StartUp dan UKM

Penyebab Lamaran Kerja Anda Ditolak Perusahaan Startup, Sudah Tahu Belum?

gagal-rekrutmen-perusahaan-startup

Perkembangan zaman yang sangat pesat saat ini kemudian memunculkan perusahaan-perusahaan rintisan berbasis teknologi bernama startup. Dengan adanya perusahaan-perusahaan startup tersebut lalu menghadirkan beberapa profesi dan lowongan pekerjaan baru. Ketika bermunculan perusahaan startup ini memang membutuhkan tenaga kerja untuk mengisi pos-pos di dalamnya. Nah dari sini kemudian banyak para pencari kerja yang tertarik ingin mengisi beberapa posisi di perusahaan startup tersebut. Sayangnya dengan besarnya peminat yang ada membuat tidak semua aplikasi dan lamaran kerja dapat diserap atau diterima perusahaan startup. Adanya seleksi dalam proses rekrutmen yang dilakukan oleh perusahaan startup membuat Anda harus berbuat yang terbaik saat melamar kerja. Bila lamaran kerja Anda memang ditolak oleh perusahaan startup maka sebenarnya ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui faktor penyebabnya. Dengan mengetahui faktor penyebab ditolaknya lamaran kerja, maka Anda akan bisa belajar darinya untuk bisa memperbaiki diri saat nanti akan melamar kerja lagi. Nah berikut ini beberapa hal yang dapat menyebabkan lamaran kerja ditolak oleh perusahaan startup.

  1. Tampilan CV yang Nampak Buruk

Hal pertama yang bisa menjadi penyebab ditolaknya lamaran Anda di perusahaan startup adalah karena CV yang buruk. Daftar riwayat hidup atau Curriculum Vitae (CV) memang akan selalu diperlukan untuk setiap rekrutmen pekerjaan, termasuk di perusahaan startup. Nah dari sini Anda yang akan melamar kerja di perusahaan startup sudah seharusnya menyiapkan CV yang baik. Sayangnya tidak banyak pelamar yang memahami hal ini. Mereka dengan mudahnya menganggap bahwa perusahaan startup ini sudah lebih modern hingga tak terlalu memerlukan CV. Tentu pandangan ini adalah hal yang keliru. Sebab, pada akhirnya para pelamar yang membawa CV seadanya dan nampak buruk akan membuat lamaran mereka ditolak.

  1. Lupa Tidak Melampirkan Portofolio

Selain CV, Anda yang sudah memiliki pengalaman dibidang yang akan Anda lamar bisa membawa portofolio atau hasil karya. Dengan adanya portofolio ini maka peluang Anda untuk bisa diterima di perusahaan startup akan semakin besar. Nah sayangnya, tidak semua pelamar memahami hal ini dan akhirnya portofolio yang sudah dimiliki tidak dibawa. Dari sinilah kemudian jika ada pelamar lain yang sebenarnya selevel dengan Anda tapi mereka membawa portofolio, maka mereka yang akhirnya dipilih oleh perusahaan startup.

  1. Anda Tidak Memahami Perusahaan yang Anda Lamar

Sama seperti melamar pekerjaan pada umumnya, maka pengetahuan mengenai profil perusahaan startup yang dilamar juga harus dimiliki oleh pelamar. Biasanya pengetahuan mengenai perusahaan ini akan sangat terasa dan berguna ketika tahap interview atau wawancara. Pasalnya, saat interview biasanya pihak pewawancara akan menanyakan kepada pelamar tentang apa yang diketahuinya tentang perusahaan. Bila Anda tidak memiliki pengetahuan mengenai profil perusahaan startup yang Anda lamar maka Anda akan dianggap orang yang tidak peduli atau cuek terhadap apa yang akan diinginkannya. Hal ini pada akhirnya akan membuat Anda ditolak perusahaan. Dan sayangnya, tidak sedikit para pelamar yang tidak membekali dirinya dengan pengetahuan tentang profil perusahaan startup ketika melamar kerja.

  1. Mengabaikan Profil Online

Berikutnya, hal yang bisa menyebabkan Anda tidak diterima oleh perusahaan startup adalah mengabaikan profil online Anda. Profil online sendiri adalah data diri dan informasi mengenai diri Anda yang ada di dunia online. Biasanya data diri dan informasi di dunia online ini bisa didapati dari media sosial, blog dan beberapa platform online lain. Sebagai perusahaan berbasis teknologi, startup memang akan melakukan pencarian informasi mengenai kandidat para pelamarnya di dunia online sebagai penilaian. Dan menariknya saat ini tidak sedikit perusahaan yang melakukan hal ini, termasuk perusahaan non-startup. Dari sinilah maka Anda sebagai pelamar haruslah mengerti kondisi tersebut dan mengelola preferensi akun online dengan baik sebelum melamar kerja.

  1. Anda Tidak Tampil Beda

Terakhir, faktor penyebab yang membuat lamaran Anda ditolak perusahaan startup adalah Anda yang tidak tampil beda. Kadang dalam sebuah rekrutmen memang ada faktor keberuntungan. Nah salah satu faktor keberuntungan dari proses rekrutmen ini adalah tampil beda. Tampil beda di sini bukan berarti Anda tampil semaunya dalam hal pakaian atau cara menjawab interview. Karena bila hal tersebut Anda lakukan maka itu artinya Anda telah melakukan blunder atau kesalahan fatal. Jadi maksud tampil beda di sini adalah membuat hal yang tidak biasanya yang positif untuk ditampilkan saat berhadapan dengan pihak manajemen perusahaan startup. Beberapa hal positif yang bisa membuat Anda tampil beda dari pelamar lain adalah menampilkan presentasi yang luar biasa atau juga menampilkan pandangan Anda tentang masa depan bidang yang Anda lamar.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top