Lainnya

Punya Banyak Karyawan Milenial? Coba Hadirkan Kantor yang Menyenangkan dengan 4 Kriteria Ini

kantor-pekerja-milenial

Perusahaan di masa sekarang memang akan banyak diserbu oleh lulusan dari kalangan milenial. Kehadiran kalangan milenial ini memang tak bisa dielakkan lagi karena tenaga lama sudah banyak yang pensiun karena termakan usia. Maka dari itu karyawan milenial dengan tenaga yang lebih fresh membuat perusahaan mau tak mau harus menerima mereka. Pekerja milenial memang memiliki banyak perbedan dari pekerja lama. Selain pola pikir, karakter yang lebih bebas menjadikan pekerja milenial perlu Anda tangani dengan cara berbeda atau khusus. Salah satu bentuk penanganan terhadap karyawan milenial adalah dengan menghadirkan kantor yang lebih menyenangkan. Lalu seperti apakah kantor yang menyenangkan tersebut? Berikut beberapa kriteria kantor yang menyenangkan yang banyak disukai oleh para pekerja milenial.

  1. Lingkungan dan Budaya Kerja yang Menyenangkan

Pertama, kriteria kantor yang didamba oleh karyawan milenial adalah kantor dengan lingkungan dan budaya kerja yang menyenangkan. Pekerja milenial memang merupakan orang dengan memiliki karakter yang selalu gembira dan ceria. Dari sinilah maka Anda sebagai owner perusahaan harus mampu menyediakan kantor yang menyenangkan. Kantor yang menyenangkan sendiri bukan hanya terlihat dari fasilitasnya saja, tapi kantor yang menyenangkan lebih bisa terlihat dari lingkungan dan budaya kerjanya yang menyenangkan. Memang terbilang percuma bila Anda hanya menghadirkan fasilitas yang mumpuni tanpa lingkungan yang mendukung. Sebab, para pekerja milenial lebih membutuhkan lingkungan dan budaya kerja yang menyenangkan dibanding fasilitas. Lingkungan dan budaya kerja menyenangkan sendiri bisa terlihat dari beberapa hal seperti hubungan antar karyawan yang baik, komunikasi yang mumpuni atau juga teamwork yang baik.

  1. Jam Kerja yang Lebih Fleksibel

Berikutnya, kantor yang didamba oleh karyawan milenial yaitu kantor yang memiliki jam kerja yang fleksibel. Seperti disebutkan sebelumnya bahwa para pekerja milenial memang memiliki sifat yang ingin lebih bebas. Nah dari sinilah mereka kalangan milenial lebih menyukai kantor yang memiliki jam kerja fleksibel. Jam kerja fleksibel sendiri bukan berarti Anda harus membuat karyawan bekerja tanpa ada aturan. Tapi jam kerja fleksibel di sini maksudnya adalah Anda tidak harus membuat jam kerja seperti pada kantor-kantor konvensional  yakni dari jam 8 pagi dan pulang jam 5 sore. Jadi biarkan saja mereka datang jam berapa saja asalkan mereka bekerja selama 9 jam. Dengan jam kerja fleksibel seperti ini maka para pekerja milenial di kantor Anda akan jadi lebih senang.

  1. Akses Informasi yang Mudah

Dengan beragam perangkat komunikasi yang semakin beragam dan canggih, tentu akses informasi seharusnya bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Kalangan milenial yang hidup di zaman di mana arus informasi dan komunikasi yang sangat cepat membuat mereka juga mendamba kantor yang memiliki akses informasi yang mudah. Nah dari sinilah Anda sebagai pemilik perusahaan yang ingin membuat karyawan milenial betah harus membuat akses informasi yang cepat dan mudah. Untuk membuat akses informasi seperti yang dihadapkan para pekerja milenial ini sebenarnya tidak terlalu susah. Ini karena ada banyak media yang bisa Anda gunakan seperti media sosial, aplikasi pesan instan dan lainnya.

  1. Fasilitas yang Mumpuni dan Memadai

Terakhir, kriteria kantor yang menjadi dambaan para pekerja milenial adalah yang memiliki fasilitas mumpuni dan memadai. Kriteria kantor yang seperti ini memang menjadi dambaan setiap pekerja, termasuk para pekerja milenial. Dengan adanya fasilitas kantor yang mumpuni dan memadai maka akan membuat pekerja milenial bisa bekerja dengan perasaan gembira dan menyenangkan. Menghadirkan fasilitas kantor yang memadai sebenarnya tidak akan membuat Anda rugi. Pasalnya, dari fasilitas kantor yang memadai ini maka akan membuat para pekerja bisa bekerja dengan optimal. Saat pekerja milenial bisa bekerja dengan tingkat produktivitas yang mumpuni maka hasilnya nantinya juga akan kembali kepada Anda dan perusahaan.

Demikianlah beberapa kriteria kantor menyenangkan yang didamba oleh para pekerja milenial. Nah, Anda sebagai business owner yang ingin para pekerja milenial di kantor bisa betah dan produktif maka menghadirkan kantor sesuai kriteria yang didamba mereka dapat Anda terapkan. Anda memang tak bisa mengelak dengan kehadirkan para pekerja milenial ini karena zaman yang sudah berganti. Maka menyesuaikan diri dengan zaman yang telah dipenuhi oleh pekerja milenial merupakan solusi yang mau tak mau diambil oleh para pebisnis atau pengusaha.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top