Peluang Usaha

Sebelum Mulai Menjalankan Bisnis Jasa Titip Barang, Yuk Terapkan Dulu 4 Hal Ini!

bisnis-titip-barang

Sebagian orang memiliki kebiasaan membeli barang kepada jasa titip barang, karena mereka cenderung sibuk untuk membeli keperluan yang diinginkan. Seiring banyaknya orang yang berminat untuk membeli barang kepada jasa penitipan barang tersebut, maka kebiasaan ini pun kian berkembang menjadi sebuah ladang bisnis yang menguntungkan. Tidak hanya barang produksi dalam negeri, namun juga barang produksi luar negeri. Bisnis ini tidak hanya menampung produk lokal atau barang berdiskon besar, tetapi juga brand terkenal yang harganya mahal lho. Meskipun terkesan biasa saja, namun bisnis jasa titip barang cukup menggiurkan. Untuk bisa meraih omzet yang besar, sebaiknya lakukan persiapannya terlebih dahulu. Langsung saja yuk, simak beberapa persiapan yang wajib dilakukan sebelum mulai menjalankan bisnis jasa titip barang berikut ini.

  1. Menentukan Jenis Barang yang Tepat

Hal pertama yang wajib Anda siapkan, sebelum mulai menjalankan bisnis jasa titip barang adalah menentukan jenis barang yang tepat. Apalagi, saat menjalankan bisnis jasa titip barang ini Anda harus berkeliling untuk bisa memperoleh barang-barang tertentu. Oleh karena itu, buatlah katalog dengan jenis barang yang spesifik dan terfokus. Selain itu, jangan pernah Anda menjual semua jenis barang sekaligus karena hal ini dapat membuat Anda lebih lelah mengunjungi beberapa tempat penjualan guna memenuhi semua permintaan para konsumen. Namun, Anda bisa lebih fokus pada barang yang bisa didapatkan dalam satu tempat seperti produk kecantikan atau fashion. Dengan menentukan jenis barang tertentu, maka Anda akan lebih menghemat energi serta pengeluaran biaya transportasi. Dari sini, Anda pun akan mendapatkan laba atau keuntungan yang lebih besar lagi.

  1. Melakukan Riset Terlebih Dahulu

Untuk menentukan target pasar yang sesuai, maka sebaiknya lakukan sebuah riset terlebih dahulu. Anda bisa mulai meriset dengan mengunjungi beberapa mall atau pusat perbelanjaan, lalu mengamati apa saja jenis barang yang sekiranya menarik untuk ditawarkan kepada calon konsumen. Selain itu, catat juga beberapa mall yang sering mengadakan event sale. Dengan melakukan riset ini, tentu Anda akan mengetahui jenis barang apa saja yang paling baik untuk ditawarkan serta tempat belanja apa yang dapat memberikan harga kompetitif. Tidak hanya melakukan riset untuk barang dan tempat pembelian saja, tapi Anda juga harus mengetahui sistem kerja toko, mall atau outlet yang menjadi sasaran tersebut. Misalnya mencari tahu jadwal masuk produk baru dan apa saja kategorinya, jadwal sale dan lain sebagainya. Saat melakukan riset Anda perlu berhati-hati dengan setiap peraturan yang ditetapkan di beberapa mall atau toko tersebut, seperti larangan memotret barang-barang yang ada di display. Hal ini tentu saja harus Anda hindari agar terhindar dari masalah di kemudian hari.

  1. Menggunakan Sistem Bayar di Muka

Saat Anda menawarkan barang yang menarik, mungkin akan ada calon konsumen yang merasa perlu melakukan pemesanan barang tersebut. Namun begitu melihat tagihan dengan jumlah nominal yang besar, ternyata mereka terkejut dan tiba-tiba membatalkan pesanannya. Maka dari itu, untuk melihat kesungguhan konsumen dan menghindari pembatalan pesanan Anda bisa meminta konsumen untuk membayar di awal sebelum Anda membeli barang tersebut. Nah, dengan adanya pembayaran di muka ini tentu Anda akan terbebas dari masalah pembatalan sekaligus membantu Anda dari masalah keterbatasan modal.

  1. Rajin Berburu Event

Terakhir, hal yang wajib Anda siapkan sebelum mulai menjalankan bisnis jasa titip barang adalah rajin berburu event yang potensial. Karena, meskipun namanyabisnis jasa titip barang namun bukan berarti Anda hanya bekerja duduk menunggu konsumen saja. Akan tetapi, agar bisnis jasa titip barang Anda laku keras sebaiknya harus aktif mencari informasi dan mendatangi event-event menarik yang sekiranya sesuai dengan target market usaha Anda. Contohnya, rajin mendatangi mall yang sedang mengadakan sale besar-besaran atau sedang mengadakan pameran langka yang jarang diselenggarakan dan lain sebagainya. Dengan cara ini, tentu Anda akan mendapatkan wawasan yang lebih luas untuk memperlancar bisnis jasa titip barang yang sedang dijalankan.

Itu dia 4 hal yang wajib Anda lakukan sebelum mulai menjalankan bisnis jasa titip barang. Jika bisnis ini bisa dijalankan dengan baik dan tekun, maka bukan hal yang tidak mungkin Anda akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar bagi keuangan bukan?Apabila pemasukan yang didapatkan mulai teratur dan banyak,jangan lupa untuk melakukan pengelolaan dan pencatatan keuangan dengan sangat baik dan benar. Selamat berbisnis!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top