Tips

Potensi Apa yang Anda Miliki? Yuk, Kenali dengan 5 Cara Ini!

Tidak semua orang dapat memahami dirinya dengan baik mulai dari sikap, karakter, hingga potensi yang ada di dalam dirinya sendiri. Karena tidak mengenali jati diri yang sebenarnya, Anda pun tidak dapat menggali lebih dalam apa saja kelebihan yang dimiliki sehingga kelebihan tersebut tidak muncul kepermukaan. Apalagi saat ada orang lain yang bertanya mengenai potensi diri, namun Anda tidak bisa menjawabnya. Padahal jawaban tersebut penting bagi keberlangsungan karir Anda, sewaktu wawancara kerja misalnya. Nah jika Anda sendiri tidak bisa mengenali diri sendiri, maka besar kemungkinan Anda tidak bisa mengembangkan potensi diri untuk mencapai segala tujuan hidup atau karir. Maka dari itu, yuk kenali potensi diri Anda dengan 5 cara berikut ini.

  1. Cobalah untuk Meluangkan Waktu Selama 15 Menit Setiap Hari

Untuk mengenali siapa diri Anda sebenarnya dan mengetahui potensi apa yang dimiliki, cobalah untuk meluangkan waktu selama 15 menit setiap harinya. Renungkan dan tanyakan dalam hati mengenai kelebihan dan kekurangan yang ada dalam diri, selanjutnya tulis dengan membuat poin-poinnya agar lebih mudah dipahami. Dari poin-poin tersebut, Anda akan melihat poin mana yang harus dibenahi agar mampu berkembang di masa mendatang. Pergilah ke tempat yang cukup sepi, agar pikiran Anda fokus dan mudah menangkap jawabannya dengan tepat sasaran. Lakukan hal ini secara rutin, sampai Anda mengetahui potensi diri yang sebenarnya.

  1. Lakukan Hal-Hal yang Baru

Melakukan hal-hal yang baru di luar kegiatan sehari-hari memang memiliki risiko yang cukup besar, apalagi kegiatan tersebut di luar kemampuan Anda. Namun, mau sampai kapan Anda berdiam diri dan takut terhadap suatu risiko? Jika terus begini, Anda justru akan sulit berkembang sehingga potensi yang sudah ada malah terkubur dalam-dalam hingga seiring berjalannya waktu menghilang begitu saja. Justru, dengan mencoba hal-hal yang baru Anda dapat mengetahui kemampuan lain disamping bidang yang sedang digeluti saat ini. Dari sini, Anda akan terbantu untuk mengenali siapa diri Anda sebenarnya dan mengetahui potensi apa yang Anda miliki secara lebih mendalam.

  1. Jangan Ragu Saat Mengambil Keputusan

Jika Anda sudah melakukan kedua cara di atas, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengambil keputusan untuk menggali potensi diri. Segera bertindak, jangan menunda-nunda agar waktu yang dimiliki menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dan tidak terbuang sia-sia, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Namun jika keputusan yang sudah diambil ternyata belum membuahkan hasil, sebaiknya jangan menyerah begitu saja. Sebab, menggali potensi diri memang tidak mudah dilakukan dalam waktu yang singkat. Jadi, tetaplah mencoba sampai Anda menemukan apa potensi diri yang sebenarnya.

  1. Ikuti Workshop, Seminar dan Kegiatan Positif Lainnya

Kesuksesan tidak terlepas dari sebuah keberuntungan, namun jika Anda ingin maju sebaiknya jangan terlalu mengharapkan hoki karena tidak ada yang tahu kapan keberuntungan itu terjadi. Daripada Anda menunggu keberuntungan yang belum tentu terjadi, lebih baik ikuti kegiatan yang dapat mengembangkan potensi diri seperti mengikuti workshop, seminar, pelatihan atau acara motivasi. Pasalnya, memperoleh kesuksesan dari kerja keras sendiri akan terasa lebih membanggakan. Bahkan dalan prosesnya, Anda bisa mempelajari banyak hal yang berguna untuk meningkatkan potensi diri yang lebih baik.

  1. Tetapkan Tujuan dan Pertahakan Komitmen Anda

Dengan memiliki tujuan, Anda akan lebih bersemangat dalam menggapai keinginan. Begitupula dengan potensi diri, Anda harus bisa menentukan tujuan dari potensi yang dimiliki. Tidak perlu tujuan yang besar untuk menuai hasil maksimal, dengan tujuan yang kecil pun dapat menuntun Anda dalam mewujudkan impian atau keinginan asalkan Anda memiliki gambaran yang jelas untuk melakukannya. Selain itu, Anda juga perlu membuat komitmen yang kuat dalam menggapai tujuan. Usahakan agar Anda tetap bergairah, semangat dalam menjalani hidup sehingga komitmen yang sudah ditetapkan tidak hilang begitu saja. Untuk tetap berkomitmen dalam menggapai tujuan tersebut, Anda bisa mencari orang lain yang dapat mengingatkan setiap harinya.

Bagaimana? Jika Anda sudah berniat untuk mengetahui dan mengembangkan potensi diri, maka segera praktikkan ke-5 cara di atas untuk mempercepat dan mempermudah prosesnya. Sekian, semoga artikel ini bermanfaat!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top