Peluang Usaha

Punya Lahan Minim, Peluang Usaha Ini Boleh Dicoba!!

peluang usaha untuk lahan minim

Punya Lahan Minim, Peluang Usaha Ini Boleh Dicoba!! – Ada banyak cara dan peluang yang bisa anda lakukan dan manfaatkan untuk memulai sebuah bisnis. Meskipun mungkin dalam memulainya anda akan menemui banyak kendala, namun agaknya hal ini bukanlah alasan utama, karena segala sesuatu jika sudah diniatkan tidak ada yang tidak bisa dilakukan, begitupula dalam berbisnis.

peluang usaha untuk lahan minim

Untuk bisa memulai bisnis dengan mudah, pastikan anda memilih bisnis sesuai dengan minat, kemampuan bidang, serta kemampuan keuangan yang sesuai. Jika anda belum memiliki modal yang cukup, tidak masalah, anda bisa memulainya dalam skala kecil terlebih dahulu. Baru jika modal terasa cukup, anda bisa membuka bisnis dengan skala lebih besar atau membuka cabang.

Tidak ketinggalan pula, ketika anda berencana membuka usaha pastikan anda memiliki lokasi usaha yang sesuai. Bagaimanapun setiap usaha pasti memerlukan lokasi untuk menjalankannya, baik usaha kuliner, toko klontong, pertanian, peternakan, fashion, dan lain sebagainya. Lalu bagaimana jika permasalahannya terletak pada ukuran lahan yang anda miliki, kira-kira usaha apa yang cocok untuk dicoba ?

Seperti yang telah dituliskan diatas, jika seberapa besar kendala yang anda temui dalam membuka usaha bisnis jangan jadikan ini sebagai hambatan, namun jadikan ini sebagai sesuatu yang mungkin akan memberikan keuntungan tersendiri jika anda jeli. Nah, berikut beberapa peluang usaha yang bisa anda coba dengan memanfaatkan laha sempit.

  1. Toko Ice Cream ataupun Kafe

Lahan sempit bisa berarti luas, bisa lahan luas tanah ataupun lahan luas bangunan. Apapun itu, nyatanya keduanya tidak akan menghalangi anda dalam membuka bisnis. Jika sekarang yang anda alami adalah lahan sempit dalam bentuk bangunan anda bisa mensiasati dengan membuka cafe.

Seperti yang kita lihat sekarang ini, banyak café-café ataupun penjual ice cream yang memiliki lokasi bangunan sangat minim. Untuk mensiasati, biasanya mereka membuka dua lantai, dengan tempat duduk dibuat seminim mungkin, namun tetap terlihat klasik dan kekinian. Jika anda bisa membuat sedemikian rupa, dijamin café ataupun toko ice cream anda pasti akan banyak diminati pengunjung.

  1. Cuci Motor

Nah, untuk bisnis yang satu ini anda juga tidak perlu menyiapkan lahan yang terlalu luas, asalkan tempat pembuangan air sudah tersedia bisnis cuci motor bisa anda jalankan secara mudah. Meskipun bisnis ini terkesan biasa saja, namun diharapkan anda tidak meremehkan bisnic cuci motor, karena di beberapa tempat bisnis ini terbukti memberikan omset yang lumayan.

  1. Membuka Usaha Jahit Baju

Membuka usaha sesuai dengan minat dan kemampuan tentu akan memberikan kepuasan dan kesenangan tersendiri, begitupula jika anda memutuskan membuka usaha jahit baju. Usaha ini memang tidak memakan lokasi yang terlalu luas, karena anda masih bisa menjalankan usaha ini dengan memanfaatkan beberapa ruang dirumah. Baru jika usaha anda sudah berkembang, anda bisa membuka usaha lebih besar dengan memperkerjakan karyawaan.

  1. Membuka Lahan Pertanian

Jika beberapa contoh diatas adalah bisnis yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan lahan bangunan minin, kali ini anda tetap bisa melakukan bisnis di lokasi lahan tanah yang minim, yakni dengan membuka pertanian. Umumnya membuka pertanian akan memerlukan lahan berherkat-hektar, namun dengan luas tanah kosong disekitar rumah anda yang lumayan minim, anda masih bisa memanfaatkannya meskipun dalam skala kecil. Beberapa contoh tumbuhan atau sayuran yang bisa anda tanam diantaranya cabe, bayam, kankgkung, terong, tomat, daun bawang, mentimun, ataupun jenis bunga seperti mawar, anggrek dan masih banyak lainnya. Selain itu anda juga bisa mensiasati dengan melakukan sistem tanam hidroponik.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: