StartUp dan UKM

Pentingnya Linkedln Dalam Membangun Reputasi Kinerja Anda

Linkedln merupakan salah satu media sosial yang diperuntukkan bagi para professional. Penggunanya tak hanya mereka para karyawan namun juga petinggi yang berada di bagian eksekutif seperti CEO. Hadirnya Linkedln ini disambut antusias para professional dengan semakin meningkatnya user setiap tahun. Linkedln sendiri tak hanya sebatas media sosial saja namun juga memiliki manfaat lainnya untuk membangun citra anda di dunia kerja. Berikut beberapa manfaat yang anda terima jika memiliki akun linkedln berikut ini :

Membangun Relasi

Keunggulan yang pertama dari membuat akun linkedln ialah anda dapat membangun relasi bisnis. Dikarenakan media sosial ini diperuntukkan untuk para professional maka anda bisa dengan mudah menemukan para ahli dibidangnya. Siapa tahu beberapa professional ini bisa anda ajak untuk kerja sama demi mengembangkan bisnis yang anda miliki. Tak menutup kemungkinan anda juga bisa menemukan investor melalui media sosial linkedln.

Meningkatkan Reputasi Diri

Dalam wawancara kerja tak sedikit pula perusahaan mencantumkan permintaan akun linkedln jika memiliki. Ini artinya linkedln menjadi media sosial yang cukup dipercaya oleh perusahaan. Melalui linkedln anda juga bisa meningkatkan reputasi diri anda. dari linkedln anda bisa mengekspos kemampuan yang anda miliki, pengalaman kerja hingga pengalaman organisasi yang dimiliki.

Penghubung Antara Pencari Kerja dan Pemberi Kerja

Tak hanya sebagai media untuk berkomunikasi antar professional namun bisa dijadikan tempat untuk menemukan lowongan pekerjaan. Linkedln juga sering digunakan untuk memposting lowongan pekerjaan. Bisa dibilang adanya linkedln  memudahkan anda untuk melamar pekerjaan.

Memuat Informasi Tentang Pekerjaan Anda

Selain memposting lowongan kerja ternyata linkedln juga kaya akan informasi bisnis. Anda bisa membaca artikel yang diposting oleh pengguna linkedln. Artikel seputar pekerjaan maupun bisnis bisa dengan mudah anda temukan disini. Lumayan kan untuk mengisi waktu luang anda bisa disibukkan membaca informasi terupdate terkait pekerjaan yang kini sedang ditekuni.

Melatih Membuat CV Yang Menarik

Bagi anda yang masih duduk dibangku sekolah atau perkuliahan memiliki akun linkedln juga bisa melatih anda dalam membuat CV yang menarik. Jangan hanya buat CV yang begitu-begitu saja karena melalui CV personality andapun akan terlihat. Dengan CV yang menarik maka kesempatan untuk direkrut perusahaan akan semakin besar.

Langkah Membuat Profil Linkedln Profesional

Tentunya dalam membuat akun linkedln anda tak boleh asal. Pasalnya linkedln bukanlah sembarang media sosial. Yang melihat profil anda di media sosial ini ialah mereka para professional bahkan perusahaan ternama. Untuk itu ada beberapa langkah untuk membuat profil linkedln anda terlihat professional dengan beberapa langkah berikut ini :

  •  Jangan Lupakan Riwayat Pekerjaan

Dalam mengisi profil linkedln sangat penting untuk menulis riwayat pekerjaan yang anda miliki. Dengan ini anda bisa terlihat memiliki pengalaman yang cukup dibidangnya

  • Lengkapi Riwayat Pendidikan

Tak lupa untuk mengisi riwayat pendidikan selengkap mungkin untuk memberikan nilai plus dimata kline.

  • Tunjukkan Kemampuan Anda Di Luar Akademik

Tak hanya butuh hard skill namun banyak perusahaan menuntut karyawannya memiliki soft skill. Penting untuk anda menunjukkan kemampuan yang dimiliki selain dalam bidang akademik.

  • Jangan Remehkan Foto Profil

Ingat linkedln merupakan media sosial untuk para professional. Hindari menggunakan foto alay dan pasang foto yang sopan dengan resolusi tinggi.

  • Sempurnakan Headline Profil

Tak lupa lengkapi headline profil anda agar yang melihatnya terkesan dan penasaran dengan profil yang anda miliki.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top