Tips

Saat Anda Tersadar Salah Mengambil Jurusan, Apakah Akan Lanjut Kuliah atau Berhenti di Tengah Jalan?

Pada umumnya, masa remaja adalah masa meraba rencana. Oleh karenanya, memilih jurusan di perguruan tinggi bisa menjadi hal yang dilematis untuk para pelajar yang baru lulus sekolah SMA. Saat menentukan jurusan mungkin ada siswa yang sudah mempunyai gambaran, ada yang menyerahkan pilihan kepada orang tuanya, bahkan ada juga yang masih bimbang dan bingung kemana akan melanjutkan studi. Memang memilih jurusan kuliah itu bukanlah hal yang mudah, namun memilih jurusan kuliah merupakan keputusan besar yang sangat berpengaruh terhadap masa depan nanti. Lalu, apa yang harus dilakukan jika Anda sudah mengambil suatu keputusan untuk memilih program studi dan ditengah jalan merasa tidak cocok? Haruskah Anda memulainya dari awal dengan jurusan yang baru atau melanjutkannya meski dengan setengah hati? Daripada Anda bimbang sendiri, lebih baik simak beberapa hal yang harus dipikirkan sebagai solusi agar Anda tidak salah mengambil keputusan. Berikut ulasannya.

  1. Kuliah Adalah Masa Dimana Anda Menemukan Jati Diri yang Sebenarnya

Banyak orang yang beranggapan bahwa kuliah adalah masanya seseorang untuk berinteraksi dengan dunia luar yang lebih luas. Ketika kuliah, Anda akan dihadapkan pada banyak pilihan dibandingkan dengan masa SMA. Saat itulah Anda akan menemukan beragam macam hal baru yang memperluas wawasan, di sinilah Anda akan belajar mengenal diri yang sebenarnya serta mengetahui apa yang sebenarnya di cari dalam hidup Anda. Namun, sebagian orang menemukan bahwa ternyata rencananya tidak sejalan dengan jurusan yang sedang ditekuni. Nah, bagi Anda yang juga mengalaminya maka pasti akan merasa menyesal dengan pilihan studi yang diambil setelah lulus SMA tersebut. Akan tetapi, jika melihat dari segi keuangan dan waktu apakah Anda sudah yakin ingin mengulanginya kembali?

  1. Jika Anda Salah Jurusan, Maka Sebaiknya Jangan Terlalu Disesali

Setiap orang pasti pernah mengambil keputusan yang kurang tepat dalam hidupnya, termasuk salah mengambil jurusan kuliah. Jika Anda mengalami kesalahan dalam mengambil jurusan, sebaiknya tidak usah menyesal. Lebih baik fokus dan perhatikan apa yang bisa Anda perbuat untuk menjadi baik di masa depan melalui jurusan yang sedang ditekuni tersebut. Ambil hikmah dari kejadian ini, pandanglah dengan penuh kesadaran bahwa salahnya jurusan merupakan sebuah anugerah dari Tuhan. Mungkin saja Tuhan sudah menakdirkan ini semua, atau mungkin Anda akan menjadi orang sukses melalui jurusan tersebut. Dengan begini, Anda pun sudah bisa meraba siapa diri Anda yang sebenarnya serta apa yang Anda inginkan untuk kehidupan nanti. Jadi, bersyukurlah dan tidak perlu disesali apa yang sudah terjadi.

  1. Pilih Pindah Jurusan atau Tetap Bertahan?

Kalau Anda sudah memilih jurusan, berarti sekarang Anda mempunyai 2 pilihan baru “Apakah memilih pindah jurusan atau tetap bertahan di prodi yang sedang dijalankan”. Lalu, Anda harus membuat keputusan yang terbaik agar tidak salah langkah kembali. Untuk menjawab mana yang harus dipilih, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal yang diantaranya yaitu lamanya kuliah, biaya yang sudah dikeluarkan dan seberapa cepat Anda bisa menyerap ilmu dari prodi yang sedang dijalankan tersebut. Dari sini, Anda pasti akan menemukan jawabannya sendiri.

  1. Apa Gak Sayang Kalau Anda Pindah Jurusan Sekarang?

Lamanya masa studi yang sudah Anda tempuh, bisa menjadi bahan pertimbangan dalam memutuskan untuk pindah jurusan atau tetap bertahan. Mungkin, jika Anda masih berada di semester-semester awal tidak ada salahnya berkonsultasi terlebih dahulu dengan orangtua untuk membicarakan tentang keinginan pindah jurusan. Namun jika Anda sudah berada di semester akhir, Anda perlu mempertimbangkan dan menyelesaikannya dengan matang. Apalagi jika studi Anda tinggal menuntaskan skripsi, tentu harus lebih dipertimbangkan lagi. Mengingat tenaga, waktu dan biaya yang sudah Anda keluarkan apakah tidak sayang jika studi tidak diselesaikan hanya gara-gara tidak menyukai studi tersebut. Ingat, kuliah itu bukanlah hal yang bersifat main-main. Jika Anda hanya berniat kuliah untuk bermain-main, sebaiknya dari awal Anda tidak usah melanjutkan studi.

Salah jurusan bukan berarti akhir dari segalanya, Anda masih tetap bisa menggapai cita-cita kok. Hal yang harus dilakukan sekarang adalah tetap bertahan dan hadapi segala tantangan yang ada serta jalani semua dengan penuh keikhlasan. Dengan begini, usaha yang sudah dijalankan tidak akan berjalan sia-sia dan Anda tinggal fokus bergerak untuk mencapai kesuksesan.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top