Keuangan

Perbedaan Asuransi Murni Dan Asuransi Link

Asuransi memiliki peran penting bagi kehidupan semua orang. Saat seseorang telah terdaftar asuransi, maka kebutuhan mereka akan terjamin. Seperti halnya ketika mengalami musibah, maka asuransi akan menangung kerugian yang dialami seseorang. Sehingga seseorang tidak terlalu terbebani atas musibah yang dialaminya. Asuransi ini memiliki beberapa macam diantaranya adalah asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi pendidikan, asuransi, asuransi kendaraan, asuransi perjalanan, asuransi kebakaran, dan lainnya.

Dari berbagai macam asuransi tersebut, asuransi kesehatanlah yang paling banyak digunakan oleh semua kalangan. Terlihat dari setiap tahunnya peminat asuransi kesehatan ini sangat meningkat. Nah, ada 2 jenis asuransi kesehatan yang banyak diketahui yaitu asuransi murni dan asuransi link. Untuk lebih jelasnya perbedaan dari kedua jenis asuransi tersebut, simak ulasan berikut ini:

Premi Asuransi

Dari segi premi, dapat diketahui bahwa premi asuransi murni lebih murah dari pada premi asuransi unit link. Premi ini tidak terikat dalam jangka waktu yang sangat lama. Minimal waktu yang digunakan adalah satu tahun. Sedangkan dalam premi asuransi unit link, premi cenderung lebih mahal. Terkadang ada beberapa resiko yang harus dialami seperti halnya kemungkinan investasi bisa gagal kapan saja. Hal ini dapat juga beresiko uang akan hilang. Perlunya waktu lama untuk memulihkan keadaan jika kondisi ini terjadi pada anda.

Pencairan Dana

Dana dalam asuransi murni cenderung hilang saat tidak ada klaim dari pengguna asuransi. Hal ini berdampak pada dana premi. Dana premi tidak akan bertambah atau meningkat dalam waktu yang dekat. Sedangkan dalam asuransi unit link, dana dapat dicairkan kapan saja meskipun tidak ada klaim. Nah, dana tersebut akan memberikan banyak keuntungan. Investasi yang anda gunakan juga akan menghasilkan keuntungan yang tinggi dari pencairan dana asuransi unit link.

Berdasarkan Manfaat Asuransi

Perbedaan selanjutnya dari kedua asuransi ini adalah dari segi manfaatnya. Hal yang mendasari pembayaran premi asuransi murni lebih rendah dari unit link adalah karena asuransi murni hanya memiliki satu manfaat saja yaitu sebagai proteksi kesehatan saja, tidak ada tambahan investasi yang lain. Proteksi dari asuransi murni ini diberikan nasabah saat terkena musibah.

Sedangkan asuransi unit link memiliki dua manfaat yaitu sebagai perlindungan kesehatan dan juga investasi. Dua manfaat ini diberikan utuh kepada nasabah asuransi. Namun, premi yang harus dibayarkan juga sedikit mahal. Premi pembayaran ini nantinya juga akan menjadi dana investasi yang dapat dicairkan oleh nasabah. Saat terjadi musibah, dana akan langsung diberikan nasabah sesuai dengan catatan polis asuransi.

Tawaran Asuransi Tambahan

Asuransi murni belum memiliki tawaran asuransi tambahan saat ini. Asuransi ini hanya fokus memberi perlindungan kesehatan bagi para nasabah. Nasabah telah dijamin aman dari resiko kesehatan dengan proteksi kesehatan yang ada. Sedangkan dalam asuransi unit link, biasanya asuransi ini menawarkan berbagai asuransi tambahan seperti asuransi kesehatan penyakit kritis, penyakit cacar air, dan penyakit kulit lainnya.

Oleh karena itu, asuransi unit link ini cakupannya lebih luas dari asuransi murni. Asuransi unit link ini juga terbilang mahal karena adanya fasilitas tawaran asuransi tambahan.

Resiko Investasi

Umumnya resiko investasi ini hanya dialami oleh asuransi unit link. Sebab, dalam asuransi murni tidak ada investasi yang ditawarkan. Jadi, asuransi murni tidak terlalu memikirkan dampak dari gagalnya investasi. Sedangkan dalam asuransi unit link, kemungkinan gagal dan uang hilang nantinya akan dialami jika investasi tidak berjalan mulus.

Nah, itulah beberapa perbedaan dari asuransi unit link dan asuransi murni. Pada dasarnya kedua asuransi tersebut sama-sama bermanfaat dan bagus. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan yang seimbang. Nah, untuk penggunaannya tergantung masing-masing individu apakah ingin menggunakan asuransi murni atau unit link. So, anda pilih mana?

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top