StartUp dan UKM

Sebelum Terjun Ke Dunia Startup Kenali Dulu Istilah Mereka

Startup merupakan jenis perusahaan yang mulai menggeliat dan menarik perhatian di era serba teknologi saat ini. pemerintah bahkan mendorong masyarakat khususnya para pemuda untuk mendirikan startup demi meningkatkan perekomonian negara. Startup ialah  perusahaan yang masih dalam fase pengembangan dan penelitian serta pengoperasiannya masih dalam jangka waktu pendek. Startup umumnya menawarkan layanan jasa kepada konsumen dengan memanfaatkan teknologi yang ada saat ini. Perkembangan bisnis startup di Indonesia sendiri  sudah semakin meningkat dengan layanan jasa yang beragam pula. Sayangnya masih minimnya developer local yang berkualitas sehingga startup tanah air masih kalah jauh dengan China. Sebelum terjun dalam bisnis startup ada baiknya jika anda mengenal dahulu istilah yang sering digunakan dalam bisnis ini.

Startup Unicorn

Istilah satu ini sering banget muncul jika sedang membahas startup. Kira-kira anda sudah memahami belum atau makna dari startup unicorn ini?. Startup unicorn merupakan  gelar yang disematkan pada startup yang nilai valuasinya mencapai angka $1 miliar. Di Indonesia sendiri ada beberapa startup yang mendapatkan gelar ini diantaranya ialah Tokopedia, Traveloka, dan Bukalapak.  Nilai valuasi ini didapatkan dari tingginya pengguna  aplikasi startup tersebut sehingga nilai dari perusahaan startup inipun menjadi tinggi di pasaran.  Selain itu reputasi dari perusahaan startup inipun meningkat sehingga kepercayaan investorpun mudah untuk diraih.

Silicon Valley

Selain startup unicorn juga muncul istilah silicon valley jika menyinggung bisnis startup. Silicon valley sendiri merupakan  kawasan dimana banyak perusahaan teknologi bernaung mulai dari Youtube, Google, Facebook hingga Apple dan HP. Nama silicon sendiri diambil karena banyak perusahaan dibidang industry semikonduktor dan computer berada dikawasan ini. Silicon valley sendiri berada di daerah selatan San Fransisco Bay, California di Amerika Serikat. Pencetus nama silicon Valley sendiri ialah Ralph Vaerest yang merupakan pengusaha sukses di California pada 11 Januari 1971.

Coworking Space

Ada pula istilah coworking space yakni ruang perkantoran mandiri yang bisa digunakan oleh beberapa perusahaan. Coworking space sendiri menyediakan ruang dimana terdapat meja, koneksi internet dan ruang konferensi bagi startup yang tidak memiliki tempat permanen. Untuk memiliki coworking space ini anda cukup membayar sewa per jam maupun per harinya.

Monetisasi

Ada pula istilah monetisasi yakni konversi produk sebagai alat pembayaran yang sah.  Monetisasi sendiri sebenarnya istilah yang dipakai untuk sesuatu yang bisa dikomersialkan. Istilah ini sering muncul jika anda seorang youtuber.

Venture Capital

Venture capital merupakan perusahaan yang bertugas mengumpulkan dana secara kelompok maupun individu untuk disalurkan ke startup yang diperkirakan menguntungkan. Venture capital ini nantinya mendapatkan keuntungan dalam bentuk saham dari startup yang diinvestasikannya.

Decacorn dan Hectocorn

Ternyata selain unicorn ada pula tingkatan pencapaian startup lainnya yakni decacorn dan hectocorn. Bagi startup yang memiliki nilai valuasi sebesar USD 10 miliar maka akan disebut dengan decacorn. Kebanyakan startup pada tingkatan decacorn merupakan startup yang berasal dari Amerika Serikat. Di Indonesia sendiri Go-Jek sudah bisa mendapatkan gelar decacorn. Istilah hectocorn disematkan untuk startup yang memiliki nilai valuasi hingga USD 100 miliar.

Untuk membangun startup dari nol anda butuh kerja keras. Anda juga perlu mencari banyak relasi agar dukungan finansial dan lainnya mudah. Jangan takut untuk mencoba hal-hal baru dan keluar dari zona nyaman anda. Gimana berniat mulai membangun startup mulai dari sekarang?yuk segera temukan ide bisnis startupmu

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top