Keuangan

Reksadana VS Deposito Mana Yang Lebih Untung ?

Pernahkah anda berpikir lebih menguntungkan mana antara Reksadana atau Deposito ? Apa itu Reksadana ? Apasih Deposito ? jangan-jangan anda masih bingung atau bahkan tidak mengetahui apa itu Reksadana atau Deposito. Mungkin bagi anda yang hoby melakukan investasi tidak asing lagi dengan Reksadana ataupun Deposito, namun bagi anda yang masih awam akan dunia investasi mungkin akan timbul pertanyaan mengenai Reksadana dan Deposito. Bagi anda yang memiliki dana lebih dan bingung mau diapakan dana tersebut akakankah hanya di simpan dalam brankas saja?. Mungkin dengan menginvestasikan dana akan lebih menguntungkan bagi anda, banyak cara bisa dilakukan untuk berinvestasi diantaranya, anda bisa memilih Reksadana atau Deposito. Lalu lebih menguntungkan manakah antara Reksadana atau Deposito? Sebelum membahas lebih menguntungkan mana antara dua hal tersebut akan lebih baik bila kita pahami terlebih dahulu apa itu Reksadana dan Deposito.

logo-reksadana

Apa itu Reksadana? Bila kita melihat Undang-undang Pasar Modal nomor 8 Tahun 1995 pasal 1, ayat (27) menyatakan bahwa reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana yang nantinya akan diinvestasikan dalam portofolio Efek oleh Manajer Investasi. Didalam reksadana berisi berbagai macam jenis investasi saham yang telah dimiliki oleh Manajer Investasi, sehingga setiap saham yang dimiliki oleh reksadana satu dengan reksadana yang lain tidak sama tergantung dari pengelolaan Manajer Investasi dari masing-masing reksadana. Dari pengertian diatas muncul beberapa unsur penting yang mempengaruhi di dalam Reksadana yaitu dalam reksadana berisi sekumpulan dana dari berbagai investor. Dana tersebut diinvestasikan pada suatu portofolio efek yang telah dipercaya dan dikenal dengan instrumen investasi. Pengelola dalam Reksadana adalah Manajer Investasi. Manajer investasi ini bertindak sebagai penanggung jawab atas segala kejadian yang terjadi dalam proses transakasi jual beli saham.

Manajer investasi ini menempatkan kumpulan dana dari para investor kedalam surat berharga serta merealisasikan hasil dari transaksi yang berupa untung maupun rugi dan menerima deviden atau bunga yang nantinya akan dibukukan kedalam Nilai Aktiva Bersih atau NAB dari Reksadana itu sendiri. Reksadana ini sangat cocok bagi anda yang tidak memiliki waktu banyak dan tidak bisa melakukan riset sendiri mengenai berbagai harga efek dipasar serta mengakses informasi dipasar modal, reksadana ini telah ditanggani oleh manajemen operasional yang profesional, bentuk penyebaran investasi ini berwujud sehingga mengurangi munculnya resiko, resiko ini lebih minim dibandingkan dengan bila dilakukan secara individu, informasi yang diberikan oleh  pihak reksadana ini transparan sehingga anda bisa rutin mengecek keuntungan yang anda peroleh secara rutin, reksadana memliki likuiditas yang tinggi sehingga para investor bisa melakukan pencairan kembali unit penyertaannya kapan saja sesuai dengan ketetapan dari masing-masing reksadana, reksadana berasal dari kumpulan dana para pemodal sehingga biaya yang dikeluarkan rendah.

logo-deposito-oke-604973194

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa keuntungan yang diperoleh bagi para pemodal didasarkan dari berapa jumlah dana yang mereka investasikan dan diakumulasikan berapa keuntungan yang berhasil diperoleh Manajer Investasi. Deposito merupakan sejumlah simpanan berupa uang di bank yang dalam proses penyetoranya maupun penarikanya memiliki jangka waktu serta ada batas minimal pada saat melakukan setoran pertama sesuai dengan ketentuan dari bank masing-masing. Dalam deposito suku bunganya pasti,yaitu  sesuai dengan berapa besar suku bunga dikalikan dengan berapa jumlah dana yang kita setorkan ke bank dan berapa jangka waktu penarikanya. Perlu diperhatikan bila anda melakukan investasi Deposito ini adalah menentukan tujuan simpanan, akankah anda akan segera menggunakan simpanan atau tidak. Jangan sampai salah memilih jangka waktu simpanan karena bila anda salah memilih dan secara tiba-tiba anda membutuhkan dana tersebut sebelum jatuh tempo penarikan maka akan dikenakan pinalty yang berpengaruh pada tingkat keuntungan menjadi tidak maksimal.

Dalam deposito memiliki tingkat suku bunga yang tinggi hal ini sebanding dengan adanya batasan jangka waktu. Dalam penetapan besaran bunga deposito didasarkan pada Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), lembaga ini bertugas sebagai penjamin serta menentukan besar suku bunga pinjaman. Kesimpulan yang dapat diperoleh dari simpanan Deposito adalah besar kecilnya keuntungan yang dapat dinikmati didasarkan pada besar kecilnya simpanan, suku bunga serta penentuan jangka waktu simpanan serta pergerakan inflasi yang terjadi. Sudahkan anda bisa menentukan mana yag lebih menguntungkan antara berinvestasi dengan Reksadana atau Deposito ? jawabanya adalah tergantung seberapa besar dana yang akan diinvestasikan dan keberanian anda dalam menggambil resiko.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: