Lainnya

Sedang Negosiasi Harga dengan Konsumen? Lakukan 6 Hal yang Tepat Berikut Ini

negosiasi-harga

Dalam dunia usaha tak jarang muncul konsumen yang menawar harga produk atau layanan bisnis. Konsumen yang menawar harga memang hal yang sebenarnya wajar. Meski demikian tak sedikit pebisnis yang tidak sabar menghadapi konsumen negosiasi harga. Akhirnya karena pebisnis ini tidak sabar dan tidak tepat bersikap saat bernegosiasi membuat konsumen jadi kesal dan tidak jadi membeli. Maka dari itu Anda sebagai pebisnis ingin banyak konsumen yang membeli produk atau layanan bisnis, pastikan Anda tidak sembarangan saat melakukan negosiasi. Untuk panduannya, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda jalankan ketika melakukan negosiasi harga dengan konsumen.

  1. Dengarkan Keinginan Pelanggan

Pertama, tips bernegosiasi harga dengan konsumen adalah dengan mendengarkan keinginan konsumen. Jadi pertama kali yang harus Anda lakukan adalah hanya mendengarkan mereka bicara dan mengutarakan keinginannya. Mungkin mereka hanya sekedar ingin mencoba mendapatkan harga yang lebih murah. Itu wajar jika hanya sebatas penawaran. Dengan mendengarkan keinginan meraka maka mereka akan merasa dihargai oleh Anda. Dan saat mereka merasa dihargai maka Anda pun berpeluang mendapatkan deal dengan harga Anda. Perasaan seseorang yang sudah merasa dihargai memang lebih mudah untuk ditaklukkan. Ini karena mereka sudah bersimpati pada Anda.

  1. Jangan Mematok Harga Terlalu Rendah

Saat menjalankan bisnis Anda tentu bertujuan untuk mendapatkan keuntungan kan. Nah untuk bisa mendapatkan untung maka Andatak mungkin atau mustahil bila melepas harga yang rendah. Walau Anda sedang menghadapi persaingan bisnis yang sangat ketat, sangat tidak elok bila Anda kemudian membanting harga produk atau layanan Anda. Bila Anda melakukan hal ini maka itu berarti produk atau layanan bisnis Anda tidak memiliki nilai. Anda sendiri dalam hal ini selaku owner bisis tidak memiliki kepercayaan pada nilai dan kualitas produk atau layanan bisnis. Ketika Anda sudah membanting harga maka hal ini akan berdampak pada bisnis Anda yang sulit berkembang. Maka dari itu Anda yang tidak ingin hal ini pastikan Anda tidak mematok harga terlalu rendah saat bernegosiasi.

  1. Fokus Pada Nilai dan Kualitas Produk Anda

Nilai dan kualitas produk memang menjadi kunci bagaimana Anda bisa yakin dan percaya diri untuk tetap bertahan pada harga yang Anda inginkan saat bernegosiasi harga. Dengan nilai dan kualitas ini pula Anda akan bisa memenangkan negosiasi harga dengan konsumen. Ini karena nilai dan kualitas produk memang memiliki pembeda dengan produk lain. Dan hal inilah yang menjadikan harga produk yang bernilai lebih besar dibanding produk yang tak bernilai. Jadi setelah konsumen mengajukan penawaran maka cobalah untuk memberikan penjelasan bahwa produk Anda memang punya nilai dan kualitas yang berbeda dengan yang lain. Dan jelaskan pula bahwa harga yang dibayar konsumen akan memuaskan mereka.

  1. Kendalikan Emosi dan Bersabarlah

Selanjutnya, tips bernegoasi harga dengan konsumen adalah dengan tetap mengendalikan emosi. Saat bernegosiasi dengan konsumen memang bisa saja Anda tersulut emosi entah karena sikap atau beberapa perkataan yang menyinggung. Apalagi bila kemudian negosiasi yang terjadi cukup alot, maka tingkat emosi pun bisa semakin tak terkendali. Tapi sebagai pebisnis sejati Anda tak perlu sampai tersulut emsosi gara-gara sikap atau perkataan konsumen saat bernegosiasi harga. Sebab bila Anda tersulut emosi maka konsumen pun bisa menjadi tidak respect dan tidak jadi membeli produk Anda. Bukan hanya itu bila konsumen juga ikut merasa jengkel dengan sikap emosi Anda, mereka bukan tidak mungkin menceritakan pada orang lain dan hal ini akan semakin mengancam bisnis Anda. Jadi untuk menghadapi konsumen saat bernegosiasi harga ini juga diperlukan kesabaran.

  1. Berikan Penawaran Menarik Lainnya

Terkahir, tips menghadapi negosiasi harga dengan konsumen yang tepat adalah dengan memberikan penawaran menarik lainnya. Bila memang masih belum terjadi kesepakatan harga dan dikhawatirkan konsumen mendatangi kompetitor maka cobalah untuk memberikan penawaran harga yang lain. Tentu Anda harus tetap berprinsip tidak membanting harga. Dalam kaitannya dengan tips ini Anda bisa menurunkan harga tapi masih dengan batas yang wajar. Selain menurunkan harga dengan batas yang wajar, Anda juga bisa memberi penawaran lain yaitu dengan memberikan bonus atau juga memberikan promo pembelian yang lebih besar. Nah dengan adanya penawaran lain ini, konsumen yang awalnya merasa tidak cocok dengan harga Anda akan berubah pikiran dan akhirnya deal untuk membeli barang atau layanan bisnis Anda.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top