Bisnis Online

Search Engine Optimize (SEO)

Banyak blogger yang tidak paham tentang SEO (Search Engine Optimize), mereka berpendapat, kalau ingin membuat sebuah website search engine friendly , kita hanya perlu meletakkan kata kunci yang beragam, deskripsi yang baik, dan konten komplet disertai gambar yang menarik. Pada kenyataannya tidak sesederhana itu. Optimisasi yang sebenarnya memiliki dua tahapan penting, yaitu: optimisasi di dalam situs dan optimisasi di luar situs, pada artikel ini saya akanmemfokuskan optimasi di dalam situs.

Optimisasi di Dalam Situs
Efek optimisasi di dalam situs membuat situs tersebut tampil pada halaman pertama search engine google. Tiga faktor pendukung sebuah situs mampu tampil di halaman search engine google adalah: kata kunci, meta tags, dan konten.

Kata Kunci
Kata kunci adalah kata yang memiliki relevansi tinggi dan yang paling sering digunakan di website. Pengertian sederhana relevansi tinggi adalah bila Anda memiliki website tentang pinjaman, kata kunci yang berawalan pinjaman akan muncul di halaman pertama google, website Anda akan mengalami kenaikan yang drastis.

Inilah fungsi terbaik search engine seperti google, membantu setiap orang menemukan apa yang mereka cari. Ketentuan lain adalah Anda tidak boleh terlalu sering mengulang kata kunci berlebihan, Anda terlarang menuliskannya di setiap baris artikel, tindakan tersebut akan dianggap pelanggaran dan dikategorikan SPAMING oleh google.com. Solusinya dengan diversifikasi kata.

Diversifikasi Kata
Sebuah kata hanya akan mendatangkan beberapa pengunjung saja, kata tidak semua orang berpikiran sama dengan Anda. Cobalah untuk memasukkan kata-kata kunci yang relevan dan mendekati produk yang kita jual. Beri bold pada kata kunci tersebut, untuk memudahkan kita membuat anchor (link) ke artikel sebelumnya.

Gunakan Frase
Berdasarkan sebuah riset search engine terbesar, 65% para netizen lebih memilih menggunakan frase daripada sebuah kata. Targetkan jangan lebih 4 kata atau frase per halaman. Bila ingin menargetkan lebih dari yang sekarang, isi halaman akan kehilangan relevansi dengan kata kunci yang digunakan. Setiap search engine hanya akan melihat berapa bagian saja dari setiap halaman. Semakin banyak halaman yang Anda tuliskan, dengan sendirinya akan semakin banyak, kata kunci yang bisa dimuat.

Sebelum membuat sebuah artikel, buatlah satu atau tiga kata kunci yang memiliki hubungan dengan website Anda. Mulailah perkirakan apa yang mungkin dicari orang dalam website Anda, keuntungan apa yang mereka dapatkan . Buat rangkuman dari hasil pencarian tersebut. Coba tanyakan ke beberapa teman, siapa tahu mereka memiliki pendapat yang bisa membantu.

Meta Tag
Meta tag adalah dasar dari usaha memanipulasi search engine. Beberapa search engine akan menggunakan meta tag ini untuk membuat index website dan memberikan nilai lebih kepada meta tag ini dibandingkan isi dari website itu sendiri. Sebagai contoh: bila kata pertama website adalah “simpan pinjam Indonesia” dan deskripsi meta tagnya berisi : perusahaan gadai online, maka search engine akan mengelompokkan pinjam Indonesia ke dalam perusahaan gadai online, bukan simpan pinjam.

Konten
Konten adalah intisri dari website Anda. Tidak peduli meskipun tulisan kita yang paling bagus, namun jika tidak memenuhi persyaratan search engine maka website tersebut tidak akan muncul pada halam pertama google. Konten halaman sebuah website berisi dua komponen utama, yaitu judul (tittle) dan isi (body). Pada pembahasan ini saya akan menjelaskan konten untu search engine, ini adalah hal-hal yang diinginkan seach dalam penulisan konten website.

Judul utama harus memakai jenis Huruf “<h1>” dan judul harus memuat kata kunci utama. Dan tebalkan judul tersebut untuk memudahkan keterbacaan tulisan. Hal lainnya adalah tulisan sub judul harus memakai jenis huruh “<h2>”, isi atau konten harus memuat 2-5% kata kunci utama. Contohnya, jika jumlah kata artikel kita 1.000 kata, maka artikel tersebut harus memuat 20 -50 kata kunci yang tersebar di semua alinea secara merata.

Kata kunci utama yang muncul pertama kali pada artikel Anda, harus ditebalkan, gunakan kata kunci yang ditebalkan tersebut untuk anchor tesk, link yang mengarahkan pada artikel sebelumnya, atau mengarahkan pada situs yang menjadi referensi.

Sumber Referensi:

Membangun Bisnis Online, James Timothy, PT Elex Komputindo, Jakarta, 2010.

Startegi Serangan Internet Marketing, Riyeke Ustadiyanto, S.E dan Silvia Ratna A., S.E, Andi Offset, Yogyakarta, 2002.

 

Sumber Gambar:

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/f/fe/Seo-wikipedia.jpg

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top