Tips

Punya Modal Rumah, Bisa Menghasilkan Banyak Uang? Sulap Saja Rumah Anda Menjadi Kos-Kosan yang Beromzet Besar!

Anda mempunyai rumah cukup luas, namun tidak terpakai dan nganggur begitu saja? Padahal, ini adalah sebuah keuntungan yang bisa Anda manfaatkan sekaligus menjadi sumber pendapatan lho. Apalagi jika rumah Anda berada di lokasi yang ramai seperti area kampus atau dekat dengan tempat bisnis, pasti akan semakin menguntungkan lagi. Bagaimana caranya? Sulap saja rumah tersebut menjadi kos-kosan untuk mahasiswa ataupun karyawan. Pasalnya, satu kamar saja bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah hanya dalam waktu sebulan atau bahkan setahun. Namun untuk mewujudkan keinginan ini Anda perlu tambahan perjuangan, terlebih jika rumah Anda membutuhkan dana untuk direnovasi kembali agar menjadi lebih baik. Apabila Anda tertarik untuk menyulap rumah menjadi kos-kosan yang beromzet besar tersebut, maka ikuti saja tipsnya berikut ini.

  1. Menentukan Pangsa Pasar yang Tepat

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum menyulap rumah menjadi kos-kosan adalah menentukan pangsa pasar. Pangsa pasar yang dimaksud, yaitu membuat analisis sasaran yang akan dibidik untuk mengisi kamar kos. Apabila rumah Anda dekat dengan kampus, maka mahasiswa bisa menjadi targetan. Biasanya, para mahasiswa yang ingin mengekos tidak terlalu menuntut fasilitas dan yang paling penting bagi mereka adalah tempatnya nyaman dan  harga terjangkau. Beda halnya jika Anda menargetkan karyawan, rumah kos mesti rapi dan terlihat elegan. Selain itu, Anda bisa menyediakan layanan laundry untuk para pekerja karyawan tersebut yang tentunya dengan memasang tarif. Meskipun semua ini akan membutuhkan dana besar, akan tetapi potensi untuk mendapatkan keuntungan juga semakin besar.

  1. Melakukan Renovasi Secara Maksimal

Selanjutnya, Anda harus melakukan renovasi secara maksimal. Layaknya seperti kos-kosan, rumah Anda mesti mempunyai banyak kamar. Semakin banyak kamar di dalam rumah tersebut, maka akan semakin besar pula keuntungan yang didapatkan. Oleh karena itu, apabila rumah Anda cukup besar namun tidak memiliki banyak kamar maka sebaiknya lakukan renovasi dengan semaksimal mungkin. Sebab jika tidak dilakukan dengan maksimal, bisa-bisa Anda malah menanggung kerugian. Contohnya, Anda merenovasi kamar dengan material seadanya. Apabila hujan tiba, catnya malah terkelupas dan eternitnya pun bocor. Dari sini, akibatnya Anda harus mengeluarkan uang lagi untuk memperbaiki ulang. Nah, dengan demikian renovasi haruslah dilakukan dengan semaksimal mungkin untuk menghindari kerugian yang akan terjadi dikemudian hari. Merenovasi memang akan membutuhkan biaya yang besar, akan tetapi kurangnya biaya bisa lakukan dengan mencari pinjaman atau melalui kredit multiguna. Jika memang diperlukan dana pinjaman, maka sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu bunga dan kondisi keuangan Anda. Apakah Anda akan mampu membayar angsuran setiap bulannya nanti?

  1. Merancang Interior Kamar Sebaik Mungkin

Saat merancang interior kamar, perhatikanlah sirkulasi udara yang bagus. Tidak hanya akan membuat nyaman, namun juga akan menjadi nilai jual bagi kamar kos-kosan Anda. Agar menjadi lebih bagus, sesuaikan interior kamar tersebut dengan pangsa pasar dan ciptakan juga suasana yang hangat agar para penyewa merasa betah untuk tinggal berlama-lama. Dengan adanya penyewa yang betah, maka Anda tidak perlu cape mencari calon penyewa baru. Untuk desain interiornya sendiri, usahakan pengambilan warna yang netral dan paling banyak orang sukai seperti warna putih.

  1. Buatlah Promosi

Setelah kos-kosan Anda sudah siap, berikutnya melangkah ke dalam bisnis yaitu melakukan promosi. Jika ingin kos-kosan Anda banyak diketahui oleh banyak orang, maka sebaiknya diiklankan dengan sekreatif mungkin. Menempelkan brosur atau spanduk saja itu sudah biasa, beda halnya dengan mempromosikan lewat media sosial atau online. Apalagi, saat ini di Indonesia sudah banyak situs e-commerce atau situs jual beli. Dari sini, Anda tinggal memilih situs mana yang cocok dan pas untuk mempromosikan kos-kosan Anda tersebut.Tidak hanya itu, Anda juga bisa memanfaatkan situs pencari kos untuk promosi. Karena, beberapa situs pencari kos seperti ini juga menawarkan forum agar lebih mudah berkomunikasi dengan calon penyewa.

Itu dia tips menyulap rumah menjadi kos-kosan yang beromzet besar. Daripada rumah Anda terbengkalai dan tidak ada penghuninya, lebih baik manfaatkan sebagai sumber pendapatan. Apalagi jika rumah Anda berada di lokasi yang strategis, pasti akan semakin menguntungkan. Dari sini, Anda tinggal berusaha dan bekerja keras untuk menarik minat banyak orang agar menyewa di kos-kosan hingga mereka merasa betah dan nyaman untuk tinggal lebih lama.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top