Keuangan

Penyebab yang Bisa Membuat Anda Sulit Mengelola Keuangan Pribadi, Antisipasi!

sulit-atur-uang

Uang memang sesuatu yang tak ada habisnya untuk dibahas. Selain perannya yang selalu dibutuhkan untuk keperluan hidup, uang juga memiliki fungsi lain sebagai investasi. Sayangnya tidak semua orang bisa melakukan investasi dari uang yang didapatkannya. Alih-alih berinvestasi, untuk mengatur keuangannya sendiri masih kerepotan. Manajemen atau keahlian mengatur uang memang sangat penting untuk dimiliki setiap orang. Pasalnya dengan memiliki kemampuan mengatur keuangan, akan membuat orang mampu menjadikan kondisi finansial mereka selalu sehat. Beberapa kasus sulitnya orang-orang melakukan pengelolaan keuangan pribadi ini dikarenakan oleh beberapa faktor penyebab. Berikut beberapa faktor penyebab sulitnya seseorang melakukan pengelolaan keuangan.

  1. Pengaruh Impulsif untuk Belanja

Pertama, penyebab sulitnya seseorang melakukan pengelolaan keuangan pribadi adalah adanya pengaruh impulsif untuk belanja. Saat ini dimana munculnya online shop dan marketplace, membuat orang semakin gemar berbelaja. Pasalnya dengan adanya beberapa platform belanja online, membuat seseorang semakin dimudahkan dalam berbelanja. Bagaimana tidak, hanya dengan duduk manis dan menyalakan ponsel maka seseorang pun sudah bisa melakukan kegiatan belanja. Apalagi dengan adanya beragam promo yang dijalankan beberapa toko online dan marketplace, menjadikan hasrat seseorang untuk berbelanja semakin tinggi. Nah dari sinilah kemudian dalam diri seseorang bisa muncul keinginan belanja yang impulsif atau tiba-tiba terdorong. Semakin tinggi hasrat belanja impulsif dari seseorang maka biasanya akan semakin sulit juga ia melakukan pengelolaan keuangan. Hal ini dikarenakan ketika muncul hasrat impulsif untuk belanja, biasanya orang-orang ini akan kalap untuk mengeluarkan uang. Bila hal ini terjadi maka pengelolaan keuangan pribadi akan tak teratur dan berantakan.

  1. Gengsi Bergaya Hidup Mewah untuk Memberikan Kesan Hidup Tak Berkekurangan

Tidak hanya hasrat impulsif untuk berbelanja, namun gaya hidup mewah juga sangat bisa membuat seseorang kesulitan mengelola keuangan pribadi. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan dengan gaya hidup mewah yang selalu berusaha memberikan kesan hidup tak berkekurangan, akan membuat seseorang akan terdorong untuk selalu mengeluarkan uang. Apalagi bila uang yang dikeluarkan ini tidak kecil karena yang dibeli adalah untuk barang-barang mewah. Dari sini maka semakin sulitlah mereka untuk mengatur atau mengelola keuangan pribadi. Dengan hidup yang selalu diselimuti gengsi untuk selalu hidup mewah memang akan membuat seseorang boros. Dari gaya hidup seperti ini bahkan bukan tidak mungkin keuangan pribadi Anda akan semakin hancur karena hutang yang dilakukan.

  1. Pengaruh Lingkungan dan Pergaulan yang Tidak Sesuai dengan Keadaan Finansial

Selanjutnya, penyebab yang dapat membuat seseorang sulit mengelola keuangan adalah adanya pengaruh lingkungan. Lingkungan di sekitar Anda memang sangat menentukan bagaimana gaya hidup Anda. Pasalnya, bila Anda bergaul di lingkungan orang-orang bergaya hidup mewah, maka Anda juga bisa tertarik ke dalam kehidupan tersebut. Anda mungkin bisa berdalih bahwa dirinya bisa saja tidak akan ikut-ikutan gaya hidup mereka. Tapi bila Anda sering berada dalam lingkungan tersebut, maka akan sulit bagi Anda untuk tidak terpengaruh gaya hidup mereka. Nah bila Anda sudah terpengaruh gaya hidup mereka, maka Anda akan sulit untuk membendung hasrat berbelanja barang-barang mewah. Dari sini maka ketika Anda sudah bergaya hidup mewah, Anda akan sulit mengelola keuangan pribadi.

  1. Bersikap Cuek dan Masa Bodo Terhadap Masa Depan

Terakhir, hal yang bisa menyebabkan Anda sulit mengelola keuangan adalah sikap masa bodoh terhadap masa depan. Masa depan memang sesuatu yang harus dipikirkan dengan sungguh-sungguh. Nah untuk merancang dan membangun masa depan yang baik maka apa yang Anda lakukan hari ini akan sangat menentukannya. Tidak hanya itu pandangan Anda pada masa depan juga pastinya juga akan mempengaruhi bagaimana Anda bisa menjemput masa depan. Jika Anda peduli terhadap masa depan maka Anda akan mampu menyongsong masa depan yang lebih baik. Tapi bila Anda bersikap masa bodo terhadap masa depan maka suramnya masa depan bisa saja harus Anda terima. Pasalnya, orang yang tidak peduli pada masa depan biasanya akan mengambur-hamburkan uang dan sulit mengatur keuangan pribadi.

Itulah beberapa penyebab yang bisa membuat Anda kesulitan mengelola keuangan pribadi. Dari beberapa penyebab tersebut, Anda sebagai seorang yang bijak harus mengindari dan mengantisipasinya. Hal ini dilakukan bukan tanpa sebab. Karena bila Anda mampu menghindari diri dari beberapa penyebab tersebut maka Anda akan lebih mudah mengelola keuangan dan mendapati keadaan finansial yang selalu sehat.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top