Peluang Usaha

Sambut Idul Adha, Inilah 4 Bisnis Menjanjikan yang Bisa Anda Coba

bisnis-idul-adha

Sebentar lagi tanggal 22 Agustus 2018, umat muslim akan merayakan Hari Raya Idul Adha atau juga sering disebut Idul Kurban. Dengan besarnya jumlah populasi umat muslim di tanah air membuat momen ini selalu berlangsung meriah setiap tahunnya. Tidak hanya meriah dalam pelaksanaanya, namun dalam dunia bisnis, waktu di hari raya tersebut juga sangat menjanjikan bila dijalankan. Setidaknya ada lima bisnis atau peluang usaha yang menguntungkan jika dijalankan pada masa atau momen Idul Adha. Berikut beberapa bisnis menjanjikan pada masa Hari Hara Idul Adha tersebut.

  1. Jual Hewan Kurban

Pertama, bisnis menjanjikan yang bisa Anda jalankan saat Hari Raya Idul Adha adalah jual-beli hewan kurban. Hewan kurban yang bisa Anda jual sendiri adalah unta, sapi, kambing atau domba. Hari Raya Idul Adha memang identik dengan penyembelihan hewan kurban. Dari sini tentu kebutuhan akan hewan kurban pastinya akan meningkat. Maka dari itu Anda yang berjualan hewan kurban pastinya akan laku dan terjual. Tapi untuk bisa mendapatkan penghasilan dan keuntungan, maka Anda harus menjamin bahwa hewan kurban yang akan jual dalam keadaan sehat dan sudah cukup umur. Ketentuan umur yang disyaratkan sendiri dapat dijabarkan sebagai berikut kambing jenis domba atau biri-biri berumur 1 tahun, sapi minimal berumur 2 tahun dan telah masuk tahun ke 3 dan unta minimal berumur 5 tahun dan telah masuk tahun ke 6. Tentu untuk mendapatkan hewan kurban yang siap dijual sebenarnya harus dimulai sejak lama karena Anda harus memeliharanya terlebih dahulu. Namun bila Anda tak punya waktu lagi dan ingin segera bisa berjualan, maka Anda bisa menjadi reseller yakni membeli hewan kurban dari orang lain untuk menjualnya kembali ke pembeli.

  1. Buat dan Jual Bumbu Dapur Instan

Untuk memasak daging dari hewan kurban maka memang dibutuhkan beberapa bumbu dapur. Nah kebutuhan orang pada bumbu saat Hari Raya Idul Adha inilah bisa Anda ambil peluangnya untuk bisnis. Agar produk bumbu dapur Anda laris manis maka cobalah untuk membuat bumbu dapur instan. Bumbu dapur instan sendiri adalah bumbu dapur siap saji yang bisa langsung digunakan untuk memasak. Umumnya bumbu dapur instan ini adalah yang sudah diolah dalam bentuk serbuk. Dengan kepraktisan dari bumbu dapur instan tersebut maka produk Anda akan semakin banyak dicari oleh konsumen saat Idul Adha. Dari sini maka peluang Anda untuk meraup keuntungan yang besar akan semakin terbuka untuk diraih.

  1. Jual Peralatan Sate

Berikutnya, bisnis atau peluang usaha menjanjikan dan menguntungkan yang bisa Anda jalankan pada masa Hari Raya Idul Adha yakni jualan perlengkapan sate. Dengan daging kurban yang begitu banyak dan hampir dimiliki setiap keluarga pada masa Idul Adha, membuat produk perlengkapan membuat sate ini pun akan semakin banyak dicari. Beberapa perlengkapan sate ini sendiri antara lain tempat memanggang, arang dan juga kipas sate. Nah karena besarnya permintaan masyarakat akan produk perlengkapan sate pada masa Hari Raya Idul Adha, maka kesempatan Anda mendapatkan keuntungan pun akan semakin terbuka lebar.

  1. Jual Aneka Perlengkapan Ibadah

Terakhir, bisnis menjanjikan yang bisa Anda jalankan pada momen Hari Raya Idul Adha adalah baju muslim dan perlengkapan ibadah. Untuk sholat Idul Adha pada pagi hari sebelum menyembelih hewan kurban, memang diperlukan perlengkapan ibadah. Nah dari sinilah maka banyaknya warga masyarakat yang melaksanakan ibadah sholat sunnah Idul Adha menjadi peluang Anda untuk menjual perlengkapannya. Beberapa perlengkapan ibadah yang bisa Anda jual ini antara lain sajadah, peci atau kopyah, mukena, sarung, baju koko dan lain sebagainya. Semakin menarik produk perlengkapan ibadah yang Anda jual maka akan semakin besar peluang Anda untuk menarik pembeli.

Itulah beberapa peluang usaha atau bisnis yang menjanjikan untuk dijalankan pada momen Hari Raya Idul Adha. Namun untuk benar-benar memperoleh keuntungan yang besar maka Anda juga perlu berusaha mempromosikan usaha tersebut. Ini karena beberapa bisnis yang telah telah disebutkan tadi akan banyak juga dijalankan orang lain sehingga membuat tingkat persaingannya pun lumayan ketat.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top