Keuangan

Sepele Tapi Sering Dilupakan, Inilah 5 Cara Berhemat yang Seharusnya Juga Dijalankan

berhemat-yang-jarang-dilakukan

Berhemat memang sering menjadi andalan bagi banyak orang untuk bisa memperoleh banyak keuntungan. Selain dapat menyimpan dana untuk keperluan masa depan, berhemat juga dapat menghindarkan diri dari jeratan hutang. Dan satu hal yang pasti, dengan berhemat maka akan membuat keuangan atau kondisi finansial Anda jadi lebih sehat selalu. Tapi sayangnya meski banyak yang sudah mengerti pentingnya berhemat, tidak semua orang mampu melaksanakannya dengan baik. Salah satu hal yang membuat seseorang mengalami kegagalan ketika menjalankan metode berhemat adalah mereka melupakan hal-hal tertentu yang sebenarnya sangat penting dan krusial untuk mensukseskan strategi berhemat. Nah berikut ini adalah beberapa cara yang sering dilupakan seseorang yang membuat strategi berhemat yang dilakukan mengalami kegagalan.

  1. Menggunakan Tisu Seenaknya

Pertama, hal sepele mengenai cara berhemat yang sering kita lupakan hingga membuat strategi berhemat kita gagal adalah menggunakan tisu seenaknya. Biasanya ketika akan menggunakan tisu kita memang sering seenaknya saja mengambilnya tanpa memperdulikan bahwa apakah kita memakainya dengan tepat atau tidak. Nah dari sinilah tisu kemudian menjadi barang atau produk yang boros dan cepat habis. Meski harganya tak seberapa, namun bila tisu ini Anda gunakan seenaknya setiap waktu, maka hal ini akan membuat strategi berhemat Anda tidak sukses. Jadi bagi Anda yang ingin berhemat dengan hasil yang optimal maka bijak-bijaklah ketika akan menggunakan tisu.

  1. Mematikan Televisi Saat Tidur

Hal sepele berikutnya yang sering dilupakan dan membuat Anda gagal berhemat adalah kebiasaan tidur dengan keadaan televisi menyala. Dengan keadaan lelah dan capek yang berat memang terkadang dan bahkan sering dari kita yang lupa mematikan televisi hingga kemudian tertidur lelap. Televisi yang terus menyala tentu membuat beban biaya listrik akan naik dan membengkak bila keadaan ini terus menerus terjadi. Dan ketika beban biaya listrik sudah membengkak, maka pastinya strategi berhemat yang Anda jalankan menjadi kacau dan gagal.

  1. Mematikan AC Saat keluar Kamar

Beban biaya listrik besar lainnya yang dapat mengacaukan rencana Anda juga bisa datang dari AC (Air Conditioner). Beban listrik dari perangkat elektronik ini memang terbilang besar, terlebih bila Anda menggunakan secara berlebihan dan sembarangan. Sayangnya di rumah kegiatan menggunakan AC secara tak bijak sering kali dilakukan. Dengan membiarkan AC menyala saat keluar kamar memang bisa membuat biaya listrik jadi melonjak tajam. Ini karena ketika keluar kamar biasanya kita membutuhkan waktu lama dan tak sadar bahwa AC di dalam kamar masih menyala. Dari sinilah maka kebiasaan menyalakan AC di dalam kamar membuat kita jadi terlena dan ceroboh membiarkannya terus-menerus menyala tanpa manfaat karena kita berada di luar.

  1. Mandi Dengan Air Berlebih

Air bersih adalah hal yang akan selalu dibutuhkan oleh setiap keluarga dalam kesehariannya. Untuk itulah keberadaan air bersih ini seharusnya digunakan sebijak mungkin. Selain untuk menjaga kelestarian alam, menggunakan air dengan bijak juga akan membuat Anda mampu berhemat dengan baik. Sayangnya, kita sering kali tidak sadar ketika menggunakan air bersih, terutama ketika mandi. Saat mandi dengan sensasi kesegaran memang biasanya kita jadi tak sadar menggunakan air bersih dengan jumlah yang banyak. Nah dari ketidaksadaran inilah tentu akan membuat tagihan air Anda jadi lebih besar. Bila pun Anda mengambil air dari sumur dengan menggunakan pompa listrik maka hal ini juga akan membuat Anda harus membayar tagihan listrik yang besar. Dari tagihan air atau tagihan listrik yang besar itulah akan membuat strategi berhemat Anda jadi gagal.

  1. Matikan Kendaraan Saat Mengantri Isi Bahan Bakar

Terakhir, hal sepele yang sering dilupakan untuk penerapan cara berhemat yang sukses adalah mematikan kendaraan ketika mengantri isi bahan bakar. Tak jarang saat mengantri mengisi bahan bakar di SPBU memang membutuhkan waktu agak lama untuk sampai tiba giliran mengisi kendaraan. Nah saat menunggu giliran inilah kita sering kali tidak mematikan kendaraan. Dari apa yang kita lakukan tersebut maka tentu akan membuat banyak bahan bakar yang terbuang percuma. Dan bila hal ini sering Anda lakukan maka pastinya akan sangat boros dan membuat strategi berhemat Anda menjadi kacau dan gagal.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top