Lainnya

Punya Kantor yang Toxic? Begini Cara Hadapinya!

kantor-toxic

Bekerja di kantor merupakan salah satu pilihan profesi yang dijalankan seseorang. Dengan adanya ragam orang-orang dan karakternya yang ada di kantor, membuat muncul istilah kantor toxic. Kantor toxic sendiri adalah kantor yang tidak ideal karena ada beragam hal yang membuat karyawan menjadi tak karuan. Sebut saja kondisi kelelahan yang berlebih, depresi, bullying, tidak saling menghargai merupakan beberapa dampak yang bisa dialami karyawan dari keberadaan kantor toxic. Tentu saja keadaan kantor seperti ini tidaklah baik. Sebab selain dapat mengganggu psikologi karyawan, keadaan kantor toxic semacam ini bisa menimbulkan sesuatu yang tidak sehat dilingkungan kerja. Tapi bila Anda tidak bisa mengelak dan keluar dari kantor toxic ini maka Anda harus punya strategi untuk menghadapainya. Nah berikut ini adalah beberapa cara dan strategi untuk menghadapi kantor yang toxic tersebut.

Sebelum Bekerja

  1. Jangan cek email sebelum kerja

Cara pertama hadapi kantor toxic adalah dengan tidak mengecek email sebelum memulai pekerjaan. Karena Anda sudah memiliki pikiran negatif berkaitan dengan pekerjaan, maka bila Anda melakukan pengecekan email sebelum bekerja, akan membuat pikiran Anda habis dengan hal-hal yang negatif tersebut. Jadi sebelum bekerja cobalah untuk tidak membuka email dan melakukan hal-hal lain yang bisa membuat Anda lebih bersemangat serta berpikiran positif.

  1. Awali hari dengan mengingat kemenangan kecil

Anda yang punya kenangan pada sebuah kemenangan sekecil apapun itu, cobalah untuk memutar kembali sebelum mengawali bekerja di kantor toxic. Dengan mengingat kemenangan kecil tadi maka akan membuat pikiran Anda lebih positif dan membuat Anda lebih bersemangat menjalani hari-hari di kantor.

  1. Buat daftar syukur

Usaha untuk memunculkan pikiran positif di awal sebelum berangkat ke kantor toxic lainnya bisa Anda lakukan dengan membuat daftar syukur. Daftar syukur yang Anda susun dan ditulis ini akan membuat pikiran Anda akan terhindar dari pikiran negatif mengenai pekerjaan di kantor yang toxic tersebut.

Ketika Bekerja

  1. Jauhi rekan kerja yang membuat konflik

Saat berada di kantor, Anda bisa menjalankan strategi menjauhi rekan kerja yang seringkali membuat konflik. Rekan kerja yang sering membuat konflik di kantor toxic ini memang akan bisa membuat Anda menjadi pribadi yang buruk dan bahkan akan membawa Anda pada hal-hal negatif bila selalu mendekatinya.

  1. Cari teman yang Saling Mendukung dan Berbagi

Di kantor toxic sekalipun tidak semua rekan kerja yang ada berkarakter buruk. Di sana pasti ada beberapa orang yang memiliki karakter saling mendukung dan berbagi. Nah dari sinilah Anda yang ingin selalu mendapat hal baik di kantor toxic, Anda harus mencari teman yang saling mendukung dan berbagi.

  1. Tingkatkan kualitas diri

Untuk menghadapi orang-orang dengan karakter negatif di kantor toxic ini memang dibutuhkan sikap yang berkualitas. Maka dari itu untuk mencapai sikap berkualitas, Anda harus mampu terus meningkatkan kualitas diri dengan cara terus belajar dan mempelajari hal-hal baru yang bermanfaat.

  1. Belajar mengganti cara berpikir

Anda tidak bisa melawan hal-hal negatif dengan sesuatu yang negatif pula. Maka untuk bisa menghadapi kantor yang toxic ini, Anda harus bisa belajar mengganti cara berpikir. Jadi bila Anda berhadapan dengan sesuatu yang negatif, ubahlah cara pandang Anda dengan hal positif. Untuk melakukan ini memang tidak mudah, tapi dengan tarikan nafas yang panjang sebelum melakukannya, niscaya Anda akan bisa menerapkannya.

  1. Ciptakan ruang kerja yang positif

Ruang kerja ternyata punya pengaruh yang besar terhadap cara pandang Anda di kantor toxic. Semakin baik dan positif ruang kerja Anda maka akan semakin mendukung Anda untuk bisa menaklukkan kantor yang toxic.

Usai Bekerja

  1. Ciptakan jarak dari pekerjaan

Selepas kerja, Anda juga perlu melakukan strategi untuk hadapi kantor yang toxic dengan cara menciptakan jarak dari pekerjaan. Jadi jika sudah selesai bekerja, pastikan Anda melakukan hal-hal yang menyenangkan dan Anda sukai seperti menjalankan hobi atau bermain game yang bisa membuat Anda berjarak dengan pekerjaan.

  1. Berlatih menghilangkan stress dengan sehat

Selain membuat jarak yang jauh dari pekerjaan, Anda juga perlu berlatih menghilangkan stress dengan sehat. Stress di kantor yang toxic memang harus segera dihilangkan dengan hal-hal yang sehat seperti yoga, olahraga atau juga dengan berlibur jika sudah mengalami kepenatan yang serius.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top