Keuangan

Selagi Muda, Yuk Terapkan 5 Jenis Investasi Dana Pensiun yang Sebaiknya Dimiliki Oleh Kawula Muda Ini!

Investasi menjadi salah satu pilihan favorit banyak orang untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah, mulai dari emas hingga membeli saham. Hal ini memang disarankan, namun masalahnya dari semua jenis investasi yang ada ternyata investasi dana pensiun malah terabaikan. Padahal investasi dana pensiun ini penting sekali lho, terutama bagi anak muda. Banyak kawula muda yang belum terpikir ke arah sana, bahkan mereka malah memikirkan investasi dana pensiun tersebut jika sudah mau mendekati waktunya. Apabila hal ini terjadi, maka bisa dibilang sudah terlambat untuk berinvestasi dana pensiun. Bagi Anda kawula muda, sebaiknya segera miliki jenis investasi dana pensiun yuk sebelum terlambat. Lalu, apa saja jenis investasi dana pensiun yang sebaiknya dimiliki kaum kawula tersebut? Melansir Otoritas Jasa Keuangan (OJK), berikut 5 jenis investasi dana pensiun yang disarankan untuk dimiliki kawula muda agar masa tua dapat hidup dengan nyaman dan bahagia.

  1. Investasi Saham

Pertama, investasi dana pensiunan yang disarankan untuk dimiliki kawula muda agar masa tuanya dapat hidup bahagia adalah investasi saham. Sebab, sebagai investor Anda akan mendapatkan keuntungan dari hasil pembagian laba (dividen) dan dari kenaikan harga saham (capital gain). Kedua hal tersebutlah, yang menjadi sumber pendapatan tetap di hari tua Anda nanti. Apalagi, pembagian laba (dividen) umumnya akan meningkat setiap tahun. Namun, Anda tetap harus ingat bahwa semakin besar dividen maka semakin besar juga risiko yang harus di tanggung. Oleh karena itu, Anda harus mencari tahu informasi terlebih dahulu sebelum memutuskan berinvestasi saham ini.

  1. Reksadana Pasar Uang

Tidak hanya investasi saham, reksadana kini juga banyak dipilih kawula muda untuk investasi dana pensiun. Selain menguntungkan, reksadana juga merupakan investasi yang mudah karena dikelola secara langsung oleh manajer investasi. Di sini, Anda hanya perlu menyetor dana kepada perusahaan manajer investasi. Lalu, perusahaan manajer investasi akan bertanggung jawab mengatur dan mengelolanya guna untuk mendapatkan return setinggi mungkin. Selain itu, tidak hanya bertanggung jawab dan mengelola investasi. Manajer investasi, juga bertugas untuk mencari instrumen reksadana yang menguntungkan dan memiliki risiko paling rendah. Salah satu reksadana yang memiliki risiko paling rendah tersebut adalah reksadana pasar uang. Hal ini dikarenakan, reksadana pasar uang mempunyai deposito berjangka dan obligasi jatuh tempo di bawah satu tahun. Nah, tentu saja nilai ini bisa dibilang paling aman ketimbang reksadana yang lainnya. Melihat risiko yang rendah, maka Anda sebagai kawula muda yang ingin berinvestasi dana pensiun bisa memilih reksadana pasar uang yang menguntungkan bagi masa depan.

  1. Deposito Berjangka

Selain reksadana, deposito berjangka juga merupakan salah satu instrumen investasi yang memiliki risiko rendah serta aman terhadap fluktuasi suka bunga. Untungnya lagi, jika Anda memilih deposito berjangka maka semua uang yang Anda simpan di bank akan terlindungi sepenuhnya. Tidak hanya itu, suku bunga yang diberikan deposito berjangka juga terbilang cukup besar lho. Hanya saja, besaran suku bunga tersebut tergantung jangka waktu deposito yang dipilih. Jika berinvestasi di deposito berjangka, Anda bisa memakai fitur automatic roll over. Maksudnya, deposito akan diperpanjang secara otomatis jika sudah waktunya jatuh tempo. Dari sini, tanpa disadari dana yang Anda investasikan akan terus berkembang.

  1. BPJS Ketenagakerjaan

Ini dia salah satu program pemerintah yang bisa menjadi tabungan untuk masa tua Anda, sebut saja BPJS Ketenagakerjaan. BPJS Ketenagakerjaan ini, mempunyai program Jaminan Hari Tua (JHT) untuk bekal di hari tua nanti. Jika Anda bekerja di suatu perusahaan, penghasilan Anda akan dipotong setiap bulannya oleh perusahaan untuk dibayarkan iuran ke pihak BPJS Ketenagakerjaan. Sistemnya tidak akan terasa ko, justru lama kelamaan jika Anda sudah tidak lagi bekerja maka Anda bisa mencairkannya. Nah, melihat sistemnya yang mudah dan tentu menguntungkan ini Anda bisa memilih program BPJS Ketenagakerjaan sebagai investasi dana pensiun.

  1. Investasi Emas Batangan

Terakhir, investasi dana pensiun yang sebaiknya dimiliki oleh kawula muda adalah investasi emas batangan. Investasi emas batangan, kini juga banyak diminati banyak orang. Hal ini dikarenakan, investasi emas batangan merupakan salah satu jenis investasi yang menguntungkan. Melihat harga emas yang selalu naik setiap tahunnya, maka investasi emas batangan cocok dijadikan sebagai investasi dana pensiun untuk masa tua Anda nanti. Untuk mencoba investasi ini, disarankan Anda jangan membelinya secara kredit. Namun, pakailah uang tunai untuk menghidari risiko gagal bayar.

Itu dia 5 jenis investasi dana pensiun yang sebaiknya dimiliki oleh kawula muda sejak masih muda. Sebagai kawula muda, tentu Anda ingin masa tua yang gemilang dan bahagia bukan? Maka dari itu, yuk berinvestasilah dari sekarang. Jika bukan sekarang, kapan lagi? Selamat mencoba!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top