Lainnya

Punya Karyawan yang Lebih Tua di Kantor? Inilah Tips Kepemimpinan yang Perlu Anda Jalankan

karyawan-lebih-tua

Menjadi owner bisnis memang akan sekaligus dan otomatis membuat Anda juga menjadi pemimpin. Nah ketika menjadi pemimpin bisnis, maka Anda perlu memperlihatkan karakter yang mencerminkan seorang pemimpin yang sesungguhnya. Tapi beberapa pemimpin bisnis yang ada seringkali merasa kesulitan saat dirinya berhadapan dengan karyawan yang usianya lebih tua. Merasa menjadi pemimpin, tapi dengan usia yang lebih muda mereka tak jarang binggung untuk bersikap. Bila Anda adalah salah seorang pemimpin bisnis mengalami problem seperti yang disebutkan, maka Anda harus membaca dengan baik-baik tips yang ada berikut ini

  1. Bersikaplah Sebagai Pemimpin Meski Anda Lebih Muda

Pertama, tips kepemimpinan yang harus Anda jalankan saat memiliki karyawan yang lebih tua yakni tetap bersikap sebagai pemimpin. Jadi tak perlu ragu atau binggung karena usia Anda yang lebih muda dan harus memimpin orang-orang yang lebih tua. Sebab, perusahaan mau tak mau dan suks tak suka memang membutuhkan kepemimpinan agar bisnis bisa berjalan. Karyawan yang usianya lebih tua dari Anda tentu juga akan mengerti dan paham bahwa Anda adalah seorang owner bisnis yang juga menjadi seorang pemimpin. Jadi Anda tak perlu sungkan untuk menjalankan posisi Anda sebagai pemimpin bisnis.

  1. Memperlakukan Semua Karyawan dengan Sama

Sebagai pemimpin bisnis, maka Anda memang dituntut untuk bersikap adil. Dengan keadilan yang Anda hadirkan maka Anda akan bisa dianggap sebagai pemimpin sejati. Karena Anda dituntut untuk menjadi pemimpin yang adil maka Anda harus bisa memperlakukan semua karyawan dengan bentuk perlakuan yang sama. Tidak peduli itu karyawan yang usianya lebih tua dari Anda. Anda harus tetap memperlakukan mereka dengan perlakukan yang sama. Tapi bila Anda lantas memperlakukan karyawan yang lebih tua ini dengan perlakukan yang berbeda maka karyawan lain yang melihatnya bisa saja kemudian menjadi tidak respect pada Anda.

  1. Sediakan Waktu untuk Menjadi Pendengar yang Baik

Sebagai pemimpin Anda memang harus bisa menjadi pendengar yang baik bagi karyawan-karyawan Anda. Apalagi bila Anda memimpin karyawan yang usianya lebih tua, maka Anda harus bisa lebih mendengarkan mereka. Bukan hanya ketika mereka sedang ingin membicarakan sesuatu pada Anda . Pada perbincangan biasa saja, Anda pun perlu lebih mendengarkan mereka. Ini karena bisa saja dari perbincangan biasa dengan karyawan yang lebih tua, Anda mendapatkan beberapa pelajaran hidup yang lebih bermakna.

  1. Singkirkan Ego dalam Menunjukkan Kemampuan

Selanjutnya, tips kepemimpinan yang harus Anda jalankan ketika mendapati karyawan yang lebih tua yakni dengan menyingkirkan ego dalam menunjukkan kemampuan. Meskipun Anda adalah seorang pemimpin perusahaan, Anda memang tidak bisa seenaknya bersikap. Dengan besarnya kekuasaan yang Anda miliki, bukan berarti Anda bisa berbuat sesukanya dengan mengedepankan ego. Alih-alih mengedepankan ego, dalam menghadapi karyawan, terutama karyawan yang usianya lebih tua, Anda harus bisa menyingkirkan ego untuk bisa lebih menghormati mereka. Tapi bila Anda lebih mengedepankan ego maka Anda akan dianggap sebagai pemimpin bisnis yang egois.

  1. Tegur Secara Empat Mata Jika Karyawan Bersalah

Terakhir, tips kepemimpinan yang perlu Anda jalankan dengan karyawan yang usianya lebih tua adalah dengan menegur secara empat mata ketika karyawan bersalah. Ketika karyawan yang lebih tua usianya berbuat kesalahan maka Anda sebagai pemimpin tidak boleh harus menegur secara langsung di depan umum. Bila Anda melakukannya maka hal ini bisa membuat citra Anda sebagai owner dan pemimpin bisnis di depan karyawan bisa menurun. Maka dari itu agar citra Anda sebagai pemimpin bisnis tetap baik, maka ketika karyawan dengan usia yang lebih tua berbuat salah, maka Anda harus menegurnya secara empat mata. Tidak hanya menegurnya secara empat mata, tapi ketika akan menegurnya, Anda harus memperhatikan tempat. Jangan sampai Anda menegurnya di tempat umum, tapi tegurlah mereka di tempat khusus yang tidak bisa didengar dan dilihat oleh karyawan lainya.

Itulah beberapa tips kepemimpinan yang bisa Anda jalankan ketika Anda memiliki karyawan yang lebih tua di kantor. Dengan menjalankan beberapa tips tadi maka Anda tak perlu ragu atau binggung lagi untuk menjadi pemimpin bisnis di perusahaan.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top