Lainnya

Semakin Banyak Generasi Z yang Siap Kerja, Pengusaha Wajib Tahu Karakteristiknya

Gen-Z

Zaman memang sudah berubah. Salah satu perubahan yang dihadirkan oleh waktu dan zaman adalah banyaknya Generasi Z yang siap kerja. Generasi Z atau Gen Z sendiri adalah generasi kelahiran tahun 1995 hingga 2010. Nah saat ini generasi Z yang lahir direntang tahun tersebut memang sudah mulai masuk masa kerja menggantikan angkatan yang lebih tua yang pensiun. Karena Generasi Z ini sudah mulai memasuki beberapa perusahaan untuk bekerja, maka Anda sebagai pengusaha atau entrepreneur harus siap menghadapinya. Gen Z ini memang perlu mendapatkan perhatian, karena sifat dan karakternya yang berbeda dengan generasi-generasi pekerja sebelumnya. Untuk itulah berikut ini akan dibahas beberapa karakteristik Generasi Z untuk diketahui para pengusaha guna bisa membuat mereka bisa bekerja dengan baik di perusahaan Anda.

  1. Kurang Fokus

Karakteristik pertama dari generasi Z ini adalah kurang fokus. Generasi Z yang hidup ditengah-tengah kepungan massifnya teknologi memang membuat sebagian besar dari mereka terlena. Karena faktor teknologi inilah mereka para generasi Z ini kemudian merasa hidupnya banyak termanjakan dan akhirnya membuat mereka kurang fokus. Hidup yang serba mudah dan termanjakan ini memang dapat membuat mereka tidak bisa fokus dalam beberapa hal yang dikerjakan termasuk saat bekerja. Nah karena sifat mereka yang kurang fokus tersebut akan menimbulkan permasalahan di perusahaan, maka Anda sebagai pengusaha perlu mengantisipasinya. Caranya Anda mungkin bisa membuat sistem kerja baru yang bisa mengakomodasi karakternya yang kurang fokus ini menjadi sebuah kelebihan bagi mereka.

  1. Cepat Bosan

Selain kurang fokus, mereka para Generasi Z ini juga memiliki karakteristik cepat bosan. Dengan segala hal yang ditawarkan oleh kehidupan sekarang, memang membuat banyak dari Generasi Z yang kemudian cepat mengalami kebosanan. Entah itu dalam menjalani kehidupan sehari-harinya atau juga dalam kehidupan karirnya, banyak dari mereka yang mengalami cepat bosan. Mereka para Generasi Z ini selalu ingin mendapatkan suasana baru dalam kehidupannya. Dari karakteristik inilah maka Anda sebagai pengusaha harus bisa mengantisipasinya dengan cara selalu menghadirkan suasana dan tantangan baru di perusahaan.

  1. Punya Ekspektasi Tinggi

Berikutnya, sifat dan karakteristik dari Generasi Z yang perlu Anda ketahui sebagai pebisnis adalah ekspektasinya yang tinggi. Para Generasi Z ini memang selalu memiliki target dan ekspektasi yang tinggi. Dari karakteristik ini sebenarnya Anda sebagai pengusaha memiliki keuntungan. Sebab, Anda sebagai pengusaha atau owner bisnis bisa menggunakan karakateristik mereka tersebut untuk mencapai target-target perusahaan. Buat saja target tinggi untuk mereka para Generasi Z yang bekerja di perusahaan Anda. Dengan hal tersebut maka Anda akan bisa mendapatkan hasil yang menguntungkan bagi perkembangan dan pertumbuhan perusahaan.

  1. Keinginan Untuk Mendapatkan Pengakuan

Mereka para Generasi Z juga memiliki sifat dan karakteristik ingin mendapatkan pengakuan di mana pun mereka berada, termasuk di lingkungan kerja. Status dan jati diri serta ego yang besar yang dimiliki para Generasi Z ini memang membuat mereka ingin selalu mendapatkan pengakuan. Tentu saja hasrat untuk mendapatkan pengakuan ini harus bisa Anda penuhi sebagai pengusaha bila Anda ingin mereka terus bekerja di perusahaan. Sebenarnya untuk bisa mengantisipasi karakteristik ini tidaklah begitu berat karena Anda hanya perlu dan sering melakukan pendekatan pada mereka. Sesekali jangan lupa juga untuk selalu menyanjung pekerjaan yang telah mereka kerjakan dengan baik. Karena pendekatan dan sanjungan Anda itu akan sangat berarti artinya bagi para Generasi Z.

  1. Cara Berpikir Lebih Global

Terakhir, ciri dan karakteristik Generasi Z yang perlu Anda ketahui sebagai pengusaha adalah cara berpikirnya yang global. Dengan akses keterbukaan informasi yang begitu bebas dan besar saat ini, maka membuat para Generasi Z yang melek teknologi menjadi lebih punya informasi yang banyak. Informasi yang didapatkan Generasi Z ini bukan hanya bersifat lokal saja, karena derasnya arus informasi yang ada, membuat mereka para Generasi Z mampu berpikir secara global atau internasional. Untuk karakteistik Generasi Z yang satu ini sebenarnya juga akan banyak menguntungkan Anda sebagai pengusaha. Sebab ketika mereka bisa berpikir secara global maka Anda bisa menjadikannya sebagai metode untuk mengorek informasi dan menyelesaikan masalah.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top