Lainnya

Ruang Kantor yang Akan Jadikan Karyawan Lebih Produktif, Seperti Apa Ya?

kantor-produktif

Sebagai pemilik usaha maka Anda pastinya ingin karyawan selalu bisa bekerja dengan baik dan produktif. Ketika karyawan dapat bekerja produktif maka bisnis Anda bisa mengalami pertumbuhan yang baik. Sebagai seorang manusia, mood kerja karyawan memang ada kalanya naik dan turun. Nah dari sinilah Anda sebagai pengusaha harus bisa mengantisipasi mood karyawan ini dengan membuat mereka tetap kerja produktif. Meski tidak mungkin selamanya karyawan terus bekerja produktif setiap waktunya, tapi dengan usaha yang dijalankan, setidaknya Anda akan mampu meminimalisir bad mood karyawan. Salah satu hal yang mempengaruhi produktivitas karyawan adalah ruang kantor. Sebagai tempat bekerja, ruangan di kantor memang punya banyak pengaruh bagi para karyawan. Untuk itulah Anda sebagai pemilik bisnis dapat melakukan perubahan pada ruang kantor agar karyawan dapat bekerja lebih produktif. Nah berikut ini adalah karakteristik ruang kantor yang mampu menjadikan karyawan bekerja lebih produktif yang bisa Anda jadikan referensi.

  1. Menggunakan Warna yang Tepat

Karakteristik pertama kantor yang mampu menjadikan karyawan bekerja lebih produktif adalah menggunakan warna yang tepat. Warna pada sebuah ruangan memang mampu memberikan pengaruh pada mood penghuninya. Guna membuat good mood pada karyawan yang bekerja maka banyak psikolog yang menyarankan Anda untuk menggunakan warna-warna cerah. Terapkan warna-warna cerah ini pada dinding, atap, pintu dan beberapa bagian lain dari ruang kantor seperti meja serta ubin. Dengan menerapkan warna-warna cerah maka akan membuat suasana kantor lebih ceria dan hidup. Dan ketika saat karyawan bisa merasakan suasana yang ceria dan hidup maka hal ini pastinya akan berpengaruh pada mood dan produktivitas karyawan menjadi lebih baik.

  1. Ada Cahaya Matahari Cukup yang Masuk

Setelah menerapkan warna cerah, Anda juga tak boleh melupakan faktor cahaya. Keberadaan cahaya yang cukup menerangi ruang kantor memang sangat diperlukan. Sebab dengan cahaya maka ruangan kantor akan lebih terasa nyaman dan lebih hidup. Usahakan untuk membuat sinar matahari masuk menerangi ruangan kantor Anda. Sebab hanya dengan cahaya alami dari sinar matahari mood karyawan bisa lebih meningkat dan membuat mereka bisa bekerja lebih produktif. Selain mampu meningkatkan produktivitas kerja, cahaya matahari yang masuk ke ruang kantor juga akan membuat karyawan lebih sehat. Untuk bisa mencapai tujuan tersebut maka Anda harus memastikan bahwa cahaya yang masuk ke ruangan kantor adalah cukup atau tidak berlebihan. Sebab bila cahaya yang masuk berlebihan maka akan membuat karyawan tidak nyaman karena suhu udara menjadi panas.

  1. Memiliki Tempat Kerja Alternatif

Bekerja di satu tempat secara terus-menerus memang bisa membuat jenuh dan bosan. Jika karyawan merasa jenuh dan bosan maka hal ini akan membuat produktivitas kerjanya menurun. Nah Anda yang tidak ingin produktivitas kerja karyawan menurun maka Anda harus menyediakan tempat kerja alternatif bagi karyawan. Tempat kerja alternatif bagi karyawan ini tidak harus berupa tempat pribadi. Tapi Anda bisa membuat tempat kerja terbuka (open space) dengan suasana yang berbeda. Selain itu Anda juga bisa menyediakan tempat kerja lesehan dengan meja tanpa kursi yang membuat mereka bisa berkerja dengan lebih santai. Dengan menyediakan tempat kerja alternatif maka akan membuat karyawan bisa kembali bersemangat dan kembali bekerja produktif.

  1. Membuat Karyawan Merasakan Kegembiraan

Terakhir, karakteristik kantor yang mampu membuat karyawan bekerja lebih produktif adalah yang mampu menghadirkan kegembiraan. Karyawan memang juga seorang manusia yang membutuhkan kesenangan dan kegembiraan. Ketika karyawan di kantor bisa merasa happy maka mereka akan bisa kembali merasakan good mood dan kembali produktif. Untuk bisa membuat karyawan merasakan happy maka Anda bisa menciptakan sebuah area di salah satu bagian kantor sebagai tempat refreshing. Area refreshing sendiri bisa berupa beragam hal seperti taman, tempat ngopi, ruang nonton TV, Playstation, ruang biliar, ruang futsal, karaoke, hingga ruang SPA. Ruang-ruang kantor seperti ini sebenarnya bukan hal asing di luar negeri. Mereka mengerti bagaimana membuat karyawan kembali fresh dan bersemangat untuk bekerja produktif lagi setelah sebelumnya merasakan kejenuhan.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top