Peluang Usaha

Selain Kekinian, Menjadi Promoter Musik Juga Bisa Bikin Kaya

Selain Kekinian, Menjadi Promoter Musik Juga Bisa Bikin Kaya – Bagi seseorang yang gemar dengan dunia musik, segala sesuatu yang berhubungan dengan musik pasti akan menjadi hal yang menyenangkan. Bahkan dari hanya sekedar hobi, jika anda mampu memanfaatkan peluang, anda bisa menghasilkan pundi-pundi keuangan dengan jumlah yang fantastis. Misalnya saja menjadi penyanyi, menjadi penulis lirik  lagu, aransemen musik, dan bahkan menjadi promoter musik. Terlebih jika anda memiliki bakat-bakat yang memang sudah bagus, beberapa pekerjaan tersebut pasti akan sangat menyenangkan.

Nah, dari beberapa contoh pekerjaan berbau musik diatas, kira-kira untuk saat ini manakah yang paling anda inginkan? Menjadi penyanyi pastinya akan dikenal banyak orang, menjadi penulis lagu akan memberikan kebebasan anda dalam berimajinasi, aransemen lagu juga tak kalah keren, apalagi menjadi promoter musik.

Akhir-akhir ini, promoter musik adalah pekerjaan yang mulai diminati oleh banyak orang. Mereka yang awalnya hanya menjadi penyanyi atau penulis lagu pun menjadi tertarik untuk mencoba hal ini. Namun tahukah anda apa sebenarnya pekerjaan promoter musik?

Seperti yang kita tahu jika belakangan ini jumlah penyanyi baik penyanyi dalam negeri maupun luar negeri yang melakukan konser di tanah air semakin banyak. Disinilah promoter musik berperan. Bisa dikatakan promoter musik adalah mereka yang merencanakan dan mengatur segala sesuatu yang berkaitan dengan acara konser tersebut, mulai dari memilih lokasi konser, penjualan tiket, mempromosikan konser,  mengatur segala sesuatu berkaitan dengan panggung, jumlah penonton, kebutuhan dibalik layar, kebutuhan sang artis beserta kru sebelum dan setelah konser, penginapan, konsumsi, dan masih banyak lainnya.

Meskipun terkesan ribet, nyatanya pekerjaan sebagai promoter musik mulai banyak dilirik oleh banyak kalangan. Banyak yang beranggapan pula jika dengan menjadi promoter musik seseorang bisa menjadi kaya dengan cepat. Tidak hanya itu, pekerjaan ini tidak akan pernah ada habisnya, mengingat musik merupakan suatu kebutuhan, dan semakin tahun penyanyi-penyani baru dengan jenis variasi musik terkini juga semakin banyak bermunculan. Sekali debut, dengan album ataupun single biasanya seorang penyanyi baik penyanyi dalam negeri maupun mancanegara akan melakukan tour keliling. Bisa dibayangkan, jika misalnya di indonesia seorang penyanyi melakukan tour keliling konser ke 10 kota dengan harga tiket rata-rata Rp 50rb dan jumlah penonton katakanlah 1000 orang, sudah berapa keuntungan yang mereka dapat. Apalagi dengan penyanyi mancanegara yang terkenal memiliki tarif cukup fantastis.

Salah satu promoter musik yang sudah sangat terkenal di tanah air adalah Adrie Sobono. Ia memulai membuka Java Musikindo sejak 24 tahun yang lalu, dan terbukti bisnis ini bisa terus berkembang hingga sekarang dan tidak pernah ada habinya. Selain soal keuntungan, beberapa orang beranggapan jika menjadi promoter musik adalah pekerjaan yang keren.

Mengerjakan sesuatu yang sesuai dengan bakat dan dilakukan dengan sungguh-sunggu pasti akan memberika keuntungan yang berlipat. Begitupun dengan menjadi promoter musik. Meskipun terlihat menyenangkan, namun jika anda melakukan pekerjaan ini hanya untuk mengikuti tren kekinian dan mendapatkan keuntungan berlipat, sudah jelas niat anda bukan sekedar ingin menjadi promoter professional, tetapi hanya untuk mengejar materi semata. Jika sudah begini, focus pekerjaan anda akan terpecah dan profesionalitas anda akan menurun sehingga lambat laun bisnis anda pasti tidak akan berjalan dengan lancar. Sebaliknya, jika anda melakukan pekerjaan ini semata dilandasi karena hobi dan kegemaran, anda bisa mencoba bisnis ini mulai dari nol, dan lakukan segala sesuatunya dengan baik.

Demikian informasi mengenai bisnis sebagain promoter musik. Semoga informasi ini bisa menginspirasi anda untuk mencoba menjadi promoter musik professional.

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: