StartUp dan UKM

Selalu Dirundung Rasa Takut Saat Akan Memulai Bisnis? Terapkan 5 Tips Ini

tips-atasi-ketakutan-berbisnis

Berbisnis merupakan pilihan yang seringkali membuat seseorang ragu untuk menjalankannya. Dengan adanya risiko yang ada di dalamnya, berbisnis memang kemudian membuat orang jadi ragu dan takut untuk memulainya. Sebenarnya ketakutan memulai bisnis ini adalah hal yang biasa bagi seseorang yang baru terjun ke dunia usaha. Meski sudah hal biasa, tapi bila seseorang selalu dirundung ketakutan, maka hal ini bukan sesuatu yang baik. Maka dari itu ketakutan saat akan memulai bisnis ini harus disingkirkan. Tapi bagaimana cara menghilangkannya? Terapkan saja beberapa tips berikut ini.

  1. Berbisnis Sambil Bekerja

Pertama, tips untuk menghilangkan rasa takut saat memulai bisnis adalah berbisnis sambil bekerja. Ini adalah solusi teraman bila memang Anda masih ragu atau takut untuk terjun total ke dunia bisnis. Dengan berbisnis sambil bekerja maka Anda bisa tetap bertahan bila bisnis yang Anda jalankan ternyata tak berhasil. Ini karena dengan cara ini Anda tetap bisa memperoleh pendapatan tetap setiap bulannya. Nah penghasilan tetap setiap bulan inilah yang bisa menjadi penyelamat Anda bila bisnis yang Anda jalankan gagal. Jadi dengan menjalankan tips ini maka Anda tak perlu takut lagi saat akan memulai bisnis. Tapi untuk menjalankan bisnis sambil bekerja, Anda membutuhkan tenaga yang lebih. Sebab menjalankan kedua kegiatan ini pastinya akan membutuhkan waktu lebih. Apalagi bila bisnis yang Anda jalankan terbilang masih rintisan, pastinya Anda harus siap dengan banyak kegiatan yang banyak menyita waktu.

  1. Dukung dengan Koneksi atau Relasi Bisnis

Ketakutan yang dirasakan pebisnis saat memulai usaha memang bisa saja muncul karena mereka menjalankannya secara lone ranger. Menjalankan bisnis tanpa koneksi atau relasi bisnis memang sah-sah saja. Tapi biasanya mereka yang menjalankan bisnis seperti ini membutuhkan keberanian yang besar. Sebab menjalankan bisnis tanpa relasi membuat Anda tak punya dukungan atau pedoman untuk melangkah. Namun dengan memiliki koneksi atau relasi maka seorang pebisnis bisa melangkah dengan baik dengan dukungan mereka. Dari sinilah maka risiko bisnis pun dapat diminimalisir. Kesimpulannya adalah Anda yang selalu dirundung rasa takut saat memulai usaha, dengan memiliki koneksi atau relasi maka ketakutan ini bisa diminimalisir.

  1. Membaca Kisah Sukses Pengusaha

Dengan penegtahuan atau wawasan maka Anda akan bisa mengetahui dunia bisnis yang sebenarnya. Orang yang memiliki wawasan mengenai dunia bisnis dari kegemarannya membaca memang akan lebih paham dan mengerti dengan apa itu risiko bisnis yang memunculkan ketakutan. Biasanya orang yang paham dan tidak lagi takut memulai bisnis adalah mereka yang sering membaca kisah sukses seorang pengusaha. Dalam kisah suskes pengusaha ini sudah pasti ada kegagalan demi kegagalan yang didapati. Tapi dari beberapa kegagalan ini para pengusaha sukses ini tak lantas menyerah, tapi bangkit untuk lebih mensukseskan bisnisnya. Nah, orang-orang yang sering membaca kisah sukses para pengusaha, sedikit-banyak akan memiliki pengetahuan bagaimana dunia bisnis yang sebenarnya. Dari sinilah maka ketakutan seseorang yang akan memulai usaha akan tereliminasi.

  1. Minta Saran Pada Orang Lain

Selanjutnya, tips untuk Anda yang selalu dirundung rasa takut memulai bisnis adalah dengan meminta saran pada orang lain. Ketakutan memulai bisnis memang bisa disebabkan karena ketidaktahuan seseorang untuk melangkah pertama kali saat menjalankan bisnis. Tapi bila seseorang mendapatkan saran dari orang lain terutama yang ahli dan berpengalaman dalam bisnis bisa jadi mereka yang semua takut menjadi tidak takut lagi. Maka dari itu bila Anda selama ini merasa takut ketika akan memulai bisnis maka bisa terlebih dulu mencari saran dan nasihat kepada pebisnis yang sudah ahli dan berpengalaman.

  1. Persiapkan Bisnis dengan Matang

Terakhir, tips untuk memulai bisnis tanpa rasa takut adalah dengan mempersiapkan bisnis dengan matang. Dengan mempersiapkan bisnis dengan baik maka Anda akan yakin dan penuh percaya diri untuk memulai bisnis. Bisnis yang dipersiapkan dengan baik dan tidak memang akan memiliki pengaruh pada yang akan menjalankannya. Semakin baik persiapan bisnis yang direncakanan pebisnis maka akan semakin yakin dan hilang ketakutan dalam dirinya. Ini karena dengan perencanaan dan persiapan bisnis yang baik maka risiko dalam bisnis yang menjadi penyebab munculnya ketakutan akan bisa diminimalisir.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top