Tips

Sedih dan Menyesal Saat Gagal Dalam Bisnis? Lakukan 5 Hal Ini Agar Tidak Berlarut-larut

bangkit-dari-kegagalan-bisnis

Dalam bisnis memang tidak jarang ada kegagalan yang menyertai. Sebagai pebisnis sejati seharusnya sudah paham dengan adanya risiko sera kegagalan yang mengiringi aktivitas bisnis. Tapi sebagai manusia, para pengusaha juga punya perasaan yang membuatnya sedih dan menyesal ketika mendapati kegagalan dalam bisnisnya. Perasaan sedih dan menyesal memang wajar. Tapi Anda yang ingin menjadi pebisnis sejati dan sukses tentu tidak boleh berlarut-larut dalam kesedihan dan penyesalan tersebut. Tapi bagaimana caranya agar kesedihan dan penyesalan dalam kegagalan bisnis ini? Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

  1. Cari Tahu Penyebab Penyesalan dan Kegagalan

Pertama, hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi perasaan sedih dan penyesalan akibat kegagalan bisnis adalah dengan mencari tahu penyebabnya. Kegagalan bisnis yang Anda alami tentu ada penyebabnya. Nah dari sinilah Anda harus mencari tahu dulu apa yang membuat bisnis mengalami kegagalan. Ketika Anda sudah bisa mengetahui penyebabnya maka Anda pun bisa segera memperbaiki dan segera bangkit. Tapi bila Anda tidak mau berusaha mencari penyebab kegagalan bisnis maka sampai kapan pun Anda akan sulit bangkit dari kesedihan dan penyesalan. Ini dikarenakan Anda tidak tahu mau berbuat apa untuk memperbaiki kegagalan bisnis tersebut.

  1. Jangan Menyalahkan Orang Lain

Meskipun Anda mendapati bahwa kegagalan bisnis ini disebabkan oleh orang lain, Anda tak perlu terus-menerus menyalahkan mereka. Sebab, hal yang sudah terjadi tidak akan bisa kembali lagi walaupu Anda terus-menerus setiap hari menyalahkan orang lain. Alih-alih bangkit kembali, sikap anda yang selalu menyalahkan orang lain dari kegagalan bisnis ini akan membuat Anda terus terpuruk dalam kesedihan dan penyesalan. Maka dari itu agar Anda bisa bangkit dari kesedihan dan penyesalan, cobalah untuk tak terlalu menyalahkan orang lain dalam kegagalan bisnis tersebut. Apapun yang terjadi, Anda sebagai pebisnis harus bertanggung jawab penuh pada setiap keadaan, termasuk kegagalan. Dari tanggung jawab ini maka Anda pun akan punya kesungguhan untuk segera bangkit dari kegagalan.

  1. Ceritakan Masalah Anda pada Orang Lain

Biasanya orang-orang yang selalu sedih dan larut dalam penyesalan adalah mereka yang tak mau berbagi ceritanya kepada orang lain. Karena mereka memendam sendiri kisah sedihnya maka rasa itu akan terus dirasakannya. Maka dari itu Anda sebagai pebisnis tak perlu malu atau gengsi untuk bercerita tentang kegagalan bisnis yang Anda jalankan. Minimal cobalah Anda menceritakan masalah ini pada pasangan atau keluarga. Lebih baik lagi bila kemudian Anda menceritakan hal ini pada ahlinya atau mentor bisnis Anda. Selain akan membuat kesedihan dan penyesalan sirna, dengan menceritakan kegagalan ini bisa jadi Anda juga akan mendapatkan solusi dari orang lain tersebut.

  1. Maafkan Diri Anda Sendiri

Selanjutnya, hal yang harus Anda lakukan agar tidak sedih dan larut dalam penyesalan dalam kegagalan bisnis adalah memaafkan diri sendiri. Tak jarang orang-orang yang larut dalam penyesalan adalah mereka yang tidak bisa memaafkan diri sendiri. Ingat, semua orang pasti pernah berbuat salah. Setiap kesalahan yang ada ini bukan berarti harus Anda renungi saja karena merasa Anda salah. Tapi kesalahan yang ada haruslah segera Anda atasi. Dengan segera mengatasi kesalahan yang ada maka Anda pun akan segera bisa bangkit dan menghilangkan perasaan sedih dan penyesalan tersebut. Tapi supaya Anda bisa bangkit dan mampu mengatasi kesalahan yang ada maka syaratnya Anda harus bisa memafkan diri Anda terlebih dulu.

  1. Jadikan Penyesalan Sebagai Motivasi

Terakhir, hal yang bisa Anda lakukan untuk tidak berlarut-larut dalam kesedihan dan penyesalan karena kegagalan bisnis adalah dengan menjadikan kesalahan atau kegagalan sebagai pelajaran dan motivasi. Kesalahan dan pengalaman adalah guru yang paling berharga. Itulah kira-kira sebuah penggalan peribahasa yang harus Anda jadikan pedoman untuk bangkit dari kegagalan. Dengan belajar dari pengalaman dan kegagalan maka Anda punya kewaspadaan ke depannya untuk mengantisipasi datangnya kesalahan yang sama. Dengan menjadikan kegagalan sebagai pelajaran dan motivasi maka perhatian dan perasaan Anda akan teralihkan. Dari sinilah maka kesedihan da juga penyesalan pun akan bisa Anda atasi dengan segera.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top