Tips

Sebelum Anda Memutuskan untuk Berwirausaha, Sebaiknya Miliki Dulu 5 Hal Ini!

Berwirausaha atau merintis usaha sendiri memang membutuhkan banyak persiapan dan modal yang cukup. Jangan berpikir bahwa modal untuk berwirausaha hanya berupa materi saja, namun modal dan persiapan yang dibutuhkan pasti mencangkup banyak aspek seperti perencanaan, anggaran dan mental pebisnisnya. Apakah Anda termasuk orang yang ingin sukses dengan menapaki karir di bidang usaha sendiri ini? Jika benar Anda menaruh harapan besar untuk menjadi wirausahawan, sebaiknya miliki 5 hal berikut ini sebelum Anda benar-benar memutuskan untuk berwirausaha.

  1. Miliki Anggaran Modal yang Pas dan Sesuai dengan Kebutuhan Usaha Anda

Sebelum terjun ke dunia wirausaha, ada baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu berapa kisaran modal usaha yang akan dibutuhkan di lapangan. Misalnya membuat proposal pengajuan anggaran biaya untuk menyelenggarakan suatu event, tentu Anda harus mengetahui berapa biaya yang akan dibutuhkan untuk bisa membangun usaha yang akan dilakukan tersebut. Rincilah setiap biaya yang dibutuhkan, lalu akumulasikan berapa total jumlah biaya yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha tersebut. Bukan mengira-ngira biaya, namun perhitungkanlah dengan rinci. Jika ternyata hasil perhitungan tidak sesuai dan tidak mencukupi dengan kebutuhan, maka sebaiknya jangan memaksakan diri untuk menjajal bisnis tersebut. Namun jika Anda benar-benar ingin memulai bisnis tersebut, cobalah untuk menabung hingga tabungan Anda cukup. Ingat, sebisa mungkin hindari mengutang atau menggunakan kartu kredit sebagai modal usaha. Karena, mengutang merupakan hal yang justru tidak direkomendasikan untuk Anda seorang wirausahawan pemula.

  1. Pisahkan Uang ke Dalam 2 Rekening yang Berbeda

Saat memulai usaha sendiri, pastikan Anda memiliki 2 rekening yang berbeda. Pisahkan uang Anda dengan jelas ke dalam 2 rekening, yaitu tabungan pribadi untuk kebutuhan personal dan tabungan dana tambahan untuk menjalankan usaha Anda. Kenapa hal ini harus Anda miliki? Karena di masa-masa awal merintis usaha, penghasilan Anda pasti tidak akan stabil. Itulah sebabnya Anda harus memiliki tabungan yang cukup guna untuk menjamin kebutuhan hidup sehari-hari. Begitu pula dengan dana usaha yang datangnya dari dompet Anda tersebut, manfaatkanlah sebagai budget tambahan jika suatu saat nanti anggaran perusahaan ternyata tidak bisa mencukupi biaya operasional usaha. Jangan lupa, terapkan juga pola hidup hemat dan hindari gaya hidup boros selama Anda masih merintis usaha dan belum mencapai kesuksesan.

  1. Miliki Ide dan Konsep Bisnis yang Matang

Ide dan konsep bisnis yang matang adalah kompas yang sebenarnya bisa memandu Anda agar tidak hilang arah di tengah jalan pada saat menjalankan usaha. Apabila Anda memiliki ide yang cukup cemerlang, maka sebaiknya jangan terlalu cepat mengambil keputusan dan merasa yakin dengan ide tersebut. Sebab, di luar sana pasti banyak orang yang mempunyai ide bahkan jauh lebih bagus dari ide Anda. Lakukanlah observasi terlebih dahulu, carilah hal lain yang bisa membuat ide dan konsep usaha Anda lebih menarik dan berbeda dari yang pernah ada. Lakukan analisis yang baik, apakah ide tersebut mempunyai peluang yang bagus untuk diminati banyak orang? Jika jawabannya tidak, cobalah cari ide dan konsep bisnis lain yang bisa menghasilkan keuntungan untuk Anda.

  1. Petakan dengan Jelas dan Detail Segala Aspek yang Berhubungan dengan Usaha Anda

Karena tidak membuat perencanaan yang matang, maka banyak pebisnis pemula yang mengalami kegagalan di awal. Padahal perencanaan bisnis ini sangatlah penting, dengan adanya rencana Anda pun akan mengetahui apa yang sebenarnya ingin di capai dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Jadi, petakan dan rencanakanlah bagaimana caranya menjalankan bisnis dan ketahui apa visi misi dari bisnis tersebut. Lalu, cari tahu juga bagaimana cara mencapai tujuan bisnis serta operasionalnya. Jangan lupa untuk merencanakan pendanaan, karena tanpa adanya dana yang pas bisnis pun tidak akan pernah bisa dilaksanakan. Dengan memetakan dengan jelas dan detail segala aspek yang berhubungan dengan usaha yang akan dijalankan, maka usaha atau bisnis pun dapat berjalan dengan lancar bahkan terhindar dari resiko mogok di tengah jalan.

  1. Siapkan Strategi Promosi yang Benar dan Jitu

Menyadari bahwa produk Anda belum dikenal oleh banyak orang, maka pikirkanlah secara matang bagaimana strategi yang baik untuk memasarkan produk Anda. Pastikan untuk memasarkan bisnis yang sesuai dengan segmen dan target pasar Anda, semisal anak muda yang hampir melek dengan teknologi. Jika target pasar Anda melek teknologi seperti anak muda, maka manfaatkanlah seluruh channel sosial media sebagai tempat promosi bisnis Anda. Jangan sampai salah memiih strategi pemasaran, karena produk Anda mungkin tidak akan bisa sampai pada calon konsumen. Jika strategi Anda tidak pas, maka akan kecil kemungkinan orang-orang mengenal bisnis Anda.

Nah, apakah Anda sudah mulai mempersiapkan hal-hal di atas sebagai modal usaha nanti? Jika belum, yuk miliki dari sekarang agar persiapan Anda sebagai seorang entrepreneur semakin matang. Selamat berwirausaha!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top