Bisnis Online

Deretan Saham Syariah Ini Punya Dividen Yang Wow

Deretan Saham Syariah Ini Punya Dividen Yang Wow – Bursa Efek Indonesia (BEI) merupakan tempat di mana kita bisa mendapatkan banyak informasi mengenai saham, indeks harga, obligasi, ataupun surat-surat berharga lainnya yang diperdagangkan di pasar saham. Perusahaan-perusahaan yang mendaftarkan sahamnya di bursa efek memiliki keberagaman tingkat besar saham dan dividen yang berbeda-beda tergantung dari usaha yang mereka jalankan. Informasi di BEI sangat berguna bagi para individu yang menjadi ingin menjadi investor di perusahaan tertentu atau bahkan suatu perusahaan yang ingin membeli saham perusahaan lain. Mereka yang ingin membeli saham pasti akan memperhitungkan berbagai hal seperti dividen yang akan para investor dapatkan dari saham tersebut, tingkat risiko saham perusahaan tersebut, dan perhitungan rasio lain seperti IRR, NPV dan lain sebagainya. Informasi untuk menganalisis tersebut biasanya sudah terdapat di laporan keuangan. Jadi, investor hanya perlu mempelajari laporan keuangan perusahaan.

Banyak sekali jenis saham perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, jika dilihat secara garis besar, jenis saham dibagi menjadi dua. Jenis saham tersebut adalah saham konvensional dan saham syariah. Sebenarnya, pada dasarnya perbedaan utamanya adalah hanya pada peraturan yang mengatur saham tersebut. Jika saham konvensional dikeluarkan oleh pasar modal konvensional yang mengikuti standar konvensional yang berlaku di seluruh dunia. Untuk saham syariah dikeluarkan oleh pasar saham syariah yang memakai syarat dan aturan Islam yang berlaku tertentu saja bagi yang memakainya.

Pasar Syariah mulai mendapatkan tempat di Indonesia beberapa tahun ini. Bahkan tahun ini saja, Presiden Jokowi membentuk Komite Keuangan Syariah di Indonesia karena memang pasar Syariah di negeri tengah berkembang pesat. Tida diragukan lagi memang, bahwa hampir semua instrument serta prinsip Syariah sudah dikenal baik dan diimplementasikan dengan baik pula oleh para pebisnis di Indonesia saat menjalankan transaksinya. Beberapa iklan mengenai produk Syariah juga sudah mulai wira-wiri di televisi.

Satu hal yang biasanya diutamakan oleh para investor saat melihat harga saham yang ditawarkan di BEI adalah pengukuran terhadap dividen atau tingkat keuntungan yang didapat dari saham tersebut. Ada beberapa rasio yang dapat digunakan untuk menganalisis berapa tingkat dividen yang akan investor dapatkan. Rasio itu adalah dividend payout ratio (DPR) dan dividen yield. DPR dihitung dengan cara membandingkan dividen per lembar saham dibagi dengan laba bersih per saham. Sedangkan dividend yield dihitung dengan membagi dividen per saham dengan harga pada tanggal pencatatan. Berdasarkan data dari idx.co.id, berikut beberapa saham syariah yang memiliki tingkat dividen yang cukup tinggi.

  1. Saham INTP

Saham MBSS adalah saham yang dikeluarkan oleh PT Indocement Tunggal Prakarsa Tb. Pada periode hingga akhir tahun 2015, tercatat rasio dividen yang dibayarkan oleh PT tersebut mencapai 94,74%. Wow cukup tinggi bukan?

  1. Saham SIDO

Kode saham SIDO menunjukkan dia adalah saham syariah yang dikeluarkan oleh Industri Jamu dan Farmasi SIDO. Industri SIDO membayarkan dividennya pada tahun 2015 sebesar 85,71%.

  1. Saham ELSA

Saham ini adalah saham milik perusahaan Elnusa Tbk, perusahaan pertambangan. Rekap hingga pada tahun 2015, saham yang dibagikan juga cukup besar yakni 69,03%.

  1. Saham TOTL

Perusahaan properti Total Bangun PersadaTbk mengeluarkan saham TOTL dan tak tanggung-tanggung, saham ini memiliki pembayaran dividen sebesar 62,32%.

  1. Saham TLKM

Salah satu perusahaan besar Telekomunikasi Indonesia (Pers) juga memiliki saham syariah TLKM yang memiliki pembayaran dividen yang cukup besar yaitu 61,29%.

  1. Saham RALS

Perusahaan perdagangan Ramayana Lestari Sentosa Tbk dengan saham RALS pada tahun 2015 dapat mencapai angka pembayaran dividen sebesar 54%.

  1. Saham MNCN

Perusahaan yang bergerak di bidang yang sejenis dengan Ramayana Lestari Sentosa Tbk yakni PT Media Nusantara Citra Tbk, membagikan dividennya dari saham mereka sebesar 51,13%.

  1. Saham INDF

Indofood Sukses Makmur Tbk merupakan salah satu perusahaan besar di Indonesia yang melayani kebutuhan konsumennya. Dividen dari saham ini pun juga besar yaitu 49,77%.

  1. Saham TSPC

Perusahaan yang melayani kebutuhan sehari-hari konsumen Tempo Scan Pacific Tbk, pada tahun 2015 mendeklarasikan pembagian dividennya adalah sebesar 49,61%.

  1. Saham LSIP

Last but not least, ada perusahaan PP London Sumatra Indonesia Tb merupakan perusahaan yang bergerak di bidang agrikultur, dan berhasil mencapai angka 39,31% untuk pembagian dividennya.

Nah, beberapa saham di atas merupakan peringkat 10 saham teratas berdasarkan tingkat pembagian dividennya. Menggiurkan bukan? Namun, sebagai investor kita harus selalu teliti dan bijaksana dalam mengambil keputusan untuk membeli saham yang mana dengan melakukan serangkaian perhitungan yang matang. Agar nantinya keputusan yang kita ambil tidak merugikan kita di masa depan. Mari menjadi investor yang cerdas. Selamat berinvestasi!

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: