Tips

Selain Materi, Penuhilah 5 Bekal yang Wajib Dimiliki Saat Menghadapi Kuliah Sambil Bekerja

Sekarang ini, sudah semakin banyak mahasiswa yang mengembangkan kemampuannya diluar pekuliahan. Beberapa diantara mereka ada yang sambil mengasah potensi, ada juga yang bekerja paruh waktu demi mendapatkan uang tambahan. Berbicara mengenai kuliah sambil bekerja, memang kedua hal tersebut bukan perihal yang gampang. Apalagi, karir dan ilmu merupakan salah satu hal yang essential. Oleh karena itu, tidak hanya materi saja yang diperlukan untuk memperlancar kuliah. Namun, Anda juga perlu memiliki bekal lainnya agar keduanya dapat berjalan dengan seimbang tanpa harus melupakan kewajiban Anda sebagai mahasiswa atau tanpa menyampingkan pekerjaan. Lalu, apa saja bekal yang wajib dimiliki saat Anda kuliah sambil bekerja? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

  1. Kondisikan Badan Anda untuk Kelancaran Kuliah dan Kerja Sebelum Waktunya Semakin Padat

Hal pertama yang wajib dimiliki saat menghadapi kuliah sambil bekerja yaitu mengkondisikan badan sebelum waktunya semakin padat. Meski kesibukan sering memakan banyak waktu, namun sebaiknya Anda harus memperhatikan kondisi badan. Karena sibuk, maka jangan sampai kesibukan tersebut membuat Anda jadi lupa memberi asupan yang bergizi untuk tubuh hingga membuat Anda jatuh sakit. Bukannya memberi efek positif, justru jatuh sakit akan membuat Anda semakin repot dengan urusan kuliah. Belum lagi Anda harus mengejar deadline pekerjaan yang akan terus menerus ada. Jika sudah jatuh sakit begini, lalu bagaimana Anda bisa menjalankan keduanya sementara kondisi badan tidak memungkinkan bekerja dan kuliah? Oleh sebab itu, utamakanlah kesehatan Anda dengan cara memanjakan tubuh seperti pijat refleksi atau mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

  1. Tentukan Mana yang Harus Lebih Diprioritaskan, Apabila Anda Dihadapkan Pada 2 Situasi yang Bersamaan

Saat Anda menemui dua hal yang bersamaan, maka saatnya Anda harus bisa memutuskan mana yang harus diutamakan. Sebelum Anda memutuskan untuk mengerjakan dua hal secara bersamaan, Anda juga perlu menentukan tujuan dan rencana kedepannya. Jika Anda sudah yakin dengan rencana dan tujuannya, maka saat Anda dihadapkan pada situasi yang mengharuskan Anda untuk memilih satu dari kedua hal tersebut. Dari sini, Anda akan lebih mudah menentukan mana hal yang benar-benar harus diprioritaskan. Dengan begini, Anda tidak akan kebingungan dalam mengerjakan keduanya.

  1. Miliki Jiwa dan Mental yang Kuat untuk Menghadapi Berat dan Sibuknya Kuliah Sambil Bekerja

Selanjutnya, hal yang wajib dimiliki saat menghadapi kuliah sambil bekerja adalah memiliki jiwa dan mental yang kuat untuk menghadapi berat dan sibuknya kuliah sambil bekerja. Sebagian besar waktu Anda diberikan untuk kuliah dan bekerja, oleh karena itu Anda harus siap kehilangan banyak waktu untuk bermain dengan teman-teman sejawat. Jika sifat manja dan baperan masih melekat di tubuh Anda, maka jangan harap bisa bertahan dalam menjalankan dua hal tersebut. Sebab, dalam dunia kerja dan perkuliahan pasti akan ada banyak hal yang bisa menguras emosi. Nah, jangan biarkan keadaan sampai mengalahkan Anda. Justru, untuk menghadapi keadaan yang semakin pahit ini mental Anda harus lebih kuat dan terbentuk.

  1. Miliki Juga Skill Manajemen Waktu yang Baik Agar Semua Dapat Berjalan dengan Lancar dan Tidak Keteteran

Tidak hanya menentukan rencana dan prioritas, tapi Anda juga perlu lihai dalam memanajemen waktu dengan sebaik mungkin. Misalnya, mengatur kapan waktu Anda untuk mengerjakan pekerjaan atau kapan saatnya Anda lebih fokus pada perkuliahan. Untuk menghadapi semua ini, biasakan menerapkan budaya on time serta jangan menunda-nunda pekerjaan. Hal ini sangat baik dilakukan, agar pekerjaan dan kuliah Anda dapat berjalan lebih lancar tanpa membuat Anda resah karena dikejar deadline.

  1. Harus Multitasking dan Fokus Pada Dua Hal yang Berbeda

Hal terakhir yang wajib dimiliki saat menghadapi kuliah sambil bekerja, yaitu multitasking dan fokus pada dua hal yang berbeda. Seiring berjalannya waktu, Anda akan semakin terbiasa melakukan banyak hal dalam satu waktu lho. Contohnya, dapat mengerjakan tugas kuliah di sela-sela jam istirahat bekerja ataupun dapat menyicil urusan pekerjaan saat jam kuliah kosong. Selagi ada waktu yang kosong, maka manfaatkanlah keadaan tersebut untuk mengerjakan apa yang bisa dikerjakan pada saat itu. Dengan tidak menyia-nyiakan waktu, segala pekerjaanpun akan terasa jadi lebih ringan.

Itulah dia 5 bekal yang wajib dimiliki saat menghadapi kuliah sambil bekerja. Jadi, kuliah sambil bekerja tidak hanya membutuhkan niat dan materi saja. Namun, dibutuhkan juga usaha yang terbaik untuk bisa menjalankan keduanya guna menciptakan hasil yang terbaik pula. Semoga artikel ini bermanfaat!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top