Keuangan

Plus Minus Menabung Di Bank

Plus Minus Menabung Di Bank – Bank merupakan lembaga keuangan yang banyak ditemukan di daerah perkotaan hingga pedesaan. Perannya tidak hanya sebagai penyalur dana ke masyarakat dalam bentuk kredit namun juga menghimpun dana dalam bentuk tabungan. Menabung di bank tentu dianggap lebih aman ketimbang menyimpan di rumah.  Selain aman terdapat kelebihan dan kekurangan dari menabung dibank yang perlu anda ketahui sebagai berikut ini:

Kelebihan Yang Didapat Jika Anda Menabung Di Bank

  • Bunga bank

Tidak bisa dipungkiri bila bunga bank merupakan salah satu poin yang menarik dari sisi nasabah. Bunga yang ditawarkan baik bank swasta maupun negeri berbeda – beda satu dengan lainnya. Semakin banyak anda menabung di bank maka semakin banyak pula bunga bank yang akan anda dapat.

  • Memudahkan bertransaksi

Tabungan juga sangat dibutuhkan untuk memudahkan transaksi bisnis anda seperti transfer atau pembayaran tagihan bulanan contohnya saja tagihan listrik, telepon atau asuransi. Adanya ATM juga sangat membantu dalam melakukan pembayaran tagihan bulanan tersebut.

  • Sebagai dana darurat

Tabungan juga bisa dijadikan dana darurat yang bisa anda ambil kapan pun dan dimanapun terlebih jika memiliki ATM. Anda juga bisa melakukan investasi dengan tabungan anda melalui deposito berjangka yang ditawarkan oleh bank.

  • Syarat dari visa

Bagi anda yang suka traveling adanya tabungan juga ikut andil dalam memperoleh visa saat hendak bepergian ke luar negeri untuk tujuan pribadi maupun bisnis. Terlebih untuk negara maju seperti di benua Eropa dalam pengajuan visa Schengen dibutuhkan lampiran rekening koran tabungan anda 3 bulan terakhir.

  • Modal dasar untuk mendapatkan kartu kredit

Tabungan juga dipakai untuk syarat memperoleh kartu kredit. Anda tidak bisa mendapatkan kartu kredit jika tidak memiliki tabungan pada bank penerbit kartu kredit tersebut. Adanya tabungan juga memberikan kesempatan bagi anda untuk menikmati fitur – fitur yang diberikan oleh bank yang anda pilih. Biasanya beberapa bank tertentu mengadakan undian berhadiah atau event – event tertentu untuk menarik nasabah.

Kekurangan menabung di bank

  • Tidak berkembang

Dengan menyimpan dana di bank tentu anda merasa lebih aman sayangnya uang anda tidak berkembang. Alangkah baiknya bila uang anda ada yang didistribusikan untuk usaha sehingga uang akan berkembang dan bertambah.

  • Biaya administrasi yang dibebankan

Selain bunga ternyata bank juga memberikan biaya administrasi setiap bulan yang dipotong dari tabungan anda. Apabila anda tak sering menabung biaya administrasi tersebut akan terus dibebankan sehingga lambat laun tabungan tersebut akan berkurang nilainya.

  • Keterbatasan dana yang diambil

Menggunakan ATM memang sangat mudah dan cepat namun ada batasan nominal uang yang bisa anda ambil lewat ATM tersebut. ada ATM yang hanya bisa diambil maksimal 5 juta rupiah per hari atau kurang dari 10 juta rupiah untuk jenis ATM tertentu.

  • Sasaran penipuan

Biarpun aman namun nasabah kerap dijadikan sasaran penipuan oleh oknum – oknum yang tak bertanggung jawab. Penipuan terkait bank ini beragam mulai dari membobol ATM dengan menggunakan alat yang diletakkan di mesin ATM hingga melaui transaksi abal – abal di Internet. Oleh sebab itu anda perlu lebih selektif dan berhati – hati terkait menjaga kerahasiaan nomor pin ATM dan rekening anda.

Selain itu anda juga perlu memeriksa apakah bank – bank yang anda tunjuk sudah dalam daftar pengawasan otoritas jasa keuangan atau belum. Hal ini untuk menjaga likuiditas dari bank dan menjamin uang  yang  dihimpun dari bank tersebut.

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: