cocok digunakan pada ruangan yang tidak terlalu luas. Ada 2 hal yang perlu diperhatikan ketika mengusung Scandinavian sebagai konsep utama café anda. Pertama, pastikan kursi atau sofa yang ada di café terbuat dari kayu. Kedua, atur pencahayaan ruangan agar tertata dengan baik dan sesuai dengan ruangan.

Konsep Café Industri Modern

Jika café konsep Scandinavian cocok diterapkan untuk café dengan ruangan yang kecil, maka konsep Industri Modern ini cocok untuk café dengan ruangan yang luas namun dananya pas. Trik ini sesuai untuk café kamu yang memiliki ruangan besar namun dengan furnitur seadanya. Ingat, café yang nyaman tidak selalu didominasi dengan sofa atau furniture yang harganya mahal. Konsep inilah yang ingin ditampilkan oleh Industri Modern.

Pada dasarnya konsep Industri sendiri masih banyak menggunakan furniture tua yang harganya tentu sangat mahal. Oleh sebab itu, konsep ini ditambah kata “modern” yang artinya dapat mengganti kesan tua dengan menggunakan barang-barang bekas daur ulang. Saat ini tidak sulit menemukan furniture dari barang daur ulang dari UKM-UKM dengan kualitas yang tidak kalah baik tentunya. Menarik bukan jika bisa mendesain ruangan besar agar tetap terlihat nyaman tanpa banyak aksesories atau sofa? Padukan dengan warna-warna warm agar pengujung betah berlama-lama di café anda. Selain hemat biaya, suasana café juga akan terasa lebih hangat.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top