Tips

Si Kecil Kecanduan Gadget, Atasi dengan cara ini!

Pada perkembangan teknologi digital saat ini, gadget menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak kalangan masyarakat. Gadget adalah salah satu benda yang sangat dekat dengan manusia. Bagaimana tidak? semua aktifitas manusia saat ini sudah dapat diakses dengan gadget miliknya. Tak hanya orang tua yang sulit untuk melepas gadget dari kehidupannya. Bahkan saat ini anak-anak pun juga sudah pandai mengenal gadget milik orang tuanya.

Pada dasarnya gadget boleh saja dikenalkan ke anak-anak, akan tetapi orang tua juga wajib memantaunya. Jika orang tua tidak bisa memantau perkembangan gadget yang dipegang anak-anak, maka anak-anak akan mudah untuk kecanduan barang tersebut. Hal ini akan merusak perkembangan otak anak dan berdampak negatif pada sistem syarafnya. Nah, jika anak anda mengalami kecanduan gadget yang sangat berlebihan, anda jangan cepat panik dan khawatir dulu. Di bawah ini terdapat cara untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak-anak yang dapat anda terapkan:

Selalu Pantau Anak Dan Ajak Bermain

Kemungkinan besar yang dapat membuat anak kecanduan gadget yang berlebihan adalah karena ia tidak punya teman untuk bermain saat di rumah. Orang tua yang cenderung sibuk dan tidak pernah memperhatikan anak, juga menjadi faktor anak dapat lebih nyaman untuk bemain gadget. Mereka menganggap bahwa gadget adalah temannya. Mereka juga akan mudah untuk kecanduan gadget karena waktu setiap harinya selalu digunakan untuk bermain gadget.

Oleh karena itu jika anda biasanya sibuk dengan pekerjaan anda, sebaiknya sesekali luangkan waktu bersama anak-anak. Anda dapat mengajak anak-anak untuk bermain di luar. Sering-seringlah mengajak anak untuk bergi ke tempat les menyanyi, menari, atau berenang yang dapat membuat anak anda senang. Dengan begitu, sedikit demi sedikit anak akan menghilangkan rasa kecanduannya terhadap gadget.

Batasi Koneksi Internet

Poin  kedua ini juga menjadi faktor berpengaruhnya anak terhadap rasa kecanduan gadget. Internet adalah salah satu pokok terpenting yang sangat anak-anak butuhkan saat bermain gadget. Terutama saat bermain game online atau mengakses vidio youtube. Anak-anak bahkan sangat nyaman hingga lupa waktu jika gadget yang mereka pegang tersambung jaringan internet. Nah, hal ini dapat membuat rasa kecanduan semakin tinggi. Oleh karena itu, batasilah penggunaan internet dari wifi maupun data seluler yang digunakan anak anda. Dengan begitu, anda tidak perlu khawatir anak anda kecanduan gadget karena koneksi internet dibatasi.

Motivasi Dan Hadiah

Cara selanjutnya yang dapat anda terapkan untuk menghilangkan kecanduan gadget pada anak anda adalah dengan selalu memberikan motivasi positif akan dampak buruk gadget. Pastinya gunakan bahasa yang membuat anak mudah memahami pesan yang disampaikan. Jangan pernah memarahi anak dan jangan membentaknya. Setiap akan tidur, selalu berikan motivasi positif dan berikan kasih sayang pada anak anda.

Setelah anda memberikan motivasi, anda juga dapat memberikan hadiah kecil kepada anak anda. Katakan pada anak anda jika ia berprestasi di sekolah dan tidak terpaku pada gadget lagi anda akan memberikan hadiah padanya. Anak-anak akan luluh dan senang saat orang tuanya memberikan hadiah.

Ajak Berlibur Sambil Bersosialisasi

Jika anda memiliki waktu luang saat bekerja, anda dapat menggunakannya untuk berlibur bersama keluarga dan anak anda. Bisa jadi anak kecanduan bermain gadget karena ia tidak punya teman untuk bermain diluar. Untuk itu, sesekali luangkan waktu untuk mengajak anak pergi berlibur dan kenalkan anak dengan teman-teman baru yang sebaya dengannya. Dengan begitu, anak-anak mudah untuk bersosialisasi dan meninggalkan kebiasaan bermain gadget.

Itulah beberapa cara yang wajib anda coba untuk menghilangkan rasa kecanduan gadget pada anak anda. terapkan cara tersebut hingga anda benar-benar berhasil. Lakukanlah secara bertahap dan bersabarlah. Jika 1 hingga 2 minggu cara tersebut anda terapkan dengan rutin, anda akan melihat perubahannya sedikit demi sedikit.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top