Keuangan

Punya Hutang Banyak? Coba Bayar Dengan Cara Berikut Ini!

Hutang menjadi salah satu jalan beberapa orang untuk mendapatkan modal usaha. Sebagian orang berhutang untuk menambah dana dalam mencukupi kebutuhannya. Mendapatkan dana cepat dengan cara ini tidaklah salah namun penting untuk diingat bahwa hutang memiliki resiko yang tinggi. Sifatnya mengikat bahkan setelah anda meninggal dunia. Untuk itulah jika memungkinan disarankan untuk segera melunasi hutang anda sebelum jatuh tempo. Kini permasalahannya bagaimana anda membayar hutang jika bisnis yang anda jalankan masih dalam hitungan minggu atau bulan.

Sebenarnya untuk membayar hutang anda bisa dilakukan tanpa harus menunggu BEP atau balik modal. Berikut beberapa cara untuk membayar hutang yang bisa anda jadikan pilihan:

  • Gadai

“ Mengatasi masalah tanpa masalah” begitu bunyi slogan penggadaian yang cukup dikenal masyarakat Indonesia. Nyatanya gadai mampu menjadi salah satu solusi untuk membayar hutang anda.  Barang yang bisa anda gadai juga beragam mulai dari perhiasan, kendaraan hingga barang elektronik.  Cicilan gadai tergolong lebih panjang ketimbang anda kredit di bank. Selain itu keuntungan gadai lainnya ialah dana yang dikucurkan sesuai barang yang dijaminkan serta proses transaksi yag lebih cepat.

  • Pemutihan Pinjaman

Untuk membayar hutang anda juga bisa meminta pemutihan pinjaman. Pemutihan pinjaman ini juga pernah dilakukan sebuah negara seperti Finlandia, Jerman dan masih banyak lagi lainnya pasca perang dunia.  Untuk membayar hutang kepada sanak keluarga misalnya anda bisa memberikan kursus geratis sebagai penggantian hutang anda.

  • Tabungan

Cara ketiga ialah dengan menggunakan tabungan anda. Jika tabungan anda tidak cukup coba tambahkan dengan tabungan milik istri anda dan sisakan beberapa untuk dana darurat. Membayar hutang dengan menggunakan tabungan sendiri kecil resikonya.  Tak ada salahnya jika membayar hutang dengan menggunakan investasi anda. Anda bisa memakai uang deposito maupun reksadana demi mencicil hutang anda yang mungkin akan memasuki jatuh tempo.

  • Taubat dari Kebiasaan Foya – Foya

Dari semua cara diatas, poin inilah yang patut anda lakukan agar tidak terlilit hutang seumur hidup anda. Bertaubatlah dari kebiasaan boros dan berfoya-foya. Kalau perlu gunting kartu kredit anda agar kebiasaan buruk ini tidak mendarah daging.  Upayakan untuk lebih sering menggunakan uang tunai atau e-money yang memiliki saldo terbatas.

  • Cari Pekerjaan Tambahan

Memiliki hutang  tentu membuat anda memilkul tanggung jawab yang besar pula. Selain harus membayar kebutuhan sehari – hari anda masih diharuskan mencicil hutang anda. Tentu anda tak bisa berdiam diri saja untuk menutupi biaya tersebut.  Carilah pekerjaan tambahan selain pekerjaan utama anda saat ini. pekerjaan sampingan ini bisa saja dengan melakukan bisnis online seperti reseller, content writer, freelance programmer dan lain sebagainya.

  • Asuransi  atau Warisan

Untuk membayar hutang anda juga bisa menggunakan asuransi atau warisan dari pemilik hutang itu sendiri.  Asuransi memang menjadi salah satu pilihan produk yang cukup digemari masyarakat Indonesia khususnya kalangan menengah keatas.  Jenis asuransi yang paling diminati diantaranya ialah asuransi kendaraan, jiwa atau pendidikan. Warisan juga menjadi salah satu opsi jika memang anda memilikinya.

Ketika anda memiliki hutang maka langkah awal yang perlu dilakukan ialah tunda mengambil kredit lainnya. Upayakan untuk melunasi satu hutang terlebih dahulu dan berilah jeda setelahnya agar tidak menjadi kebiasaan. Ketika anda mengambil pinjaman juga perlu memeriksa tenor pinjaman beserta bunga yang melekat padanya apabila ada.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: