Peluang Usaha

Pensiunan Bukanlah Akhir dari Berkarir, Ada 4 Peluang Usaha Menggiurkan yang Cocok untuk Pensiunan Lho!

peluang usaha pensiunan

Saat tiba masa pensiun, sebagian besar masyarakat yang berprofesi sebagai PNS akan cepat merasa jenuh jika tidak mampu menyiasatinya dengan baik. Biasanya, Anda pagi-pagi berangkat kerja dan di sana bertemu dengan teman-teman kantor. Namun, saat menjadi pensiunan kegiatan Anda hanya bersantai saja di rumah tanpa berbuat apapun. Meskipun tidak bekerja di kantoran lagi, sebagai pensiunan Anda tetap bisa menghasilkan uang. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa menjalankan aktivitas bisnis lainnya yang tentunya juga bisa memberikan keuntungan loh. Bahkan, usaha yang dijalankan tersebut bisa menjadi bisnis utama dan justru penghasilannya melebihi penghasilan ketika Anda menjadi PNS. Bagi Anda seorang pensiunan yang tertarik untuk menjalankan bisnis, simak 4 peluang usaha menggiurkan yang cocok untuk dijalankan saat pensiun berikut ini.

  1. Franchise (Waralaba)

Pertama, peluang usaha menggiurkan yang cocok dijalankan saat pensiun adalah bisnis franchise. Sebuah usaha yang dijalankan dengan sistem waralaba memang dikatakan cocok untuk PNS, termasuk para orang tua yang sudah pensiun. Hal ini dikarenakan, sistem kerja franchise (waralaba) memiliki waktu yang cukup fleksibel. Selain tidak membutuhkan modal yang cukup besar, bisnis franchise juga tidak mengharuskan Anda untuk menjalankan usaha tersebut setiap saat. Sebab, bisnis franchise biasanya menggunakan jasa orang lain atau pegawai yang menjalankan usaha. Dari sini, peran Anda hanya mengontrol dan memanajemen saja.

  1. Counter Hp dan Pulsa

Selanjutnya, peluang usaha yang cocok dijalankan oleh pensiunan adalah bisnis counter hp dan pulsa. Bisnis ini, memang terbilang sangat menjanjikan danbanyak keuntungan. Bagaimana tidak, secara sekarang ini hp dan pulsa sudah menjadi kebutuhan primer bagi banyak orang terutama orang yang berbisnis. Selain terbilang sangat menjanjikan, modal untuk membuka bisnis counter hp dan pulsa pun minim. Jika Anda belum mempunyai modal yang cukup besar, maka jualan pulsa lewat handphone pribadi di rumah dengan memasang plakat atau tulisan “sedia pulsa” saja Anda sudah bisa memulai bisnis. Namun, jika Anda mempunyai modal yang cukup besar maka bukalah toko counter pulsa yang dilengkapi pulsa perdana atau kuota serta accesoris dan handphone. Dengan demikian, Anda bisa meraup keuntungan yang lebih besar dan bahkan bisa menggunakan jasa karyawan di tempat usaha Anda.

  1. Jasa Kos-Kosan

Peluang usaha berikutnya yang cocok bagi pensiunan adalah membuka jasa kos-kosan. Usaha ini sangat cocok dijalankan oleh pensiunan, sebab cara menjalankannya cukup mudah. Bahkan, disamping membuka jasa kos-kosan Anda pun bisa sambil menjalankan usaha lain seperti kelontongan. Untuk mulai menjalankan bisnis jasa kos-kosan, Anda memang membutuhkan modal yang cukup besar agar bisa membuat kamar-kamar atau rumah. Usaha ini cukup bagus prospeknya, apalagi jika Anda menjalankan usaha kos di dekat sekolah seperti SMA atau kampus. Terutama di kota-kota besar yang terkenal dengan universitasnya, pasti akan lebih besar lagi keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

  1. Reseller Barang

Menekuni usaha reseller barang juga merupakan salah satu ide bisnis yang cocok untuk pensiunan. Cara menjalankannya cukup mudah, Anda tinggal mencari orang untuk bisa menjual produk-produk yang ingin dipasarkan. Selanjutnya, buatlah janji dengannya untuk bertemu dan mengambil barang yang akan dipasarkan tersebut. Lalu,Anda tinggal mencari konsumen baruuntuk menjual barang dengan harga yang lebih tinggi dari harga yang sudah ditetapkan penjual pertama. Untuk menjadi reseller barang Anda bisa menjual berbagai macam produk yang awet dan tahan lama seperti tas, pakaian, alat-alat elektronik, alat masak dan lain sebagainya. Selain barang yang tahan lama, Anda juga bisa menjual barang yang tidak tahan lama seperti makanan. Namun, untuk menjualnya Anda harus mempunyai modal kulkas agar makanan tersebut bisa awet selama beberapa hari. Usaha reseller barang memang mempunyai banyak kemudahan, modal yang cukup minim yaitu hanya bermodalkan marketing saja. Hampir tidak ada ruginya, bahkan untuk menjadi reseller barang Anda bisa menawarkan kepada siapapun dan dimanapun tanpa harus membawa barangnya terlebih dahulu.

Itulah 4 peluang usaha menggiurkan yang cocok bagi pensiunan. Orang yang pensiunan memang biasanya sudah berumur, namun setidaknya mereka tetap bisa mempunyai usaha yang tidak terlalu berat dan mudah dilakukan. Semoga bermanfaat!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top