Bisnis Online

Pentingnya Bisnis Memiliki Website Sendiri? Ini Dia Alasannya

punya-website-sendiri

Anda yang menjalankan bisnis saat ini memang harus terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang melaju dengan pesat. Bila Anda tetap bertahan dengan metode konvensional memang akan membuat peluang Anda untuk menguasai pasar semakin kecil. Untuk itulah mau tak mau memang Anda harus ikut arus dengan perkembangan teknologi untuk mendukung bisnis. Salah satu bagian dari cara Anda ambil bagian untuk membuat bisnis tetap eksis di zaman sekarang adalah membuat website usaha. Untuk apa membuat website? Tentu saja website ini akan memiliki banyak kegunaan dan manfaat untuk bisnis Anda di masa sekarang ini. Berikut beberapa alasan mengapa Anda harus memiliki website bisnis sendiri.

  1. Personal Branding Menjadi Lebih Kuat

Pertama, alasan mengapa Anda sebagai pebisnis harus memiliki website bisnis sendiri adalah kekuatan personal branding yang akan menjadi lebih kuat. Saat memiliki website sendiri Anda memang tidak lagi mendompleng nama pihak lain. Tapi bila Anda ikut bergabung dengan marketplace, maka brand bisnis Anda akan langsung lenyap oleh besarnya nama marketplace tersebut. Memang implikasi dari adanya kepemilikan website sendiri adalah akan membuat konsumen selalu mengingat nama toko atau produk Anda. Nah dari sinilah maka website akan mampu meningkatkan personal branding bisnis Anda.

  1. Kemampuan untuk Melihat Statistik Hingga Laporan Keuangan

Dengan mengintegrasikannya dengan plugin-plugin tertentu memang website akan bisa memiliki kemampuan lain. Sebut saja salah satu plugin yang bermanfaat yaitu Google Analytic. Dengan plugin ini maka Anda akan bisa melihat perkembangan website dari sisi pengunjung atau visitor-nya. Google Analytic memang mampu menghadirkan statistik pengunjung website Anda setiap waktunya. Plugin berikutnya yang juga bisa membuat Anda memantau perkembangan website yaitu CRM, WP ERP untuk sistem HR, dan akuntansi bisnis kecil. Belum lagi plugin yang mampu membuat Anda melihat laporan keuangan dan laporan inventory lain. Tapi bila Anda memilih marketplace sebagai tempat bisnis berada, maka hal-hal tadi yang telah disebutkan tidak akan bisa Anda dapatkan.

  1. Menentukan Strategi Penjualan dengan Bebas

Berikutnya, alasan Anda harus memiliki website sendiri adalah dapat menentukan strategi penjualan dengan bebas. Mempunyai website bisnis sendiri memang akan membuat Anda bisa dengan bebas menentukan strategi penjualan. Berbeda ketika Anda bergabung ke marketplace, maka strategi penjualan seratus persen akan diatur oleh pihak marketplace. Bila pun Anda memiliki opsi untuk menghadirkan strategi bisnis, maka marketplace biasanya akan memberikan syarat dan ketentuannya. Strategi penjualan ini memang bukan perkara yang bisa disepelekan begitu saja sehingga Anda lantas menyerahkannya pada orang lain. Sebab, bila strategi yang Anda serahkan pada pihak lain seperti pada kasus di marketplace bukan tidak mungkin ada kesalahan yang dilakukan sehingga tak maksimal meraih pangsa pasar. Dalam mengeksekusi strategi bisnis ini juga ada momen terbaik yang harus dipikirkan sehingga Anda tak boleh sembarangan. Nah dengan memiliki website bisnis sendiri maka Anda akan bisa memiliki keleluasaan yang lebih dalam hal pemilihan strategi dan juga momentumnya.

  1. Tidak Perlu Ikut Perang Harga

Anda yang tidak mau bermain dalam perang harga, maka pilihan membuat website bisnis sendiri adalah opsi terbaik. Sebab ketika Anda membuat dan memiliki website sendiri maka Anda tak perlu bersaing dengan toko lain. Dengan brand yang Anda miliki secara khusus, maka harga bisa saja Anda tentukan sendiri tanpa harus melihat dan terpengaruh toko lain. Tapi bila Anda menjadikan marketplace sebagai perantara bisnis, maka pastinya Anda akan terlibat dalam perang harga. Ini karena di marketplace, konsumen akan lebih leluasa mencari produk yang murah dibanding mencari brand.

  1. Membuat Bisnis Tampak Lebih Profesional dan kredibel

Terakhir, alasan mengapa bisnis Anda harus memiliki website adalah membuat bisnis tampak lebih profesional. Dibandingkan dengan memiliki blog atau media sosial, memang website akan lebih menunjukkan profesionalisme bisnis. Kesan profesionalisme muncul karena untuk membuat website dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Sedangkan untuk membuat blog atau media sosial tidak diperlukan dana alias gratis. Dari kesan profesional tersebut, bisnis yang yang memiliki website juga akan bisa lebih dipercaya atau kredibel di mata konsumen. Ini karena kebanyakan penipuan yang terjadi di ranah online berasal dari blog-blog atau media sosial yang gratisan.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top