Keuangan

Perlukah Menggunakan BPJS Kesehatan Plus Asuransi Kesehatan Swasta?

Kesehatan merupakan asset paling berharga dalam hidup anda. Tanpa tubuh yang sehat anda tak bisa beraktivitas seperti biasa. Tak hanya itu waktu anda juga terbuang hanya untuk beristirahat di atas tempat tidur sehingga tak sempat menghabiskan waktu bersama keluarga. Ada beberapa cara yang bisa anda tempuh untuk menjaga kesehatan. Beberapa cara tersebut diantaranya ialah menjaga kebersihan tempat tinggal dan diri sendiri, mengkonsumsi makanan sehat dan berolahraga. Apabila anda merasa tidak enak badan segeralah ke dokter untuk melakukan penyembuhan.

Tidak bisa dipungkiri tak banyak warga Indonesia mampu hidup sehat dan berakhir dengan menderita beberapa penyakit yang mampu membahayakan nyawanya. Hal ini dikarenakan biaya pengobatan yang semakin tinggi setiap tahunnya dan pengguna asuransi kesehatan yang terbatas pada beberapa kalangan saja. Untuk itulah kini hadir pula layanan asuransi kesehatan yang terjangkau dan bisa meringankan biaya berobat yaitu BPJS Kesehatan.

Kelebihan dan Kekurangan BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan merupakan layanan asuransi kesehatan pemerintah yang kini banyak sekali di gunakan oleh masyarakat Indonesia. untuk mensukseskan layanan asuransi kesehatan ini semua perusahaan di Indonesia diwajibkan memberikan fasilitas BPJS Kesehatan untuk pegawai dan keluarganya. Terdapat beberapa kelebihan daro BPJS Kesehatan ini diantaranya ialah sebagai berikut :

  • Memiliki Premi Terjangkau

Keunggulan utama dari BPJS Kesehatan ialah memiliki iuran yang ringan. Untuk layanan kelas  3 BPJS Kesehatan memberikan tarif Rp. 25.500 per orang. Untuk kelas satu ditawarkan Rp.81.000 per orangnya.

  • Menerima Penyakit Bawaan

Keunggulan lainnya dari layanan BPJS Kesehatan ialah menerima klaim penyakit bawaan. BPJS kesehatan memberikan pergantian pengobatan rawat jalan hingga operasi untuk penyakit ringan sampai penyakit berat.

  • Pendaftarannya Mudah dan Tanpa Medical Check Up

Keunggulan lainnya ialah pendaftaran keanggotaan BPJS Kesehatan ini sangat mudah bahkan bisa anda lakukan secara online. Tak hanya itu saja anda juga bisa mendaftar tanpa melakukan medical check up.

  • Dijamin Seumur Hidup Tanpa Pengecualian

Selain itu BPJS Kesehatan juga berani menjamin pesertanya bahkan seumur hidup. Tak ada pengecualian bagi yang mendaftar bahkan warga negara asing yang tinggal di Indonesia juga bisa ikut mendaftarkan diri.

Biarpun begitu BPJS Kesehatan juga memiliki beberapa kelemahan. Kelemahan pertama ialah anda harus sabar ngantri untuk mendapatkan surat rujukan. Metodenya juga berjenjang mulai dari faskes pertama lalu dirujuk faskes selanjutnya.

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Swasta

Sebelum ada BPJS Kesehatan asuransi swasta lebih dahulu ada. Beberapa kelebihan dari asuransi milik swasta ini bisa anda simak sebagai berikut :

  • Dapat Digunakan Di Seluruh Rumah Sakit Tanah Air

Keunggulan dari asuransi swasta ini ialah bisa anda gunakan di seluruh rumah sakit di tanah air baik milik swasta maupun pemerintah.

  • Layanan Lebih Cepat

Layanan asuransi swasta bisa dibilang lebih cepat karena pasien bisa langsung ke rumah sakit tanpa harus meminta rujukan.

  • Mengakui Double Claim

Keunggulan lainnya dari asuransi swasta ialah mengakui double claim. Jadi jika suatu hari anda sakit dan yang membayarkan tagihan pengobatan asuransi kantor maka anda tetap bisa mngklaim ke perusahaan asuransi tersebut

Asuransi swasta juga memiliki beberapa kekurangan seperti besaran premi yang cukup tinggi. Terdapat pula batas limit biaya pengobatan yang bisa ditanggung oleh pihak asuransi swasta. Asuransi swasta juga tidak mengakui penyakit bawaan.

Ada baiknya jika anda melakukan double proteksi terhadap kesehatan anda dengan menggunakan dua asuransi kesehatan. Hal ini bisa membantu anda dalam menutupi setiap kekurangan dari masing-masing asuransi tersebut.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top