Bisnis Online

Raup Dollar Dari Jual Beli Domain

Raup Dollar Dari Jual Beli Domain – Anda penggemar blog?  Jika iya pasti sudah tidak asing lagi dengan domain. Domain adalah nama unik untuk mengidentifikasi alamat (IP addreas) server computer seperti web server atau email server yang terdapat pada internet internet. Bagi para blogger domain sangatlah penting, karena dapat memberikan kemudahan kepada pengguna internet untuk melakukan akses ke server dan memudahkan mengingat server yang telah dikunjungi, sehingga meningkatkan pengunjung atau pembaca blog terxebut. Secara umum domain memiliki beberapa level. Diantaranya.

  1. Top level domain

Top level domain dibedakan lagi menjadi dua, yakni global top level domain ynag dimiliki oleh domain dengan nama belakang .com, .net. .org, .gov, .mil, .info, dan beberapa diantaranya. Serta Country Code Top Level Domain yang hanya diperuntukkan oleh beberapa Negara seperti Indonesia dengan kode ID co.id, net.id, or.id, web.id.

  1. Second Level Domain

Second Level Domain adalah nama domain yang secara pribadi telah anda daftarkan sendiri. Seperti misalnya nama domain yang anda miliki adalah blogku.com, maka blogku adalah SLD, sedangkan .comnya adalah TLD.

  1. Third Level Domain

Selanjutnya ada third level domain, yakni sebuah nama yang diletakkan setelah second level domain. Misalnya saja, nama domain yang anda miliki adalah blogku.com, maka anda dapat menambahkan nama lain sebelum blogku, seperti mai.blogku.com atau yang lainnya.

Sebenarnya, untuk membuat sebuah blog dan mendapatkan domain, anda bisa memilikinya secara gratis, namun konsekensinya blog anda akan sepi dari pengunjung. Sedangkan, jika anda memiliki domain berbayar, para pembaca akan mudah menemukan blog anda, karena domain berbayar biasanya memiliki kualitas yang tinggi. Semain tinggi kualitas domain yang dijual semakin tinggi pula harga yang ditawarkan. Bahkan selain memudahkan, sekarang domain sudah menjadi suatu bisnis yang menjanjikan. Ada pembelian domain, ada pula penjualan domain, dan bahkan ada penyewaan domain.

Sistem Jual beli domain sebenarnya sama seperti jual beli barang lainnya. Hal yang membedakan adalah, ketika anda membeli mobil, atau heandphone, maka harga jual mobil otomasti akan lebih murah. Sedangkan dalam sistem jual beli domain, jika domain yang telah dimiliki seseorang memiliki kualitas tinggi, maka mereka dapat menjualnya dengan harga yang lebih tinggi pula.

Untuk bisa terjun ke dunia jual beli domain caranya sangat mudah, namun ada beberapa trik dan hal yang perlu anda ketahui. Misalnya seperti anda harus mengetahui criteria seperti apa yang menyebabkan domain bisa dilepas atau dijual dengan harga tinggi, atau yang lainnya. Biasanya domain yang dijual dengan harga tinggi adalah domain cantik yang telah memiliki traffic tinggi.

Domain Cantik

Mengapa penting memiliki domain cantik ? Seperti halnya nomor telpon, semakin cantik nomornya semakin tinggi pula harga nya. Nomor cantik biasanya akan lebih mudah diingat dan dihafal oleh banyak orang. Begitupula dengan domain, semakin cantik domain yang dijual semakin tinggi pula harga yang ditawarkan. Bayangkan saja jika anda memiliki domain dengan perpaduan nama dan angka yang panjang, pasti akan menyulitkan pencarian. Jika sudah begitu blog atau website anda pasti akan sepi pengunjung. Tidak hanya cantik, tentunya domain yang anda miliki haruslah memiliki branding yang dikenal banyak orang.

Domain dengan Traffic tinggi

Mengapa domain dengan traffic tinggi lebih mahal? Umumnya domain yang telah lama digunakan akan memiliki traffic tinggi yang harganya lebih tinggi, karena akan mudah di optimasi. Pembeli yang menjalankan sebuah bisnis online nantinya hanya perlu memberikan sedikit sentuhan traffic yang sudah ada untuk jual beli produk mereka.

Selain menjual dan membeli, seperti yang dituliskan diatas jika domain juga bisa disewakan. Penyewaan domain biasanya selama satu tahun atau lebih. Jika masih kurang bisa pula diperpajang. Meskipun begitu, karena beberapa hal ada sebagian orang yang tidak memperpanjang domain sehingga akhirnya menjadi expired. Domain yang expaired ini sebenarnya masih memiliki potensi untuk diperbaiki atau digunakan. Apalagi bagi domain yang telah memiliki google RP yang tinggi atau traffic tinggi.

Harga jual beli domain bisa dikatakan tidak murah, namun anda bisa memulai membeli domain dengan harga murah yang nantinya bisa anda kembangkan sendiri. Bagaimana tertarik? Jika iya, jangan tunda keinginan anda tersebut. Dunia maya memang memberikan kemudahan, jika anda jeli pasti aka nada banyak keuntungan yang didapat.

 

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: