Peluang Usaha

Sambut Hari Raya Nyepi, Berbisnis Aja Yuk

Perayaan hari raya Nyepi ini memang berbeda dari hari raya lain yang biasanya selalu identik dengan keramaian. Bahkan karena begitu sepinya, lampu di setiap rumah yang merayakan hari raya Nyepi pun harus dipadamkan seperti layaknya rumah tidak berpenghuni. Hal sepi seperti ini memang diwajibkan pada hari raya Nyepi. Jika ada orang yang berani untuk melanggar aturan tersebut maka akan mendapatkan sebuah sanksi dari petugas adat sekitar. Tujuan dari aturan tersebut adalah untuk memohon kepada Tuhan, guna untuk menyucikan Bhuana Alit atau alam manusia dan Bhuana Agung atau alam semesta.

Meskipun dalam perayaan hari raya Nyepi ini akan berlangsung sepi dan sunyi. Namun bagi Anda para pengusaha bisa memanfaatkan moment tersebut sebagai peluang bisnis. Hal ini dikarenakan, dalam perayaan hari raya Nyepi juga berlangsung beberapa upacara seperti upacara Bhuta Yajna, upacara Melasti dan upacara Ngembak Agni yang membutuhkan beberapa beberapa perlengkapan khusus. Dari sinilah, Anda bisa membuat bisnis dengan menyediakan beberapa perlengkapan khusus upacara tersebut. Tentu saja karena ini adalah hari raya umat Hindu, maka peluang bisnis ini sangat terbuka lebar bila dijalankan di daerah-daerah seperti Bali yang memiliki jumlah penganut Hindu yang banyak.

1. Memproduksi dan Menjual Canang

Bisnis menjanjikan pertama dalam menyambut hari raya Nyepi adalah memproduksi dan menjual canang. Canang berasal dari bahasa Jawa kuno yang berarti sirih. Dalam perayaan Nyepi, canang ini merupakan unsur penting dan sangat dibutuhkan di upacara keagamaan seperti dalam upacara perayaan Nyepi ini. Di sini, canang akan dijadikan sebuah alat untuk di suguhkan kepada tamu yang sangat dihormati. Canang nantinya akan dilengkapi dengan sebuah alas ceper atau daun pisang berbentuk segi empat yang di atasnya disusun plawa, kemudian porosan, urasari dan bunga. Di dalam porosan tersebut mengandung bahan utama sirih, yaitu merupakan persyaratan sebuah canang agar bisa dikatakan bernilai agama.

Dalam menjalankan bisnis canang ini, ada beberapa pilihan yang bisa Anda pilih. Anda bisa memilih untuk menjadi seorang produsen, pedagang atau kedua-duanya. Jika Anda memilih untuk menjadi seorang produsen dan pedagang, maka Anda bisa memproduksi dan menjualnya sendiri secara langsung kepada konsumen. Untuk menjual canang ini, biasanya beberapa produsen canang melakukan kerjasama dengan para pedagang lain dengan cara menitipkan canangnya ke kios-kios atau pedagang lain. Dengan demikian, Anda tidak perlu repot-repot memikirkan harga sewa tempat dan tenaga untuk berjualan. Dari sini Anda hanya lebih fokus untuk memproduksi canangnya agar lebih menarik untuk dijual.

2. Memproduksi dan Menjual Dupa

Bagi umat Hindu, dupa merupakan salah satu sarana penting untuk sembahyang. Umat Hindu percaya bahwa dupa yang dinyalakan saat bersembahyang di pura menjadi simbol Dewa Brahma. Oleh karena itu, pada hari raya Nyepi ini permintaan dupa biasanya akan melonjak, maka disini Anda juga bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk berbisnis dengan cara memproduksi dan menjual dupa. Dalam menjalankan bisnis dupa ini, Anda bisa memiilih untuk menjadi perajin dupa atau penjual dupa.

Untuk Anda yang ingin memproduksi atau perajin dupa, maka tentunya Anda harus mengetahui tahapan apa saja yang harus dilakukan dalam membuat dupa tersebut. Tahap pembuatannya yaitu meliputi penyiapan bahan, pembuatan adonan, kemudian pencelupan, pewarnaan, pengeringan dan pengemasan. Sedangkan bahan-bahan untuk membuat dupa sendiri adalah stik dupa dari bambu, kemudian serbuk kayu, lem perekat, minyak wangi dan pewarna. Dari bahan hingga tahapan membuat dupa tersebut, Anda akan bisa membuat dupa dengan kualitas yang bagus misalnya kualitas aroma yang oke.

3. Memproduksi dan Menjual Ogoh-Ogoh

Bisnis menjanjikan dalam menyambut hari raya Nyepi yang terakhir adalah memproduksi dan menjual ogoh-ogoh. Ogoh-ogoh ini dibuat untuk menggambarkan kepribadian Bhuta Kala yang diwujudkan dalam sebuah patung yang bersosok besar dan menakutkan seperti raksasa. Pada hari raya Nyepi, biasanya permintaan ogoh-ogoh tersebut akan meningkat pesat. Hal ini dikarenakan, ogoh-ogoh nantinya akan dipakai untuk arak-arakan secara beramai-ramai mengelilingi desa yaitu dilakukan sehari sebelum hari raya Nyepi dilaksanakan. Dari banyaknya permintaan ogoh-ogoh tersebut, maka ini akan menjadi sebuah peluang yang besar untuk Anda mendapatkan keuntungan.

Jika Anda ingin menjadi seorang perajin atau pembuat ogoh-ogoh, Anda saat ini bisa membuatnya dengan proses yang terbilang lebih mudah. Hal ini dikarenakan, jika dahulu perajin ogoh-ogoh membuatnya dengan bahan kayu, maka saat ini perajin menggunakan gabus atau sterofoam yang bahan nya lebih mudah dibentuk.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: