Lainnya

Perlengkapan Darurat Bencana Yang Wajib Anda Ketahui

Akhir-akhir ini Indonesia banyak dilanda bencana alam. Mulai dari tsunami, gempa, tanah longsor, gunung meletus, banjir, dan sebagainya. Hal ini disebabkan karena letak Indonesia berada diantara tiga lempeng tektonik yaitu Lempeng Pasifik, Lempeng Eurasia, dan lempeng Hindia Australia. Adanya pergeseran antar lempeng inilah yang membuat banyak wilayah di Indonesia mengalami bencana alam.

Pada dasarnya bencana memang tidak dapat diprediksi kapan akan datang. Bisa jadi saat seseorang melakukan aktivitas atau saat seseorang sedang tidur pulas. Bencana dapat menerjang kapanpun itu. Oleh karena itu dengan banyaknya bencana yang menerjang Indonesia pada akhir-akhir ini, ada baiknya kita mempersiapkan perlengkapan-perlengkapan darurat yang harus dibawa saat sedang mengalami bencana. Nah, berikut beberapa perlengkapan yang wajib anda bawa saat terjadi bencana:

Ransel Dan Tenda Darurat

Ransel adalah salah satu perlengkapan yang dianggap penting untuk dibawa saat terjadi bencana. Sebab jika tiba-tiba bencana menerjang, ransel dapat dibawa dan digunakan untuk menyimpan barang-barang penting seperti pakaian, selimut, handphone, makanan, dan barang lainnya. Untuk itu, bawalah ransel yang sekiranya dapat menampung barang banyak. Pilihlah ransel yang memiliki kualitas yang bagus, agar saat digunakan tidak cepat rusak.

Di samping itu, siapkan tenda darurat untuk anda berlindung dan beristirahat dari cuaca buruk yang ada di luar. Hal ini dapat membuat anda lebih aman dan nyaman.

Lampu Darurat

Saat ini lampu berperan penting untuk kehidupan manusia modern. Pada dasarnya manusia modern juga sulit untuk melakukan aktivitas jika penerangan yang ada sangat minim. Lampu darurat juga menjadi salah satu perlengkapan penting yang harus dibawa saat terjadi bencana secara tiba-tiba.

Oleh karena itu jika tiba-tiba terjadi pemadaman listrik akibat adanya bencana, sebaiknya anda mempersiapkan lampu darurat untuk membantu menambah penerangan yang ada. Pilihlah lampu darurat yang  pengisian dayanya menggunakan batrai. Sebab lampu darurat yang dilengkapi batrai lebih efektif dari pada lampu darurat yang pengisian dayanya menggunakan listrik. Jadi, selalu siapkan lampu darurat dan masukkan ke dalam ransel agar anda tidak kesulitan mencari saat terjadi bencana secara tiba-tiba.

Obat obatan (Kotak P3K)

Obat-obatan adalah salah satu perlengkapan yang penting dan harus dibawa saat terjadi bencana secara tiba-tiba. Obat-obatan ini berfungsi untuk mengobati luka-luka ringan dan memar akibat benturan saat bencana.  Setidaknya anda harus menyediakan kotak P3K yang berisikan kapas, obat nyeri, plester, perban, obat merah, dan kasa steril. Jika diperlukan, kotak obat juga dapat anda isi dengan obat-obatan pribadi. So, perlengkapan obat-obatan jangan sampai lupa untuk dibawa kemanapun anda berada.

Tempat Penyimpanan Air Minum

Perlengkapan selanjutnya yang harus dibawa saat terjadi bencana adalah tempat penyimpanan air minum. Tempat penyimpanan air ini sangat penting dibawa kemana-kemana. Saat terjadi bencana, anda tak perlu khawatir akan kehausan sebab anda sudah membawa stok cadangan minuman yang banyak. Jadi untuk berjaga-jaga sebaiknya selalu menyiapkan cadangan air di tempat penyimpanan minuman yang anda miliki. Letakkanlah tempat penyimpanan minuman didekat anda agar anda mudah untuk membawanya kapanpun itu.

Dokumen Penting

Perlengkapan yang perlu dibawa selanjutnya adalah dokumen atau berkas penting seperti ijazah, surat kelahiran, sertifikat tanah, akta keluarga, dokumen asuransi, dan lainnya. Dokumen-dokumen tersebut sangat anda butuhkan kapan saja nantinya. Jadi, siapkanlah dokumen-dokumen penting tersebut dan masukkanlah ke dalam tas ransel yang akan anda bawa.

Itulah beberapa perlengkapan penting yang harus anda bawa saat hal-hal yang tidak diinginkan terjadi dan menerjang secara tiba-tiba. Siapkan perlengkapan-perlengkapan darurat tersebut terlebih dahulu untuk berjaga-jaga! . Jangan terburu-buru panik dan tetap waspada!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top