Lainnya

Sedang Jalani Karir di Bidang IT? Ini Dia 5 Resep Suksesnya

sukses-karir-IT

Semakin majunya zaman, kita memang tidak bisa melawan arus perubahan yang mengikutinya. Salah satu perubahan yang terasa di zaman dengan perkembangan teknologi yang massif ini adalah munculnya beragam profesi dibidang IT (Informasi dan Teknologi). Beberapa profesi dibidang IT yang bisa kita jumpai saat ini antara lain software engineer, website developer, programmer, mobile developer, web designer dan lain sebagainya. Kebutuhan perusahaan akan tenaga IT terampil yang terus membesar ini menjadikan profesi dan karir dibidang teknologi informasi semakin memikat untuk dijalani. Dari sinilah kemudian profesi dibidang IT terus menjadi incaran banyak orang dan menciptakan tingkat persaingan yang semakin ketat. Dengan adanya persaingan tersebut maka untuk mencapai suskes dibidang IT diperlukan usaha dan kerja keras. Nah untuk bisa membantu Anda menapaki karir dibidang IT dengan sukses ada beberapa resep atau tips manjur yang bisa Anda terapkan.

  1. Rajinlah Membaca Buku dan Terapkan Teori

Resep sukses pertama untuk jalani profesi dibidang IT adalah dengan rajin membaca buku dan menerapkan teorinya. Untuk memperdalam ilmu yang dimiliki, Anda memang tidak bisa hanya mengandalkan materi yang telah diberikan dosen di kampus. Anda sebagai orang yang ingin sukses menapaki karir harus juga belajar mandiri dengan membaca buku. Saat ini buku-buku tentang IT sudah banyak didapati di toko-toko buku. Tinggal kemauan Anda untuk membeli dan membaca serta mempelajarinya. Jangan lupa juga untuk langsung menerapkan teori yang telah didapat dari buku agar apa yang telah dipelajari mudah untuk diingat.

  1. Selalu Mengikuti Perkembangan Teknologi

Teknologi yang ada saat ini memang belum tentu ada dimasa depan. Sebab dua, lima atau sepuluh tahun mendatang bisa jadi dan sangat mungkin muncul teknologi lain yang lebih maju dari sekarang. Pertumbuhan teknologi yang pesat iniah yang membuat Anda harus selalu update mengikuti perkembangan. Jadi jangan lagi berdiam diri dengan hanya berfokus pada apa yang terjadi saat ini. Tapi saat ada perubahan dibidang yang dijalani, Anda harus langsung mempelajarinya dengan tekun.

  1. Sering Berdiskusi dengan Rekan Seprofesi

Jangan malu untuk saling bertukar pendapat dengan teman atau rekan seprofesi di kantor. Sebab dengan saling berdiskusi dan bertukar pendapat bisa membuat Anda mendapatkan pengetahuan yang mungkin belum pernah pahami. Jadi saat Anda waktu dan kesempatan untuk berdiskusi, cobalah untuk mengarahkan topik pembicaraan pada bidang IT yang sedang digeluti. Untuk mendapatkan topik pembicaraan yang diinginkan, Anda bisa memancing diskusi dengan tema dunia IT terbaru. Dari diskusi dan saling tukar pikiran inilah bukan tidak mungkin akan ada pengetahuan dan ilmu baru yang bisa Anda jadikan pijakan untuk melangkah ke level skill yang lebih tinggi.

  1. Aktif di Komunitas dan Forum

Untuk bisa sukses, perjuangan dan kerja keras memang harus dilakukan. Salah satu hal yang bisa Anda jalankan untuk usaha mencapai sukses dibidang IT adalah dengan bergabung dan aktif di komunitas dan forum. Saat ini komunitas memang sudah banyak bermunculan. Komunitas dibidang IT yang Anda tekuni bukan tidak mungkin juga ada. Nah jika Anda menjumpai komunitas yang sesuai dengan bidang IT yang sedang digeluti, cobalah untuk bergabung. Tapi jangan hanya bergabung saja, tapi cobalah untuk aktif mengikuti kegiatan demi kegiatannya. Dari usaha Anda aktif mengikuti kegiatan komunitas maka sangat mungkin untuk Anda mendapatkan ilmu dan pengalaman baru yang sangat berguna bagi peningkatan karir dibidang IT Anda.

  1. Tidak Cepat Berpuas Diri

Terakhir, untuk sukses menjalankan karir dan profesi dibidang IT ini Anda tidak boleh cepat berpuas diri. Sifat ini memang berbahaya karena dapat menggugurkan skill yang selama ini Anda kuasai. Mengapa demikian? Sebab dunia IT yang selalu berkembang memang menuntut seorang IT harus terus mengupdate serta mengevaluasi diri. Bahkan bila membandingkan dengan dunia profesi lain, dunia IT menjadi bidang yang sangat cepat berubah. Maka dari itu seorang yang menjalankan profesi di bidang IT tidak boleh cepat puas dengan ilmu yang telah diperoleh. Alih-alih berpuas diri, Anda harus terus selalu menanamkan rasa penasaran yang besar pada hal-hal baru atau sesuatu yang belum Anda kuasai.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top